Istilah dalam BBM selain BC Broadcast

“Apa saja sih arti istilah dalam BBM selain BC Broadcast?”

“Wah memang ada banyak istilah di BB yang bagi sebagian orang masih belum jelas. maklum pesona BB sudah mulai meredup, sehingga istilah itu sepertinya menghilang dari peredaran”

“Aku masih pakai BB lho, sampai rusakpun tetap aku pakai, kecuali kalau memang sudah rusak parah dan gak bisa dipakai lago”

“Wah BB mania nih”

“Tepatnya masih takut atasan”

“Hahaha… memang hanya atasan yang membuat kita memakai BB?”

Istilah dalam BB sebenarnya tidak banyak, cuma memang tidak banyak juga yang mau berbagi tentang istilah ini. Mungkin istilah ini kalau di “search” sangat mudah ditemukan, sehingga mereka merasa tak perlu dibagikan. Tulis saja keyword “Istilah dalam BBM selain BC”

Aku tulis disini, karena aku juga gak apal dan masih ada juga yang bertanya kepadaku. Mari silahkan dibaca dan dikoreksi kalau salah tulis atau salah arti.

1. BC (broadcast).

Inilah istilah yang paling sering didengar. Sebuah fitur BB yang membuat kita bisa mengirim berita ke seluruh kontak yang kita punyai. Hati-hati memakai fitur ini. Ada sebagian kontak kita yang mungkin tidak berkenan menerima BC dari kita. Mungkin dia tetap berkawan, tetapi bisa jadi dia mulai mengambil jarak dengan anda.

2. BIS (BlackBerry Internet Service)

Inilah layanan dari ISP yang menyediakan akses ke jaringan internet di BlackBerry melalui jalur RIM. Dalam hal ini operator telekomunikasi akan menentukan tingkat keamanan dari server ke device pengguna melalui enkripsi data dan bertindak sebagai pengontrol server layanan yang menentukan aplikasi yang aktif di device serta interaksinya ke jaringan internet.

3. Ping Me (PING!!! saya),

Sama seperti fasilitas BUZZ di Yahoo Messenger. Bisa dilakukan untuk mengecek status seseorang.

4. BM (Blackberry Message).

Chating ala BB. Bukan dalam grup.

5. PM (Personal Message),

PM adalah status Profil BBM kita, sama dengan status di facebook. Saat ini status ini bisa dihubungkan dengan aplikasi Twitter, FB dll, sehingga status kita bisa berubah-ubah, sesuai dengan aktifitas kita.

6. Delcont (Delete Contact).

Hapus kontak di BB.

7. Invite.

Undang sebagai anggota BB Group atau undang sebagai salah satu kontak di BB.

8. Gadeliv / GDLV (Gak Delivered)

Bisa diartikan sebagai status kiriman data (dalam chat BB) yang deelay atau pending, atau belum terkirim.

9. DP (Display Picture).

Foto Profil BBM atau gambar profil BlackBerry Messenger yang membantu menunjukkan siapa kita. Banyaknya nama yang sama di BB akan memudahkan kita kalau pemilik BB memasang DP dia sendiri dan bukan foto/gambar orang lain (anak/istri atau binatang peliharaan).

10. Share,

Biasanya dilakukan setelah mendapat BC dan ingin meneruskan ke kontak BB -nya, bis ajuga hany asekedar berbagi info tertentu yang didapatnya.

11. TC (Test Contact)

Hanya sekedar test contact. Tidak perlu dibalas, bisa diabaikan saja, kecuali kalau kita malah jadi ingin melakukan BM dengan pengirim TC.

12. BES (BlackBerry Enterprise Server)

Layanan yang menyediakan akses ke jaringan internal korporat atau intranet suatu perusahaan. Dengan demikian kita tetap bisa berkomunikasi dengan jaringan internal perusahaan, biarpun kita tidak tersambung ke jaringan lokal. Dulu biaya BES (termasuk BIS) sebesar 450 ribu per bulan. Saat ini mungkin sudah jauh turun harganya. Indosat mematok biaya sekitar 350 ribu per bulan untuk paket BES on demand.

Mungkin ada lagi yang lainnya, silahkan ditambahi.

Istilah dalam BBM selain BC

Istilah dalam BBM selain BC

Sekarang kalau ada yang nanya istilah dalam BBM selain BC Broadcast, aku tinggal kasih link saja ke sini. Aman dan mudah.

+++

Ada tambahan dari pembaca :

NPA : No Promote Again 🙂
SBC : Sori BroadCasdt
MBC : Maaf BroadCast
RBM : Read Bb Messenger

54 thoughts on “Istilah dalam BBM selain BC Broadcast

    • Banyak yang nyari istilah ckls, tapi aku jug abelum nemu artinya
      mungkin maksudnya checklist (tanda silang sebagai notifikasi suatu pesan sudah terbaca atau belum 🙂

  1. Aman dan enggak malu-maluin ! ☀̤̣̈̇╋╋ム ╋╋ム ╋╋ム =)) ╋╋ム ╋╋ム☀̤̣̈̇

  2. Wah sayangnya saya pengguna Nikia, bukan pengguna BB jadi nggak bisa komentar apa2 deh selain jadi “pengin beli BB” biar bisa BBM-an.. (Yach.. katro banget ya hari gini belum punya BB.. ha ha ha..)

Tinggalkan Balasan