Ribet bawa banyak Charger (Ipad, BB, Samsung) ? Ini jawabnya

Saat main ke Bandung, charger BB-ku ketinggalan di rumah teman, akibatnya aku harus cari charger baru untuk memasok daya BBku. Aku memang selalu ribet bawa banyak Charger (Ipad, BB, Samsung), sehingga kemungkinan l;upa terbawa atau minimal merepotkanku sangat besar. Harga charger yang kuincar kali ini di kisaran 185 ribu, “orisinil asli mas!”, kata sang penjual. Aku hanya manggut-manggut, sambil berpikir, “bulan lalu kayaknya harga charger orisinil masih di atas 200 ribu deh..!”

Kupegang-pegang charger BB di tanganku dan aku masih belum memutuskan beli atau tidak. Kelihatannya aku kesulitan menentukan charger yang ada di tanganku ini asli atau tidak. Ada tulisan di charger itu, bahwa barang ini dibuat di China, negeri dengan ongkos produksi murah.

Kita tidak lagi bisa bilang ini charger palsu karena dibuat di China. Para vendor sudah cerdik untuk membuat barangnya di negara yang ongkos produksinya kecil. Ada China ada Mexico dan beberapa negara lain yang dianggap bisa menurunkan ongkos produksi.

Aku juga jadi ingat dengan kejadian pembelian charger yang dilakukan oleh kawanku. Baru sehati dia pakai langsung chargernya dibuang.

“Kenapa?”, kataku

“BBku jadi panas banget dan daripada BB bermasalah lebih baik ganti charger yang asli saja dah!”, jawab kawanku.

“Memang palsu chargernya?”

“Iya, harganya juga cuma 50 rebu…”, jawabnya sambil tertawa

Akhirnya aku mengurungkan niatku membeli charger dan malah dapat rejeki karena mendapat Samsung Galaxy SII yang chragernya bisa dipakai bersama dengan BB. Wuihh…ini untungnya kalau punya ponsel dengan colokan charger model mini eh micro USB. BB dan Android bersatu via Samsung.

Sekarang cukup bawa charger Samsung dan BB bisa numpang nge”charge”. Tinggal Ipad2 yang masih ribet mbawa chargernya. maklum colokannya pakai pin 30 (CMIWW) dan colokan ke power listrik (PLN) lumayan ribet.

konektor charger ipad2 ke listrik

konektor charger ipad2 ke listrik

Untung kawanku datang lagi dan sambil senyum-senyum dia menyodorkan sebuah barang kecil.

“Coba pakai ini pak”, katanya

“Hmm…konektor ya?”

Kuterima konektor kecil dari tangan temanku dan kupasang di Ipad2. Setelah itu sambungkan dengan chrager Samsung. Tada…! Sekarang cukup bawa charger samsung dan gadgetku sudah bisa berisi baterenya.

Praktis dan ekonomis.

konekctor charger ipad2 (2)

Konekctor charger ipad2 langsung sambung ke Charger Samsung Galaxy SII

Colok kabel charger ipad vs konektor charger ipad

Colok kabel charger ipad vs konektor charger ipad

Untuk pengguna Nokia, kayaknya bisa juga memakai konektor khusus yang nyambung ke charger yang ujungnya micro SD. Sayangnya konektor ini tidak lama berfungsi, pihak Apple mengeluarkan iOS terbaru dan piranti yang tidak disertifikasi atau tidak dikenal oleh Apple akan susah disambungkan ke produk Apple.

Bahkan di beberapa kasus, aku sering menemukan kabel asli saja tidak dikenal oleh Apple, sehingga para pengguna produk Apple terpaksa tetap ribet bawa banyak Charger (Ipad, BB, Samsung). Laporan dari teman-teman sih berbeda-beda. Ada yang bilang meskipun tidak dikenal dan notifikasinya tidak bisa melakukan pengisian batere, tetapi setelah beberapa saat ponselnya sudah penuh baterenya. Berarti kabel tetap berfungsi meskipun ada notifikasi tidak berfungsi.

Dari semua kabel, memang hanya produk Apple saja yang sering bermasalah. Itu sebabnya Apple mengeluarkan maklumat, bahwa produk dia yang bermasalah bisa ditukar dengan yang asli di kantornya. Syaratnya kita punya bukti bahwa produk yang kita punya adalah barang asli dan ditukar di agen resmi Apple. Masalahnya di Indonesia kayaknya agen resmi Apple yang bisa dilakukan tukar menukar produk Apple belum ada.

CMIIW ya 🙂

 

10 thoughts on “Ribet bawa banyak Charger (Ipad, BB, Samsung) ? Ini jawabnya

  1. Mas klo ipad sya retednya 5.2V~2.1A max. trus adaptornya sya bsa pke adaptor samsung 9.0V~1.67A or 5.0V~2.0A bisa gk mas??

    Mksih sebelumnya..

    • Salam mas @HeruLS

      Maaf telat banget komunikasinya.
      Makin ke depan, kayaknya para vendor makin tidak mau bekerja sama, terutama Apple.
      Hanya produk dia yang berbeda chargernya dibanding produk lainnya, bahkan produk dia sendiri punya colokan yang berbeda.

      Salam sehati

  2. tak kira tadi pak eko beli charger portable yang konektornya ada banyak macam.. soalnya kemaren adik baru beli pak.. 350rb multifungsi dan bs untuk mencharge 3 hp.

Tinggalkan Balasan