Jailbreak iPad2 OS 5.1.1 mudah dan cepat

Setelah lama menunda, akhirnya tergiur juga untuk mencoba JB (Jailbreak) iPad2 yang sudah lama tidak tersentuh oleh tangan-tangan “gatel”. Memang saat sudah tidak ada Samsung Galaxy SII di tangan, maka tantangan untuk melakukan root pada android akhirnya terpaksa berpindah ke produk apple.

Sempat beli Samsung Galaxy “Y” CDMA dan sukses melakukan root pada gadget tersebut, tetapi tantangan untuk gadget itu terasa kurang menyengat, karena keterbatasan memori dan kecepatan prosesornya. Jadilah kubulatkan tekad untuk melakukan JB pada iPad2 yang sudah memakai OS 5.1.1

jailbreak absinthe

Beberapa cara JB kubaca dan akhirnya aku memutuskan untuk melakukan cara yang termudah dan tercepat dulu. Cara ini diklaim memakan waktu sekitar setengah jam, tetapi karena banyak berhenti untuk memahami tutorialnya, maka proses akhirnya berlangsung sejam.

Hal pertama yang harus dilakukan adalah kepastian akan hilangnya semua data dalam iPad, sehingga perlu proses back-up sebelum memulai proses ini. Jalankan aplikasi iTunes dan lakukan proses back-up.

Setelah proses back-up selesai, maka lakukan perintah ini. Setting – General – Reset – Erase all data. Bila cara ini tidak dilakukan, maka proses JB bisa menjadi lama, tetapi bila melakukan prosedur ini, maka prosesw JB akan menjadi lebih cepat dan itulah yang terjadi.

Jangan lupa kita Download Absinthe 2.0 sesuai OS yang kita pakai.
Absinthe v2.0.2 MacOSX (10.5, 10.6, 10.7)
Absinthe v2.0.2 Windows (XP/Vista/Win7)
Absinthe v2.0.2 Linux (x86/x86_64)

Jalankan Absinthe dalam kondisi gadget terkoneksi dengan PC/laptop.

Klik pada tulisan “Jailbreak” dan tunggu sampai proses selesai. Waktu yang dibutuhkan katanya sekitar setengah jam, tetapi ternyata hanya dalam hitungan menit proses ini sudah selesai. Ingat jangan cabut gadget (devices) selama proses ini masih berlangsung.

Bila proses JB selesai, maka jalankan iTunes dan lakukan proses restore pada device kita dengan meng”klik” tulisan restore. Bisa juga dengan klik kanan pada device kita dan pilih “restore”.

Selanjutnya ikuti perintah ini. Setting – General – Auto lock – Never. Hal ini untuk memastikan device kita tidak ter’lock” saat melakukan proses selanjutnya.

Masuk ke home dan pilih halaman ke dua, biasanya disitu ada ikon Cydia. Eksekusi aplikasi Cydia tersebut dan ikuti perintah yang ada di layar device. Setelah proses selesai, maka lihat pada sisi bawah tampilan layar kita dan pilih tab Sources.

Cydia

Pilih lagi tab edit dan tekan tanda (-) pada repo ZodTTD. Tekan tombol Add dan tulis http://iopenroot.com (bisa juga dipilih lokasi lain yang penuh dengan aplikasi bajakan, tetapi tentu saja kurang etis dan belum tentu aplikasi yang ada disitu terjamin kestabilannya.

Source

Pilih aplikasi Mobile Terminal dan jalankan aplikasi ini dari iDevice. Ketik “su” (tanpa tanda “) untuk prosedur ganti password root.

Masukkan password untuk root (standard Apple) : alpine (case sensitive). Pada proses ini apa yang kita tuliskan tidak bisa terlihat dan kalau salah tidak bisa menekan backspace, tapi harus memulai dari awal lagi.

Ganti password apple

Proses ini sukses kalau karakter $ sudah berganti menjadi karakter #

Selanjutnya ketik: passwd
Masukkan password root yg baru (sebaiknya 6 karakter)
Konfirmasi, masukkan lagi password baru.
Proses ini sukses kalau muncul karakter prompt root #

Sekarang mulailah install aplikasi yang penting, misalnya Automatic SSH, Blokad atau BigBoss Recommended Tools, setelah itu install ‘Mobile Substrate’ dan reboot idevice.

iDevice kita siap untuk diinstall paket lain yang menurut anda menarik. Selamat mencoba. Saya dijamin tidak akan menjamin langkah anda mulus, tetapi kalau anda lakukan selangkah demi selangkah dnegan hati=hati, maka idevice kita akan ter-JB dengan sukses. Yang perlu diperhatikan meskipun proses JB ini legal tetapi jangan dimanfaatkan untuk melakukan proses lain yang illegal, misalnya install aplikasi yang seharusnya berbayar menjadi tidak berbayar.

JB dilakukan karena kita ingin melakukan explorasi idevice kita sedalam-dalamnya tanpa ada batasan dari apple, bukan untuk memasang aplikasi pengembang secara semena-mena tanpa menghargai HAKI para pengembang aplikasi.

Source warning

+++

Catatan :

  1. Jailbreak iOS 5.11 Untethered dengan Absinthe 2.0 ini hanya support firmware 5.11 dan pada percobaan ini dilakukan untuk iPad2 3G+WiFi 64 GB
  2. Sumber bacaan antara lain dari id-ipad.net

One thought on “Jailbreak iPad2 OS 5.1.1 mudah dan cepat

  1. Pingback: Sulitnya ngoprek gadget Apple, asyiknya gadget Android | Info seputar Gadget

Tinggalkan Balasan