Sehat bersama BB Z10

Bagaimana cara sehat bersama BB Z10? Kalau pakai iPhone atau Samsung Android, pasti banyak pilihan. Mulai Endomondo, iRunner, Strava, Runtastic Pro, Nike dll. Untuk BB Z10, ternyata aplikasi itu tidak bisa diinstall. Setelah mencari-cari akhirnya ketemu juga aplikasi Sport Trackers yang cukup lengkap. Aplikasi ini seperti aplikasi sejenis, bisa untuk memantau kegiatan olah raga kita, antara lain :

Running, Walking, Cycling, Mountain biking, Hiking, dll

sport trackers

sport trackers

Sayangnya, algoritma aplikasi ini agak beda dengan aplikasi sejenis. Misalnya Endomondo. Saat aku memantau kegiatan gowes pagi dengan Endomondo dan Sport trackers, terjadi selisih jarak yang cukup signifikan. Secara kenyataan, jarak dari Endomondo lebih cocok dengan yang ada di lapangan, sedangkan jarak dari Sport Trackers terlihat tidak sesuai dengan kenyataan.

sport trackers

sport trackers

Menurut sport trackers, jarak yang kutempuh pagi ini adalah 30 km lebih sedikit, sedangkan menurut Endomondo, jaraknya hanya 10.75 km saja.

endomondo

endomondo

Jadi sampai saat ini aku masih belum menemukan aplikasi yang jalan di BB Z10 yang setara dengan Endomondo atau dengan aplikasi kesehatan lainnya yang sesuai dengan kenyataan di lapangan. Kalau masih tetap ingin sehat dengan BB Z10, maka yang perlu kita lakukan adalah  olah raga yang sesuai dengan kondisi tubuh kita, minimal setengah jam sampai satu jam. Lupakan BB Z10 dulu dan fokus pada olah raganya saja.

Rumus yang kutahu soal olah raga rutin adalah skenario sehat untuk setiap olah raga sebagai berikut :

1. Ada pemanasan.

2. Ada adegan olah raga sampai napas ngos-ngosan, walaupun hanya lima menit.

3. Ada proses pendinginan.

Untuk olah raga sepedaan atau jalan kaki, maka yang paling baik, setelah pendinginan, coba rebahan sebentar dan kaki diangkat maksimal setinggi 30 cm dari posisi badan termasuk kepala yang datar. Maksudnya kalau badan dan kepala dianggap garis lurus dan datar, maka kaki boleh diangkat setinggi maksimal 30 cm.

Buat pembaca yang punya back ground kesehatan, dokter atau perawat, silahkan memberi masukan, siapa tahu yang kusampaikan ini banyak salahnya. Aku kan hanya tukang insinyur dan bukan bapak dokter. Salam sehati.

 

 

Tinggalkan Balasan