BB 10 awal kebangkitan atau akhir kisah Blackberry ya?

Blackberry pernah begitu berjaya di tanah air kita dan sampai saat ini masih juga terlihat betapa besar pengaruh BB terhadap kehidupan pemegang smartphone BB. Layanan BBM yang begitu fenomenal telah membuat BB sempat merajai pasar ponsel pintar.

Sayangnya keunggulan ini tidak disertai oleh pengembangan yang menjanjikan dari pihak litbang RIM. Akhirnya perlahan tapi pasti, pasar BB makin merosot, demikian juga keuntungan BB makin terjun bebas saja. Segala masukan, umpatan ataupun segala sesuatu hal yang dapat memberi RIM beberapa pilihan inovasi ke depan tidak juga ditanggapi dengan baik.

Akhirnya RIM semakin terpuruk tanpa daya dihajar Android yang meraja lela bersama Samsung. Segala macam model dan kasta ponsel cerdas membuat semua lapisan dapat menggenggam ponsel bernyawa Android. Apple juga ikut dibuat sewot dengan gebrakan dari Samsung bersama Android ini.

Apple sudah mempersiapkan iPhone 5 untuk menghentikan dominasi Samsung dan sekaligus mendongkrak citranya yang terus dihantam dengan derasnya produk Samsung dalam berbagai format.

RIM tentu saja tidak mau tinggal diam. Munculah wacana BBX yang kemudian tidak jadi dipakai karena nama itu ternyata sudah ada yang punya. Dengan berat hati akhirnya RIM memutuskan proyek BBX tetap jalan hanya berganti nama menjadi BB 10.

Inilah terobosan baru dari RIM yang sangat menjanjikan. Minimal berbagai lapisan pengembang yang mendapat gadget gratis dari RIM mulai melirik pengembangan RIM. Bila proyek BB 10 ini sukses, maka bisa jadi RIM akan merajai pasar ponsel cerdas lagi. Ada sesuatu yang baru dan sangat berbeda dengan OS 7 BB yang saat ini terpasang pada BB Bellagio ataupun Dakota.

BB 10 akan sangat berbeda dengan BB 7. Begitu bedanya, sehingga BB 10 ini tidak akan pernah kompatibel dengan BB 7. Kalaulah nanti ada yang bisa melakukan instalasi BB 10 ke BB 7, maka kita patut memberi apresiasi atas semangat pantang menyerahnya.

Jadi para pemakai BB OS 7 bersiap-siaplah memakai BB versi 10 yang sebentar hari lagi akan dirilis, jika jadwalnya cocok. RIM berjanji tetap akan melakukan perawatan terhadap komunitas BB OS 7, 6 maupun 5. Masalahnya, akankah konsumen nyaman dengan janji dari RIM tersebut.

Teliti sebelum pindah ke BB 10. Jangan gunakan emosi untuk memiliki OS terbaru di kapal ini. Selamat memberi komentar blog ini.

Salam sehati.

Eko Sutrisno HP
@miesehati
Blackberry OS 7

13 thoughts on “BB 10 awal kebangkitan atau akhir kisah Blackberry ya?

  1. Pingback: Lonceng kematian Blackberry

  2. Pingback: Hari berduka buat Blackberryku –> WIPE ! | Dari "Kaca Mata"-ku

  3. Pingback: Tips Belanja Ponsel terbaik di seputar Lebaran | Info seputar Gadget

Tinggalkan Balasan