Berbagi file antara iPhone dan iPad via bluetooth

“Mas Eko, bagaimana sih cara berbagi file antara iPhone dan iPad via bluetooth?”

Pertanyaan itu menggangguku, karena aku tidak bisa menjawabnya dengan pasti. Aku sendiri mencoba menghubungkan antara perangkat iPhone 4S dengan iPad2 dan hasilnya kurang memuaskan untuk diceritakan.

Kadang aku perlu waktu lama untuk menghubungkan dua perangkat ini melalui bluetooth, sehingga aku harus memastikan dua perangkat ini terhubung sebelum memulai presentasi dengan KeyNote yang memanfaatkan kedua gadget tersebut.

Photo share (4)

Akhirnya melalui milis iPad, dapatlah sebuah aplikasi yang sangat enteng dan sangat powerfull. Yang membuat aplikasi ini makin menarik adalah adanya versi FREE disamping versi pro yang berbayar.

Nama aplikasinya adalah Bluetooth Photoshare dan dapat diunduh dengan cepat di iTunes karena ukuran filenya yang hanya 1,3 Mb. Aplikasi lainnya kelihatannya masih banyak, tetapi kebanyakan merupakan aplikasi yang berbayar, sedangkan aplikasi yang free aku belum mencari lagi karena sudah merasa puas dengan aplikasi ini.

Aplikasi ini ada yang berbayar dan ada yang tidak berbayar. Perbedaan dari kedua aplikasi ini adalah adanya iklan dan tak adanya iklan (bersih dari iklan).

Cara install maupun pengoperasiannya sangat mudah, sesuai dengan konsep Apple yaitu symplicity.

Photo share (5)

Setelah install, jalankan aplikasi ini, tekan tombol connect dan pilih “connect via bluetooth”, kemudian akan muncul pop up windows yang menyatakan kalau aplikasi sedang mencari perangkat lain, sesama produk Apple.

Photo share (7)

Pada saat aplikasi ini menemukan perangkat yang lain, maka kita pilih perangkat yang akan ditautkan. Proses selanjutnya adalah menunggu persetujuan koneksi dari perangkat yang lain.

Photo share (11)

Setelah kedua perangkat tersebut terkoneksi, maka kitapun bisa mengirimkan file dari perangkat yang satu ke perangkat lainnya.

File yang diterima akan dilengkapi dengan data ukuran file dan dimana file tersebut disimpan.

Photo share (1)

Anda punya aplikasi yang lain untuk berbagi file foto dan data kontak ? Silahkan berbagi disini. Terima kasih buat teman maupun sahabat yang meluangkan waktu untuk memperkaya makna artikel ini.

 

8 thoughts on “Berbagi file antara iPhone dan iPad via bluetooth

Tinggalkan Balasan