HOAX

Bagaimana cara membuat sebuah berita HOAX?

Tanyalah pada Om Gugel, pasti ada banyak jawaban disana. Hari-hari di minggu-minggu ini banyak sekali HOAX yang bersliweran di layar kaca maupun di layar ponsel. Salah satunya adalah Bangungot – Silent Killer?? (Acute Hemorrhagic Pancreatitis).

Rumus membuat HOAX adalah harus aneh, mengejutkan, logis dan penuh dengan istilah asing atau institusi bonafid yang ikut terlibat dalam kasus tersebut. Di akhir HOAX juga selalu ditulis kalimat semacam ini “PLEASE PASS ON TO YOUR FRIENDS! ”

Kadang ada tambahan kalimat sebagai berikut :
“Salah seorang temanku terkena kasus ini 5 hari yang lalu. Tolong teruskan kepada orang-orang yang anda sayangi”.

Kalau sudah begitu, maka tangan jadi ringan untuk meneruskan berita HOAX ini ke teman-teman terdekat kita. Kadang dengan semangat berbagi yang tinggi, namun ada juga dengan semangat ingin menunjukkan diri bahwa kita peduli!:-).

Apa sih arti HOAX?

HOAX adalah berita bohong/palsu tentang sebuah trend yang beredar atau diedarkan di internet, baik melalui email, website, blog, atau sejenisnya sehingga menimbulkan kecemasan/kepanikan tertentu

Masalah paling serius yang ditimbulkan oleh HOAX adalah kepanikan. Pada kasus tertentu HOAX kadang dipakai untuk black champaign untuk menjatuhkan produk tertentu atau menyerang pribadi tertentu. Penipuan melalui HOAX memang sangat mudah disebarkan dan membesar dengan sendirinya.

HOAX yang dipercaya akan mudah membesar dan akibatnya bisa membebani bandwith internet. Bila terjadi pada jam sibuk, maka bukan tidak mungkin akan terjadi kemacetan jaringan di server sehingga jairngan menjadi tidak berfungsi dengan semestinya (lambat atau malah mati sama sekali).

HOAX menyerang sisi psikologis dari pengguna inetrnet, sehingga tidak ada satupun antivirus yang akan mampu mencegahnya. HOAX hanya bisa dicegah dengan kewaspadaan kita terhadap datangnya suatu berita.

Tanyalah pada Om Gugel kalau kita tidak yakin dengan isi HOAX. Tahanlah keinginan untuk menyebarkan HOAX sebelum kita yakin akan kebenaran berita yang akan kita kirim.

Semoga tidak ada HOAX di antara kita.

5 thoughts on “HOAX

  1. Pingback: Sinetron KPK vs Polri : Episode Gayus di Bali « Dari "Kaca Mata"-ku

Tinggalkan Balasan