Bedah Acer Iconia A101

Begitu mendapat hadiah Acer Iconia A101 dalam ajang ON | OFF, aku langsung terangsang untuk mecoba segala fasilitas yang ada. Kubongkar kardusnya dan kukeluarkan gadget itu dari kotaknya.

Langsung kugenggam tablet 7 inchi itu dan kesan pertama adalah body yang cukup “berat”. kulihat beratnya memang di atas 400 gram. Sepintas hampir sama beratnya dengan Ipad2 yang punya bobot 600 gram.

kotak Acer Iconia A101

Kumasukkan kartu XL unlimited seharga 100 ribu untuk pemakaian 3 bulan dan ternyata aku kesulitan untuk mendaftarkan kartu itu, sehingga akhirnya aku melepasnya dan mendaftarkannya memakai ponselku yang lain.

Setelah selesai mendaftarkan kartu itu, akupun mulai berselancar memakai Iconia 101A. Rasanya kurang nyaman ketika harus mengetik dengan dua tangan, sehingga aku putuskan untuk memakai satu tangan dan mencoba mencari sarung Acer ini.

XL 3 bulanan

Tutup belakang yang licin membuat kesulitan saat mengetik dengan dua tangan. Ternyata mencari asesoris untuk gadget ini cukup sulit. Tidak banyak toko ponsel yang mengenal model ini dan akhirnya mereka angkat tangan ketika mencoba beberapa pelindung body gadget Acer ini.

Akhirnya aku pulang membawa microSD 16 GB seharga 190 ribu, lengkap dengan beberapa lagu “asli” versi penjualnya. Ketika lagu tersebut kusetel di Acer, maka suaranya benar-benar memukau untuk sound system sekelas tablet.

Dua speaker mini yang ada di bawah berteknologi Dolby System benar-benar nyaman untuk memperdengarkan suara merdu dari para penyanyi, baik itu Dewi Yull, Agnes Monica apalagi Afgan.

Mungkin gadget ini tidak cocok kalau untuk mendengarkan lagu-lagu metal, tapi untuk lagu-lagu ala Afgan, gadget ini benar-benar memukau telinga. Agak sedikit kesulitan ketika harus membuat daftar lagu yang akan diputar, namun kelihatannya ini masalah kebiasaan saja.

Acer Iconia A101

Kelengkapan gadget ini terlihat sangat mini, mirip dengan model Ipad yang hemat asesori. Hanya ada kabel data dan kabel charger, tidak ada asesoris headset, atau CD aplikasi. Kita dipaksa untuk melakukan download manual ke server Acer, sesuai lokasi  kita berada.

Yang membuat nyaman adalah ketika kita memasukkan alamat imil kita di gadget ini. Secara otomatis, semua aplikasi yang pernah kit aunduh dari Android market sudah terinstall langsung dalam gadget ini.

Rasanya seperti masih memakai gadget yang lama, karena tampilannya meskipun berbeda tetapi isi aplikasi yang terinstall sudah kita pahami penggunaannya.

Spesifikasi model Acer Iconia A101 ini memang menggiurkan. Sebut saja prosesornya yang sudah dual Core ARM Cortex A9 CPU dan cameranya yang sudah 5 MP di belakang serta 2 MP di depan. Flash memory kapasitas 8 GB dan RAM 1 GB. Sebuah kapasitas yang cukup memadai.

Baterainya juga lumayan besar meskipun tidak sebesar Ipad2, yaitu berkapasitas 1.530 mAh. Ketahanannya masih belum teruji, karena Acer menjanjikan setelah tiga kali pakai baru muncul kapasitas murni dari gadget ini.

OS yang ditanamkan juga sudah OS khusus untuk tablet yaitu Honeycomb 3.xx tidak seperti Galaxy Tab1 versi awal yang masih memakai Froyo 2.xx

Yang tidak kalah menarik adalah adanya slot untuk microSD ataupun slot untuk HDMI. Aku sudah pernah mencobanya di seri Acer yang lama ketika memainkan Need for Speed dengan mencolokkan kabel HDMI ke gadget dan disambungkan ke TV layar lebar. hasilnya gambar dan suara sangat mulus dan jernih.

Kelihatannya aku harus belajar lebih banyak lagi tentang gadget ini. Biar nanti bisa kusambung lagi tulisan ini.

Salam sehati

Acer Iconia A101 di atas Ipad2

Acer Iconia A101 di atas Ipad2

(470)

7 thoughts on “Bedah Acer Iconia A101

  1. Saya lagi membanding-bandingkan plus dan minusnya Iconia A101 ini dan berencana mau beli gadget ini, sebelum terlanjur mo nanya dulu :
    1. Tahan berapa lama batenya pada modus standby dan juga saat digunakan.
    2. Apakah gadget ini bisa digunakan untuk SMS dan difungsikan untuk menerima dan melakukan panggilan telepon?
    Terima kasih sebelumnya

    • Saya lagi membanding-bandingkan plus dan minusnya Iconia A101 ini dan berencana mau beli gadget ini, sebelum terlanjur mo nanya dulu :
      1. Tahan berapa lama batenya pada modus standby dan juga saat digunakan.
      >> modus standby bisa lebih satu hari
      >> saat digunakan maksimal 5 jam
      >> kalau hanya nyetel musik, sehari juga tahan

      2. Apakah gadget ini bisa digunakan untuk SMS dan difungsikan untuk menerima dan melakukan panggilan telepon?
      >> bisa untuk SMS tapi tidak untuk telepon

      Terima kasih sebelumnya

  2. Pingback: AXIS, Telkomsel, 3, Indosat, XL, Smartfren pilih mana ? | Komunitas Blogger Bekasi

  3. Halo Mas Eko, salam kenal, saya rifaldi dari Batam.
    Mau tanya nih, bagaimana caranya meng close aplikasi pada iconia tabA101?
    di sudut bawah memang ada menu utk menghilangkan tampilan aplikasi, tp seperti minimize pada PC, yg bener2 utk meng close caranya gmn ya?
    Soalnya aplikasinya ada terus, dan kalau buka aplikasi yg baru jadi tambah banyak yg kebuka.
    Kalau di PC kan banyak buka aplikasi PC nya jd tambah berat kerjanya.
    Sekian dulu Mas, terima kasih.
    Mas kalau bisa balesnya ke email saya jg ya. rifaldi.muski@yahoo.com

Leave a Reply