Merge Partisi Harddisk

Pagi ini aku mencoba melakukan merge partisi harddisk memakai Minitools Partition Wizard Home Edition (free) dan ternyata tidak bisa. Setelah kuikuti petunjuknya, rupanya harus beli edisi Profesional baru bisa.

Sudah nanggung, maka akhirnya aku search aplikasi lain yang bisa untuk merge partisi harddisk tanpa bayar alias gratisan. Kenapa beli yang gratis tidak yang pro? Tentu karena aplikasi ini sangat jarang dipakai tetapi kalau pas kondisi seperti ini sangat dibutuhkan.

Akhirnya nemu juga di situs Ease-US “All-in-one Partition Management Solution”. Sebuah aplikasi yang mirip dengan Minitools Partition Wizard Pro. Pada aplikasi ini, kita diperbolehkan menggabungkan partisi harddisk, pas sesuai dengan yang kuinginkan merge partisi harddisk.

Caranya cukup sederhana, sama dengan aplikasi lainnya. Dulu biasanya aku memakai Partition Magic dan semua aplikasi yang sekarang kupakai wajahnya mirip dengan partition magic versi lama.

Aplikasi partisi harddisk

Aplikasi partisi harddisk

Yang penasaran dengan aplikasi ini dan ingin langsung mengunduhnya, bisa menuju ke link ini : http://www.partition-tool.com/landing/home-download.htm

Ada tiga macam aplikasi yang bisa diunduh, yaitu versi Home edition, Profesional dan Server. Harga untuk versi profesional sekitar 31 USD dan 127 USD untuk versi Server.

Harga untuk Monitools mirip dengan harga aplikasi Ease-US “All-in-one Partition Management Solution” selisihnya hanya beberapa dolar saja.

Bagaimana kalau kita tetap ingin melakukan partisi harddisk dan atau menggabungkan partisi harddisk tanpa aplikasi ini? Bisa dicoba memakai aplikasi bawaan Windows Disk Management“.

Disk management versi windows

Disk management versi windows

  1. Buka Control Panel/Start Menu
  2. Search dengan kata “Disk Management”
  3. Akan keluar pilihan  ”Create and Format Harddisk Partitions”

Bagi yang terbiasa memakai aplikasi Partition Magic, maka caranya tidak jauh berbeda, hanya tampilannya memang tidak secantik Partition Magic atau aplikasi semcamnya.

Tinggal anda mau memilih yang mana. Pilih sesuai kebutuhan dan jangan suka memaksakan diri.

Salam sehati

Aplikasi partisi harddisk

Aplikasi partisi harddisk

Tinggalkan Balasan