Mobile AP dari Android Samsung Galaxy Ace

Saat perjalanan menuju pantai di kawasan Dompu Nusa Tenggara Barat, beberapa gadgetku mengalami gangguan total, yaitu tidak ada sinyak yang bisa ditangkap. Awalnya ketika turun dari pesawat, kemudian masuk ruang tunggu dan kuhidupkan beberapa gadgetku. Hasilnya searching network dan tidak juga ketemu sinyal.

Untung masih ada Samsung Galaxy Ace yang kupersenjatai dengan SIM Card dari provider sejuta umat. Gadget inilah yang akhirnya membuatku bisa merasakan indahnya berselancar di dunia maya tanpa memakai fasilitas SIM Card mati yang tertanam di badannya.

Ipad yang kupersenjatai dengan SIM Card lokal (kota besar) akhirnya hidup kembali dengan memanfaatkan fasilitas Mobile Ap Samsung Galaxy Ace. Akupun bisa menghidupkan laptop dan menjadikan Samsung Galaxy Ace sebagai Mobile AP dan laptoppun lancar berselancar di dunia maya.

Bagi yang belum pernah mencoba Mobile AP, silahkan ikuti langkah-langkah di bawah ini.

Pilih menu pengaturan untuk masuk Mobile AP

Pilih menu pengaturan untuk masuk Mobile AP

Pilih Wireless dan Jaringan

Pilih Wireless dan Jaringan

 

Pilih Tethering dan portable hotspot

Pilih Tethering dan portable hotspot

Hidupkan Mobile AP

Hidupkan Mobile AP

Konfigurasikan Mobile AP (pasang password unik)

Konfigurasikan Mobile AP (pasang password unik)

Inilah fasilitas sederhana dari Android yang ditanamkan pada ponsel dan sangat bermanfaat untuk berbagi pakai akses internet.

Selamat mencoba.

 

 

  (1399)

31 thoughts on “Mobile AP dari Android Samsung Galaxy Ace

  1. Mas mo nanya jg…
    D galaxy ace aq jg sma ky mba ratna stiap kali nyalain mobile ap dy g bsa connect tp tulisannya kesalahan..sedangkan klo pke usb tethering jg g bsa munculnya tulisan kesalahan penambatan usb..providerq jg sama..

  2. Mas, mo nanya juga…
    Aku udah ngikutin step2 diatas, udah setting juga password uniknya..
    begitu mo dicoba sebagai hotspot… di indikator AP-nya tertulis “kesalahan”
    knp yaa??!
    Aku pki kartu AS (maaf, mesti nyebut provider ^^ klo2 ada pengaruhnya)

  3. mas mau nanya bisa g hotspotnya dipake rame… trus kecepatannya apa terbagi jg klo dipake rame2,,,,,
    mksh,,

  4. Baru tau ada fasilitas ini di android, dan sudah dicoba pakai Galaxy GIO :).
    Terima kasih Pak atas infonya :)

  5. Sama mas, galaxy mini ane mobile apnya suka error. Padahal awalnya bisa. Lama2 jadi sering error. Udah reset faktori data, hard reset, dkk tetep aja gmw. Apa memang mesti dibawa ke samsung care y? *tapi saya belum pernh cabut simcard jh. Cm batre doank.

  6. ok mas, saya juga baru coba kalo sim card saya cabut, ternyata mobile AP bisa berfungsi. akan cari waktu ke Samsung Care terdekat.

        • salam kenal mas,

          Galaxy Mini saya juga mengalami hal yang sama. memang fitur mobile AP ini sangat membantu dan sering saya gunakan, saya jadi tidak perlu membawa2 modem flash dll

          minggu2 lalu mobile AP kadang error, kadang bisa aktif. nah beberapa hari belakangan malah error terus dan tidak bisa aktif sama sekali, saya juga sudah merestart berkali2.

          kira2 gimana yah?
          1. kalo mau di factory reset gimana caranya?
          2. ada kemungkinan kerusakan di hardware gak?
          3. dan apakah mobil AP tidak bisa digunakan untuk terus menerus? hanya di saat2 tertentu saja, begitu?

          mohon saran dan pencerahannya =)

          Best Regards,
          Arya

          • kira2 gimana yah?
            1. kalo mau di factory reset gimana caranya?
            >> coba baca di manualnya
            >> tiap-tiap ponsel punya cara yang berbeda

            2. ada kemungkinan kerusakan di hardware gak?
            >> untuk memastikannya sebaiknya dibawa ke samsung service centre saja, gratis dan bisa banyak kenalan disana

            3. dan apakah mobil AP tidak bisa digunakan untuk terus menerus? hanya di saat2 tertentu saja, begitu?
            >> harusnya tidak

            Sampai saat ini saya masih sering pakai AP Mobile, terutama kalau memasuki daerah remote.

            Salam sehati

  7. Pingback: Mana lebih bagus XL, Halo, 3, Indosat, Axis atau Smartfren ? « Dari "Kaca Mata"-ku

    • Kalau melihat bodi Samsung jadi memanas dengan lebih cepat, maka ada indikasi bahwa batere kesedot lebih banyak kalau Samsung dipakai sebagai Mobile AP.

      Salam sehati

  8. pilih yg sama dengan yg dimiliki banyak teman biar koneknya gamping. Tp ….yah itu tadi android lebih joss untuk ngenet he..he…semenatara aq masih setia dengan symbian…..he…he …nantilah. Kapan sepedaan

    • Mas Tri,

      Aku setiap minggu sepedaan (SMS). Kumpul di Gelanggang Mahasiswa. Hehehe…ono penggemar mas Tri yang selalu ikut acara nggowes Minggu pagi itu.

      Minggu ini diadakan tanggal 24 Juli 2011, tapi aku nggak iso melu, pas ke Surabaya.

      Minggu depan semoga bisa, pas tanggal 31 Juli 2011, sehari sebelum puasa.

      Salam sehati

    • Bener mas,

      Galmin sering jadi panas saat dipakai sebagai AP.
      Apalagi Samsung Galaxy Ace, makin mudah panas saat difungsikan sebagai AP.

      Pakai dikala perlu saja.

      Salam sehati

  9. mantab jaya mas eko.
    aku sudah mencoba dengan galaxy mini dan hasilnya lancar. tapi yang masih aku ragukan apakah handphone kita tersebut sama halnya sebagai modem?
    dan kalau dipakai terlalu sering apakah berpengaruh negatif misalnya batterai cepat suak.?

    • Salam mas @AjurNa

      Ponsel yang kita pakai sebagai AP memang fungsinya mirip dengan modem, tapi prinsip kerjanya berbeda.
      Kalau dipakai terlalu sering ya kurang lebih sama dengan kalau kita pakai ponsel terlalu sering.
      Memang saat para pengguna Mobile Ap ini aktif bergerak di dunia maya, maka Samsung Ace jadi lebih cepat panas.

      Salam sehati

Leave a Reply