Beda BBM dan Whatsapp

Di era generasi jaringan 3G ini, SMS (Short Messaging Service/Layanan Pesan Singkat) bukan lagi menjadi andalan untuk tetap berhubungan dengan orang-orang sekeliling kita, baik keluarga, kerabat dan juga rekan kerja. Salah satu keuntungan layanan jaringan 3G adalah memungkinkan anda untuk terus aktif dan tidak terganjal keterbatasan karakter dalam berhubungan tanpa mengeluarkan biaya lebih dengan menggunakan aplikasi khusus yang tersedia di ponsel-ponsel anda. Beberapa aplikasi gratis yang tersedia antara lain adalah BlackBerry Messenger dan WhatsApp.

Masing-masing dari aplikasi yang telah diunduh jutaan pengguna di seluruh dunia ini memiliki keunikan tersendiri, dimana pengguna BlackBerry merasa wajib untuk memiliki kedua aplikasi tersebut. BlackBerry terbaru dengan Operating System BlackBerry 10, yang sudah dirilis  ini pun masih setia mengandalkan fitur BlackBerry Messenger meski telah banyak pesaing yang merilis cross-platform chat application, salah satunya adalah WhatsApp.

WA di BB Z10

WA di BB Z10

Perbedaan dari dua aplikasi yang selalu menjadi peringkat sepuluh teratas di BlackBerry App World ini terlihat dari beberapa sisi yang bisa dikatakan saling melengkapi satu sama lain. BlackBerry Messenger memiliki keunikan tersendiri karena aplikasi ini dikhususkan untuk pengguna ‘si beri-hitam’. Sedangkan  WhatsApp adalah aplikasi cross-platform yang dapat diunduh secara gratis oleh pengguna ponsel 3G dengan Operating System yang berbeda, termasuk BlackBerry. Hal ini membuat WhatsApp menjadi salah satu alternatif jembatan komunikasi antara pengguna BlackBerry dan ponsel lainnya.

Salah satu perbedaan lain antara BlackBerry Messenger dan WhatsApp yang dapat terlihat adalah adanya fitur ‘add contact’ yang hanya dimiliki ponsel BlackBerry. Keunikan dari  enam digit PIN (Personal Identity Number) yang berupa alphanumeric /campuran nomor dan huruf ini adalah bahwa setiap handset BlackBerry memiliki PIN yang tidak pernah sama satu dengan lainnya. Pemilik dapat menggunakan PIN ini untuk menambah kontak BlackBerry Messenger mereka. Fitur “add BBM contact” ini dapat digunakan secara manual dengan mengetik enam digit PIN tersebut, atau dengan memaksimalkan kemudahan fasilitas dari BlackBerry yaitu “Scan a PIN Barcode”. Sedangkan WhatsApp masih menggunakan nomor telepon yang ada pada kartu SIM. Nomor telepon selular yang hendak anda tambahkan harus disimpan dalam daftar nomor telepon terlebih dahulu, kemudian nama penggunanya baru akan terdata di aplikasi WhatsApp untuk dapat dihubungi.

Jika dilihat dari daftar harga BlackBerry yang menjangkau berbagai macam kalangan dan juga aplikasi BBM yang dapat diunduh secara gratis, BlackBerry Messenger bisa dibilang lebih banyak digunakan oleh pengguna smartphone (terutama untuk keperluan bisnis). Sedangkan aplikasi WhatsApp yang tersedia pada banyak smartphone lainnya, meminta penggunanya untuk membayar aplikasi ini setelah setahun menggunakannya.
Aplikasi-aplikasi di atas tidak hanya membantu penggunanya dalam berkomunikasi secara personal  namun juga membantu mereka dalam menjalankan bisnis dan mempromosikannya. Berbagai perbedaan di atas itulah yang membantu para pengguna smartphone untuk menentukan jenis aplikasi komunikasi yang akan mereka gunakan untuk kebutuhan sehari-hari.

BBM di BBZ10

BBM di BBZ10

+++

Artikel “Beda BBM dan Whatsapp” adalah kiriman dari : Banyu Putro banyu.putro@mavens.co.uk

 

5 thoughts on “Beda BBM dan Whatsapp

  1. Pingback: Kelebihan BBM dibanding Whatsapp

Tinggalkan Balasan