Facebook “likes” di Indonesia: Apa yang lebih disukai Pria dan Wanita?

Facebook “likes” di Indonesia: Apa yang lebih disukai Pria dan Wanita?

Di salah satu buku populer bahasa asing, disebutkan bahwa wanita adalah dari Venus dan pria adalah dari Mars. Walaupun tentunya kita tidak tahu bagaimana rasanya berada di salah satu planet tersebut,  kiasan ini menunjukkan bahwa pria dan wanita sangat berbeda satu sama lainnya.

Menurut sebuah survey tentang Facebook “likes” di Indonesia, pria menyukai bermain sepakbola (86%), sementara hanya 14% wanita yang suka berlarian di lapangan untuk mencoba membobol gawang tim lawan. Nah, lalu apa dong yang  lebih disukai wanita? Tidak perlu peramal untuk memberitahu bahwa sebagian besar (63%) wanita menyukai belanja, diikuti dengan 37% pria. Yah, siapa sih yang bisa menolak tawaran diskon atau sale di mal-mal yang ada sepanjang tahun?

Saat akhir pekan, tentu sering dong lihat salon – salon penuh antrian untuk sekedar creambath atau nge-blow? Ini ternyata ada hubungannya dengan kegemaran wanita. 60% wanita mempunyai kegemaran membenahi dan mendandani rambut mereka, sedangkan hanya 40% para pria yang gemar juga mendandani rambut, mungkin bagi mereka cukup dengan memakai gel, rambut mereka akan terlihat rapih seperti habis dari salon. Heran kenapa para pria bisa anteng terus di depan computer? Jawabannya adalah 85% dari mereka senang bermain poker/kartu. Kalau para wanita, wah – sepertinya hanya 15% atau sebagian kecil yang gemar permainan tersebut.

Bagaimana dengan film favorit? Disini kelihatan sekali nih perbedaannya, untuk dua film aksi Indonesia, hanya 15% wanita yang senang dengan film aksi “Merantau”, sementara 85% laki – laki senang sekali dengan film laga ini. Nah, untuk film “The Raid” yang cukup mengguncang Hollywood, ternyata 27% wanita menyukainya – lebih tinggi daripada film yang pertama disebutkan, namun tentunya film ini masih jadi favorit pria (73%).

Kalau berhubungan dengan musik, ternyata Iwan Fals masih menjadi jagoan dengan memenangkan 84% pria yang masih terus menyukai lagu-lagu balada dan pemberontakan dari penyanyi senior tersebut. Hanya 16% wanita yang menyukai penyanyi berambut ikal ini. 68%  responden wanita ternyata senang mendengar grup wanita muda, Cherry Belle. Untuk para pria, hampir sepertiga dari responden pria – 32% ternyata cukup senang dengan kecantikan dan suara-suara manja kelompok remaja belia ini.

Kalau anda berpikir wanita paling senang berkicau lewat social media twitter, jangan kecewa tetapi sepertinya kurang tepat. Menurut data, 63% pengguna twitter di Indonesia adalah pria, disusul dengan wanita (37%). Lalu gender mana yang lebih senang mengupdate status melalui smartphone Android, iPhone atau BlackBerry terbaru mereka? Ternyata tetap para pria yang lebih banyak menggunakannya. 61% responden pria menggunakan jejaring sosial yang dipopulerkan Mark Zuckerberg ini dan hanya 39% wanita juga menggunakannya untuk tetap berhubungan dengan teman dan keluarga.

Nah, untuk aplikasi yang terbilang cukup baru berikut ini, Pinterest, ternyata perbedaan gender tidak terlalu jauh. 54% pria menyukai aplikasi ini untuk berbagi mengenai hobi dan kegemaran mereka, sementara 46% wanita juga menyukai jejaring sosial yang sama. Ternyata dalam ‘kehidupan virtual’ tidak terlalu terlihat perbedaan penggunaannya antara pria dan wanita, hanya saja para pria ternyata lebih aktif dari wanita untuk penggunaan jejaring sosial.  Namun dengan harga BlackBerry dan juga smartphone lain yang semakin terjangkau, bukan tak mungkin akan makin banyak lagi wanita yang memanfaatkan device ini untuk sekedar mencari teman atau mengambil keuntungan seperti berjualan di dunia virtual.

Walaupun survey ini belum dapat merepresentasikan kesukaan pria dan wanita sebenarnya , namun cukup menarik mengetahui hanya sebagian kecil pria yang menyukai Cherry Belle, atau mungkin para pria masih malu-malu untuk mengakuinya? Mungkin anda yang tersenyum membaca artikel ini dapat memberikan jawabannya.

Facebook Indonesia

Facebook Indonesia

+++

Artikel -Facebook “likes” di Indonesia: Apa yang lebih disukai Pria dan Wanita?- ini kiriman dari Banyu Putro <banyu.putro@mavens.co.uk>. Data di atas tidak disebutkan surveynya dari mana.

2 thoughts on “Facebook “likes” di Indonesia: Apa yang lebih disukai Pria dan Wanita?

Tinggalkan Balasan