Teman #JalanPagi : Endomondo, iRunner, RunKeeper dan RunTastic

Bagi penggemar gadget Apple, maka teman JalanPagi adalah Endomondo, iRunner, RunKeeper atau RunTastic. Bagiku iRunner merupakan pilihan yang pas untuk menemani jalan kaki maupun kegiatan olah raga lainnya (Run, Hike, Bike dll). Perlahan tapi pasti ternyata Endomondo rupanya mengincar posisi di gadget Apple, sehingga makin lama makin stabil juga diaplikasikan dibawah iOS. Persaingan aplikasi inipun jadi semakin seru.

endomondo

Pilihanpun makin beragam untuk menemani jalan pagi. Bagi penggemar gadget Android, maka nama Endomondo kelihatannya tidak mungkin tergoyahkan. Fitur yang ada pada versi gratisnya sudah sangat memadai, sementara fitur pada versi berbayarnya boleh dikata jarang dipakai untuk mereka yang berolah raga sepedaan atau jalan kaki, tetapi pada versi berbayar sangat memadai dipakai karena aplikasi ini bisa melakukan modus hemat batere saat kondisi batere mulai ngedrop.

Hari ini sampai Minggu tengah malam, Endomondo mengumumkan diskon besar-besaran untuk download aplikasinya. Cukup bayar 1$ dari seharusnya 3.99 $

Endomondo memang sangat menarik dan sangat familiar di lingkungan OS Android, tetapi tidak begitu familiar dengan lingkungan iOS. Meski begitu karena sudah lama berkenalan dengan Endomondo, maka meski sudah berganti gadget dari BB, Android sampai iPhone, tetap saja Endomondo terpasang di gadget. Sudah kepalang cinta barangkali.

Untuk aplikasi RunKeeper cukup menarik dan berjalan dengan baik di bawah Android maupun Apple. Meski begitu aplikasi ini mempunyai kelemahan dalam mendeteksi GPS. Saat aplikasi lain menemukan sinyal GPS dengan kekuatan bagus (GOOD), RunKeeper hanya menemukan sinyal dengan kondisi POOR. Jika kita tidak ingin memakai aplikasi Run Keeper tetapi tetap ingin catatan olah raga kit amasuk dalam log kegiatan di run keeper, maka bisa saja kita jalankan aplikasi iRunner dan kemudian setelah selesai berolah raga, maka kegiatan di iRunner di”share” ke Run Keeper, Strava, Lose-it dll.

Aplikasi lain yang cukup menyenangkan dipakai saat kita memakai gadget besutan Apple adalah runtastic. Sayangnya aplikasi ini tidak ada di gadget Android.

Masih banyak aplikasi lain yang bisa dicoba, tetapi berdasar pengalamanku 4 aplikasi inilah yang sangat cocok untuk menemani jalan pagi atau sepedaan. Jadi teman JalanPagi ya Endomondo, iRunner, RunKeeper atau RunTastic saja.

Selamat mencoba.

endomondo1

2 thoughts on “Teman #JalanPagi : Endomondo, iRunner, RunKeeper dan RunTastic

  1. Pingback: Perlukah Jailbreak (JB) ? | Dari "Kaca Mata"-ku

  2. Pingback: Pesaing Endomondo dari Nike + Running 4.0.1 | Info seputar Gadget

Tinggalkan Balasan