BB error 102 : Dunia belum kiamat kok

Ketika muncul layar berwarna putih bersih dan ada tulisan ERROR 102, maka para pengguna BB biasanya melakukan proses reset. Yang terjadi kemudian setelah proses reset adalah layar tetap berwarna putih dan tetap muncul tulisan error 102.

Apa yang harus dilakukan?

Apabila kita mencoba mencari di internet, maka tidak akan banyak tulisan yang membahas hal ini. Rasa frustasipun segera muncul karena yang banyak ditemukan di internet justru adalah kegagalan para pemilik BB dalam melakukan reset. Aku sendiri langsung memasukkan BB dalam cangkir kopi dan siap menyedunya dengan geram. Jadi geli sendiri kalau ingat peristiwa itu.

bb error 102

Ternyata kalau kita cermat dan membaca pesan error 102 secara lengkap, maka ada petunjuk yang bisa diikuti dan telah ditulis di situs blackberry.

Sayangnya situs blackberry sering berganti wajah, sehingga agak sulit melacak cara yang pernah kulakukan dan sukses menghilangkan error 102. Namun disarankan tetap masuk ke situs resmi blackberry dan cari disana, pasti ketemu !:-)

Kita cari file launcher BB Desktop manager dan kemudian ikuti petunjuk yang ada. Bila langkah pertama ini tidak bisa dilakukan, maka klik saja pada tombol “ignore”. Aplikasi akan melakukan download file yang diperlukan untuk install BB yang error tersebut.

Sekanjutnya aplikasi langsung melakukan instalasi dan BB yang mati kembali hidup meskipun belum sempurna. Selanjutnya tinggal jalankan proses restore dari back up file BB yang pernah kita lakukan. Bila belum pernah melaksankaan proses back up, maka siap-siaplah merasakan kehilangan data yang berjibun di BB. Kadang nilai data ini lebih besar dari nilai BB-nya sendiri.

Jadi kalau BB anda error dan ada tulisan error 102, maka jangan buang BB anda. Serahkan pada ahlinya, karena prosesnya cukup cepat jika ditangani oleh ahlinya.

Anda punya pengalaman lain soal penyelesaian error ini? Silahkan berbagi di sini atau di blog anda sendiri.

Salam sehati.

BB error 102

BB error 102

Note tambahan :

Penyebab terjadinya error 102 di BBku adalah ketika aku melapas batere selama perjalanan Jakarta-Balikpapan. Ketika BB kuhidupkan kembali, munculah pesan error 102.

Beberapa teman menyatakan bahwa penyebab error bukan pada hal seperti yang kualami. jadi kalau anda mau mencoba, dipersilahkan kalau berani.

Salam sehati

Tinggalkan Balasan