Era Tablet Murah sudah dimulai : Kindle Fire, Google Nexus 7, Samsung Tab 7 inch

Tablet Kindle Fire yang murah sudah disaingi oleh Nexus 7. Dua tablet ini menjadi menarik karena dibuat oleh vendor yang tidak berpengalaman membuat tablet. Bandingkan dengan Apple atau Samsung yang terus merangsek dengan produk tabletnya. Apple terus digerogoti pasarnya oleh Android, tapi sampai saat ini penjualan Apple masih jauh di atas Samsung.

Kekuatan Apple adalah sebuah kesatuan produksi yang saling melengkapi, mulai dari hardwarenya sampai ke perangkat lunaknya. Bandingkan dengan kegagalan Microsoft yang pernah mencoba membuat tablet beberapa tahun lalu. Kekuatan Microsoft ada pada piranti lunaknya dan itu membuat pembeli berpikir dulu sebelum membeli produk piranti keras dari Microsoft.

Lalu apakah Microsoft puas dengan kegagalannya memproduksi komputer tablet?

Tentu tidak. Saat ini sedang dipersiapkan Microsoft Surface yang akan menantang produk Apple di kelasnya. Berbeda dengan Google Nexus yang bermain di luar kekuasaan Apple, Microsoft direncanakan akan terjun di kelas Apple. Harga tab;et Microsoft diperkirakan akan mendekati harga produk Apple, tetapi seharusnya berada di bawah harga Apple kalau ingin bersaing.

Apple iPad2

Produk Apple yang stabil terus mendominasi pasaran, meskipun terus turun di gerogoti Android, tetapi sampai saat ini Apple masih tetap menduduki singasana terlaris. Tahun 2011 iPad masih menduduki lebih dari separuh penjualan komputer tablet. Hanya saja untuk pasar ponsel, iPhone masih berada di bawah Samsung yang begitu gencar mengeluarkan ponsel di berbagai kelas.

Harga iPhone yang mahal pasti menjadi kendala para pembeli untuk beralih dari ponsel cerdas non Apple ke produk Apple. Dari pihak Apple sendiri mungkin berpikir risikonya kalau sampai menurunkan harga jual iPhone. Belum tentu dengan menurunkan harga iPhone membuatnya menjadi laris seperti Samsung. Belum tentu.

Alasan para pembeli produk Apple, bisa jadi karena harganya yang mahal. Mereka merasa mendapat kepuasan ketika bisa membeli barang yang mahal. Cara pemasaran produk Applepun dibuat menjadi menarik. Lihat saja potomngan diskon sampai 2 juta untuk produk Apple, tentu itu salah satu cara pemasaran yang dilakukan untuk mengejar larisnya produk Samsung.

Harga iPhone 4S didiskon 2 juta

Di kelas tablet 7 inchi, bisa jadi Apple masih ragu-ragu untuk ikut bermain. Meskipun ada isu akan ikut bermainnya Apple di tablet 7 inchi, tetapi hingga saat ini kelihatannya masih sebatas rumor. Bila akhirnya Apple memutuskan untuk tidak bermain di kelas tablet 7 inch, maka yang berlaga adalah Google Nexus 7 dari Asus, Kindle Fire dari Amazon dan Samsung Galaxy Tab 7 inch.

Dari sisi kematangan produk, mungkin Samsung berada di level tertinggi, tetapi bukan tidak mungkin sentuhan Asus dan kuatnya dukungan Google membuat harga jual Google Nexus 7 menjadi yang paling kompetitif dengan kemampuan yang paling digdaya.

Euforia Kindle Fire bisa jadi tidak akan terulang pada Kindle Fire 2 dan artinya Nexus 7 yang akan berjaya di tahun ini.

Meski begitu, produk lokal juga tetap akan mendapat kue dari era tablet murah ini. Mereka bermain sedikit di bawah level Nexus, yang mereka perkirakan akan mahal harganya bila sudah kena pajak. Dari nilai jual 200 USD, bisa jadi setelah masuk Indonesia harga Nexus akan mendekati angka 300 USD. Artinya pasar tablet lokal masih bisa mencari celah di antaranya.

Kita tunggu saja yuk.

8 thoughts on “Era Tablet Murah sudah dimulai : Kindle Fire, Google Nexus 7, Samsung Tab 7 inch

  1. Buat info aja…
    Kindle Fire sudah tersedia di TokoKindle.com mangga dua mal.
    Semoga bermanfaat…

  2. Walaupun sekarang harganya dah mulai terjangkau sampe detik ini aku belum sempat menikmatinya, masih harus banyak menabung ni
    nice share 🙂

    • Salam.

      Kemarin temenku dengan enteng membeli iPhone dan ketika kutanya apa syarat dan ketentuannya, jawabnya “ya biasa saja seperti pembelian yang lain..bla..bla..bla..”

      Jadi kalau cocok harga dan barang ya beli saja mas, tapi kalau masih ada yang lebih penting, tidak beli juga kan tidak bermasalah.

      Teliti sebelum membeli
      (nasehat diri)

      Salam sehati

Tinggalkan Balasan