Tablet Nexus 7 Android 4.1 pertama berotak empat (Quad core) yang murah tapi canggih

Gebrakan keren dari Android adalah munculnya Tablet Jelly Bean pertama yang diusung oleh Asus dengan nama Google Nexus 7. OS Android 4.1 Jelly Bean ini dipasangkan pada prosesor ber otak empat (quadcore) Tegra 3 berkecepatan 1,2 GHz (1,3 GHz?).  Dengan RAM 1 GB dan baterai kapasitas 4.325 mAh, tentu tablet ini cukup bertenaga dan masuk golongan tablet bukan murahan.

Ternyata (kabarnya) tablet ini hanya dijual di bawah angka 2 juta rupiah atau 199 USD. Tentu kabar yang mencenggangkan dan menakutkan bagi para pemain tablet di kisaran harga itu atau di spesifikasi itu. Dengan harga yang sama, maka tablet ini pasti akan terlihat paling powerfull, sehingga pasti mengalahkan pesaing pada harga itu.

nexus_01_b

Kalau melihat spesifikasinya, maka vendor lain yang punya spesifikasi sama pasti akan berpikir keras agar pelanggannya tidak lari ke tablet Nexus 7 yang spesifikasinya sama tetapi dengan harga yang jauh lebih murah.

Tidak salah kalau dibilang tablet Nexus7 dengan OS Android 4.1 Jelly Bean dengan empat otak (Quadcore) adalah tablet yang murah dan canggih. Itulah kabar gembiranya.

Kabar kurang gembira adalah tablet yang diluncurkan pada tanggal 27 Juni ini entah kapan sampai di Indonesia. Bulan Juli ini masih dipasarkan di luar daerah Indonesia, sehingga perlu doa dari kita bersama para penggemar Android 4.1 untuk berharap agar tablet ini segera sampai di Indonesia.

nexus_2_b

Specifikasi lengkap tablet ini bisa dilihat di bawah ini :

Operating System AndroidTM 4.1 Jelly Bean
Display 7″ WXGA (1280×800) Screen
IPS Panel
10 finger multi-touch support
CPU NVIDIA® Tegra® 3 T30L Quad-Core @1.2Ghz
Memory 1GB
Storage 8GB/16GB*1
Wireless Data Network WLAN 802.11 b/g/n@2.4GHz
Bluetooth
Camera 1.2 MP Front Camera
Interface 2-in-1 Audio Jack (head-out/MIC),
1x micro-USB, 2x Digital microphone,2x High Quality Speakers,
1x Docking PIN
Sensor G-Sensor, Light Sensor, Gyroscope,
E-compass, GPS, NFC, Hall Sensor
Battery 9.5 hours, 4325mAh,*2
16Wh Li-polymer
Dimensions 198.5 x 120 x 10.45 mm
Weight 340 g
Note *1: May vary by SKU and country.
*2: Battery life may vary by use. Stated battery life measured by playing 720p video at 100 nits brightness, with an external microphone, Wi-Fi turned on, Gmail logged in.

Terlihat bahwa tablet ini ternyata cukup tipis, hanya 10,45 mm dan beratnya juga hanya 340 gram. Sangat ringan dan jauh lebih ringan dibanding iPad2 yang memang ukurannya lebih besar.

Pesaing tablet ini antara lain adalah Kindle Fire atau Galaxy Tab2 7.0 dengan kisaran harga 200 USD, padahal kedua tablet pesaing itu masih memakai prosesor dualcore (dua otak). Bisa dipastikan pembeli akan memilih Nexus 7 yang sudah memakai empat otak.

Acer Iconia Tab A510 sepertinya sudah memakai prosesor dengan empat otak, tapi harganya jauh di atas Nexus7. Acer iconia A510 masih dijual dua kali lipat dari harga Nexus 7.

Jadi pilih beli sekarang atau menahan diri sampai datangnya sang idaman “Nexus 7”? Anda yang memutuskan !:-)

Salam sehati

Tablet Nexus 7 Androdi 4.1 Jelly Bean dengan empat otak "Quadcore"

Tablet Nexus 7 Androdi 4.1 Jelly Bean dengan empat otak “Quadcore”

+++

Gambar diambil dari situs Asus.

14 thoughts on “Tablet Nexus 7 Android 4.1 pertama berotak empat (Quad core) yang murah tapi canggih

  1. Pingback: Tips Belanja Ponsel terbaik di seputar Lebaran | Info seputar Gadget

Tinggalkan Balasan