Fungsi WiFi pada Canon 6D

Salah satu kelebihan Canon Full Frame termurah dan terbaru di tahun 2012 lalu adalah adanya fungsi wifi pada Canon 6D tersebut. Ini adalah fungsi yang sudah mulai dilirik oleh para vendor. Saat membeli Sony NEX-6, aku sebenarnya berpikiran kalau proses koneksi antara camera dengan perangkat lain dapat dilaksanakan dengan mudah. Ternyata setelah membaca buku Sony NEX-6, rasanya sistem koneksi antar perangkat tersebut tidak semudah yang kupikirkan.

Saat demo Canon 6D, aku melihat proses koneksi antara Canon 6D dan gadget Apple berlangsung mulus dan sangat cepat, sehingga aku jadi tertarik untuk mencobanya. Mari kita lihat flowchart koneksi wifi sesuai buku petunjuk Canon.

Flowchart fungsi WiFi

Flowchart fungsi WiFi

 

Mari kita ikuti langkah-langkah tersebut di atas :

1. Install aplikasi (gratis) EOS remote dari iTunes.

Banyak pilihan aplikasi di iTunes baik yang berbayar maupun yang tidak berbayar. Untuk keperluan sekedar melihat gambar di camera atau memotret secara remote, aplikasi EOS remote sudah sangat memadai. Kita bisa memotret secara remote, melihatnya dan langsung upload ke dunia maya. Fungsinya jadi bisa seperti camera CCTV yang dihubungkan ke dunia maya.

2. Sambungkan Camera dan Ponsel

Sebelum bisa disambungkan, maka camera harus diatur agar aplikasi wifinya aktif. Masuk ke setting camera dan pilih enable Wi-Fi dan klik pada Wi-Fi function. Pilih ikon ponsel dan lanjutkan dengan setting Camera sebagai akses point (Camera access point mode). Pilih easy connection saja dan namai akses point camera, misalnya Canon6D.

Jalankan aplikasi EOS remote di ponsel dan pilih koneksi wifi ke akses point, sesuai nama yang sudah dibuat di Camera.

EOS remote main screen

EOS remote main screen

3. Lihat gambar atau “shooting”

Saat modus wifi ini diaktifkan, maka modus video otomatis non-aktif. Jadi kita hanya bisa melihat gambar di camera memakai ponsel atau memotret dengan ponsel kita sebagai remotenya. Status modus bisa dilihat dengan quick menu yang ada di dekat LCD.

status koneksi WiFi

status koneksi WiFi

 

Tertarik mencoba?

Silahkan unduh aplikasi di iTunes dan rasakan menikmati Fungsi WiFi pada Canon 6D. Yang tidak tertarik memakai camera Canon 6D untuk memotret secara remote dan hanya ingin memotret dan kemudian langsung upload memakai fasilitas wifi pada camera, maka saat ini sudah banyak camera lain yang punya fasilitas ini. Silahkan coba camera Samsung ST5500 with WiFi & Bluetooth atau Kodak Easyshare M750 Wi-Fi yang bisa langsung upload ke Facebook.

Fungsi WiFi pada Canon 6D ini memang yang membuatku tertarik untuk mencoba Canon seri 6D, yang merupakan camera fullframe termurah di kelasnya. Hanya saja, bagi para penggemar Canon yang masih suka dengan Canon seri 60D, 650D dan sejenisnya dan sudah mempunyai banyak lensa seri EF-S, maka harus berpikir panjang sebelum membeli camera ini. Lensa EF-S tidak cocok untuk model camera fullframe.

Lensa yang cocok untuk Canon 6D, menurutku adalah sebagai berikut :

1. CANON EF 50mm f/1.8, lensa murah meriah dengan hasil yang luar biasa.

2. EF 17-40mm f/4.0L USM, cukup wide

3. Lensa ZOOM ? Belum nemu yang cocok.

Hehehe.. malah membahas lensa, sori !:-)

Wi-fi function Canon 6D

Wi-fi function Canon 6D

 

One thought on “Fungsi WiFi pada Canon 6D

  1. Pingback: Canon 6D perlu upgrade ke 6D mark II - Info seputar Gadget

Tinggalkan Balasan