PANASONIC LUMIX DMC-G3 VS SONY NEX-5N

Generasi pocket camera sebentar lagi akan berkurang pasarnya, demikian juga pasar camera SLR. Ada pasar baru yang mulai digarap dengan serius oleh para vendor, itulah camera ringkas ala pocket dengan kualitas ala SLR, itulah camera jenis PROSUMER.

Gambar jernih yang biasanya hanya bisa dihasilkan oleh camera SLR ternyata sekarang sudah bisa dihasilkan dari camera jenis ini. Sebut saja Panasonic Lumix DMC=G3 atau Sony NEX-5N.

sony-nex-5n_angle_medium

Rentang ISO yang begitu tinggi membuat camera PROSUMER mampu menangkap gambar yang hanya mendapat pasokan cahaya minim. Bentuk yang ramping membuat camera ini terasa nyaman ditenteng maupun disimpan dalam tas, bahkan masih bisa dimasukkan tas pinggang.

Lihat saja camera Canon G12 yang biarpun untuk ukuran camera pocket terlihat bongsor, tetapi masih jauh lebih kecil dibanding Nikon 5100 misalnya.

Kalau kita mampir ke situs snapsort.com maka banyak pilihan yang bisa kita bandingkan. Tulsian ini mencoba membandingkan antara dua camera yang cukup populer, yaitu PANASONIC LUMIX DMC-G3 dan SONY NEX-5N.

Panasonic diambil karena merupakan camera yang cukup populer, ringan dan mempunyai kualitas lensa yang sangat baik. Sony diambil karena merupakan camera yang sudah sangat terkenal di kelas camera pocket.

Tulisan ini tidak membahas dua camera main stream yaitu Canon dan Nikon, karena mereka biasanya sudah mempunyai penggemar yang fanatik. kadang yang dipilih bukan fiturnya atau kualitasnya tetapi jenis terbaru yang keluar dari masing-masing camera.

Untuk masalah ISO, maka Sony mempunyai angka maksimal 25.600 sedangkan Panasonic DMC-G3 angka maksimalnya adalah 6.400

Batere Sony juga lebih awet dibanding Panasonic, demikian juga bobot Sony lebih ringan dibanding Panasonic.

panasonic-g3_angle_medium

Kelebihan dari Panasonic LUMIX DMC-G3 dibanding SONY NEX-5N adalah adanya viewvinder, lebih cepat hidup dari posisi mati, tersedia lebih banyak lensa, mempunyai lampu flash dan harga yang lebih murah.

Pilihan tetap di tangan anda, tetapi pilihan untuk memilih prosumer kelihatannya patut dicoba jika anda ingin membeli camera baru, atau anda punya pilihan tersendiri?

+++

Sumber data http://snapsort.com/compare/Panasonic-G3-vs-Sony-NEX-5N

Tinggalkan Balasan