Hati-hati Sungai Code

Ketika sungai code sudah mulai penuh, maka warga mulai resah. Kalau sampai terjadi banjir lahar dingin di sungai Code, maka keadaan tentu akan bertambah buruk lagi.

Gambar kiriman MBR

Gambar kiriman MBR

Bahaya awan panas sudah terbukti membuat warga pontang panting menyelamatkan diri. Patut diacungi jempol adalah para relawan profesional yang ikut proses evakuasi ini. Relawan amatir sebaiknya memang minggir saja daripada malah menjadi beban relawan asli atau petugas yang berwajib disini.

Bahaya banjir kali code memang akan sangat berbahya bagi mereka yang tinggal di sekitar bantaran kali code. Semoga para penghuni di sekitar bantaran kali code sudah menyiapkan diri bila mana terjadi banjir lahar dingin.

Semoga saja tidak ada banjir lahar dingin di code atau dimanapun. Semoga sedikit demi sedikit lahar dingin mengalir dan tidak perlu terjadi banjir. Amin.

Kali Code jam 16:34 (by MBR)

Kali Code jam 16:34 (by MBR)

+++

Klarifikasi dari pak BWS anggota DERU (Disaster Response Unit):

“…Kedalaman Sungai Code di kota Yogyakarta, diukur dari jalan raya berkisar antara 8 – 12 m, tanggul sungai yang dimaksud media adalah tanggul yang membatasi kawasan pemukiman penduduk ditepi sungai, yang berada di elevasi 6 m – 10 m dibawah jalan raya. Jadi pengaruh banjir saat ini tdk akan berpengaruh luas ke kota jogja…”

Tinggalkan Balasan