Tips Belanja Ponsel terbaik di seputar Lebaran

Kalau sudah dekat hari lebaran, biasanya banyak teman yang mulai membahas tentang gadget apa yang perlu dibeli dan apa yang tidak perlu dibeli, alias dihindari. Mulai dari Camera, sampai Ponsel semua dibahas tuntas di beberapa milis dan di beberapa diskusi offline.

Ada yang ingin membeli camera profesional, ada juga yang sekedar entry level. Ada juga yang ingin beli ponsel bercamera canggih atau yang mempunyai fitur super lengkap, tapi ada juga yang inginnya tetap beli ponsel CDMA meskipun dengan emebel-embel fasilitas terlengkap.

Jawaban pertanyaan itu bisa mudah tapi bisa juga sulit. Semuanya akan tergantung pada kerumitan pertanyaannya. Kalau pertanyaannya wajar, maka akan mudah menjawabnya, tapi kalau sudah mulai detil, maka bisa jadi jawaban kita akan terus menimbulkan pertanyaan baru.

Kita batasi pada keinginan membeli ponsel saja di seputaran lebaran, agar bahasan tidak kemana-mana.

Isu pokok pada hari-hari terakhir ini adalah akan munculnya beberapa ponsel canggih di beberapa vendor. Sebut saja iPhone 5 dengan ukuran lebih besar, Samsung Galaxy Note II dengan kemampuan canggih untuk menyaingi iPhone 5 dan dua perangkat murah meriah tablet iPad mini serta datangnya tablet Nexus 7 berotak empat Jelly Bean

Berita itu memang masih seputar rumor, tapi sudah membuat para pecinta gadget panas dingin membacanya. Maklum teknologi baru memang selalu menarik untuk dicoba.

Lalu apakah teknologi lama sudah tidak menarik lagi? Belum tentu. Produk Apple tetap setia dengan teknologi yang stabil meski belum tentu terbaru. Sementara itu Android biasanya lebih mementingkan kecanggihan teknologi baru meskipun belum tentu stabil.

Aku menjual Samsung Galaxy SII beberapa waktu lalu karena saat upgrade ke Android terbaru (waktu itu) ICS, masih belum stabil, sehingga sering restart sendiri. Sekarang kelihatannya Samsung sudah memperbaki bug yang ada, sehingga pilihan ke teknologi lama masih sangat disarankan, bila yang dikejar adalah harga murah dan penampilan stabil.

Aku menempatkan Samsung Galaxy SII sebagai pilihan bagi mereka yang ingin ponsel canggih yang stabil dengan harga murah meskipun belum mengadopsi teknologi terbaru. Harga baru SII sudah dibawah angka 5 jutaan, sementara harga beli bekasnya sekitar 3.8 jutaan, sedangkan harga jual bekasnya sudah menyentuh angka 3 jutaan.

Aku cukup puas memakai SII dan menjualnya karena waktu itu  ingin mencoba iPhone 4S yang ternyata memang sangat memuaskan. Hanya saja harga iPhone 4S memang sangat mahal dibanding fiturnya. Meski mahal, tetapi iPhone 4S memang layak dipakai sebagai kawan berkomunikasi via gambar, maupun suara.

Harga iPhone 4S juga pasti akan turun sebentar lagi dan tentu sangat menarik untuk membelinya.

iPhone 4Sx

Saat ini penurunan masal mungkin terjadi pada beberapa produk Samsung. Hal ini terjadi mungkin karena gebrakan Samsung SIII (S3) yang terus aktif beriklan dimana-mana, bisa jadi juga karena persaingan di market Samsung terus digerus dengan produk lokal yang sangat digemari oleh kalangan menengah ke bawah.

Ponsel dengan TV? Ya benar. Produk ini cukup laris di pasaran karena murah dan fiturnya tidak dimilki oleh ponsel berkelas seperti Samsung, RIM maupun Apple.

Untuk produk RIM, saran yang populer adalah jangan beli dulu produk terbarunya. Gunakan saja yang lama dulu dan kalau bermasalah, silahkan rajin diupdate dan lakukan rutinitas “copot batere”. Produk RIM yang ditunggu adalah Blackberry 10 dengan teknologi yang berbeda. Ponsel cerdas BB versi 10 akan menjadi tonggak RIM untuk sukses atau jatuh tak tertolong lagi.

Sementara ini produk BB memang selalu identik dengan aplikasi BBM dan memang itulah kelebihan yang masih sulit ditandingi oleh pesaingnya. Tetapi bila hanya itu saja keunggulan BB, maka sudah terbukti pasarnya makin jeblog dimanapun. Momentum peluncuran BB versi 10 nanti yang akan menandai kebangkitan atau kejatuhan BB.

Jadi inilah pilihan terbaik gadget canggih versi blog ini :

1. Samsung Galaxy SIII dengan empat otak

2. Samsung Galaxy SII yang murah meriah

3. iPhone 4S, berkelas dan stabil.

4. Samsung Galaxy Note II (musti sabar nunggunya)

5. iPhone 5 (juga harus sabar nunggu)

Kalau suka tablet, silahkan tunggu iPad mini atau Nexus 7 berotak empat.

2 thoughts on “Tips Belanja Ponsel terbaik di seputar Lebaran

Tinggalkan Balasan