Menunggu Android versi Z

Ponsel apakah yang dalam satu tahun meningkat penjualannya sampai 600%? Jawabannya hanya satu PONSEL ANDROID!

Perkembangan ponsel cerdas android memang sangat mencenggangkan. Bisa jadi karena sifatnya yang open source, bisa jadi juga karena kebosanan akan dominasi ponsel merek tertentu saja, sehingga semangat untuk berteman dengan ponsel android jadi begitu membahana.

Ketika dirilis pada tahun 2008 dengan memperkenalkan HTC Dream dan berbekal android versi 1.0, maka gaung ponsel ini masih terasa sangat kurang. Namun di tahun 2009, android seperti mendapat energi baru. Versi 1.1 selesai dirilis, hanya dalam hitungan bulan muncul versi 1.5 dengan kode (makanan) Cupcake.

Menyusul kemudian makanan lain, yaitu Android (Donut) 1.6. Label Donut ini seperti urutan abjad D(onut) setelah abjad C(upcake). Nuansa makanan makin terasa ketika muncul versi android (Eclair) 2.x.

Inilah versi roti EClair coklat yang lezat.

Menyusul kemudian android (Froyo) 2.2. Maka bisa diduga bahwa versi selanjutnya pasti tidak akan lari dari huruf G. Kabarnya memang Android versi 3.0 memakai kode Gingerbread.

Mengapa Android begitu gegap gempita, tentu ada beberapa sebabnya. Antara lain tentu demam android yang melanda Amerika pada awal tahun 2010 ini. Android telah berhasil menyalip iPhone yang pangsa pasarnya sudah mencapai 21 persen. Android sendiri telah mencapai angka 28 persen. Sebuah fenomena yang cukup menakjubkan mengingat dominasi Iphone yang sangat sulit dikalahkan di Amerika.

Di Indonesia sendiri, sebenarnya meskipun sudah meningkat 600 persen, tetapi sebenarnya angka nominalnya masih belum signifikan. Saat ini pangsa pasar Android masih berkisar pada angka dibawah 10 persen. Masih sulit mengalahkan pangsa pasar BB yang meskipun digoyang berbagai macam isu masih juga tidak goyah pasarnya. bahkan yang bertambah laris justru pasar ponsel BB Look like.

Di Amerika sendiri, meskipun ponsel cerdas Android ini terus melesat, tetapi tetap masih dibawah BB, yang angkanya berkisar pada nilai 33 persen.

Saat ini kunci persaingan ada di layanan internet saja. Bila layanan internet makin murah, maka bisa dipastikan Android akan meninggalkan BB dengan segera, tetapi bila layanan inetrnet masih seperti ini, maka BB masih akan menjadi pilihan utama dan kitapun harus menunggu versi Android yang berawalan huruf “Z”.

+++
Sumber gambar : disini, disini
Sumber berita : sisipan SINYAL edisi 96

Tinggalkan Balasan