Pilih Gadget Blackberry, Android atau iOS

“Pilih Gadget Blackberry, Android atau iOS?”

Pertanyaan itu bisa diganti dengan berbagai macam bentuk lain, “Pilih Ponsel Blackberry, Samsung Android atau iPhone iOS?” Fakta menunjukkan bahwa pengguna Blackberry main menurun, menyusul pengguna Nokia yang belum berhasil kembali menjadi juara, sementara itu pengguna Android terus bertambah sangat pesat dan pengguna iPhone masih terlihat stabil, meskipun pasarnya terus digerogoti oleh pengguna ponsel Android.

Apa sih kelebihan dan kekurangan masing-masing perangkat dari berbagai OS (Operating System) itu?

Blackberry selalu dituding sebagai ponsel mahal dengan kemampuan yang biasa-biasa saja. Hanya ada satu fitur andalan yang menjadi ciri Blackberry dan, bila rumornya benar, akan segera dapat dinikmati oleh pengguna Android maupun iOS. Rumor yang beredar, blackberry Messenger (BBM) akan mulai bisa diunduh pada pertengahan Juli 2013 ini, tetapi rumor yang lain mengatakan bahwa apliaksi BBM baru bisa diunduh setelah tanggal 13 September 2013.

Salah seorang kawanku, arsitek, benar-benar tidak bisa meninggalkan Blackberry dengan alasan utama masalah gambar. Biarpun dia sudah install Whatsapp (WA), tetap saja dia merasa komunikasi via BBM lebih cocok untuk membahas sebuah gambar (foto).

“Pada BBM, pembicaraan membahas sebuah gambar dalam group dipisahkan dengan komunikasi tulsian, sehingga kita bisa fokus dengan gambar yang kita bahas. bandingkan dengan WA yang antara gambar dan tulsian nyampur, sehingga saat mau membahas gambar, harus discroll dulu ke atas”

“Kelebihan WA ya memang itu pak, tulisan dan gambar langsung gabung, sehingga lebih spontan, inspiratif dan tidak perlu pindah ruang”

“Nah itu yang aku tidak suka pak Eko, pusing dibuatnya”

“Kenapa bapak tetap aktif di group WA kita?”

“Hahaha… WA untuk fun, BBM untuk kerja !”

blackberry Z10

blackberry Z10

Penggemar BB seperti temanku ini, masih banyak di lingkunganku. Mereka rata-rata adalah orang yang sudah mapan dan mempunyai “client” yang juga memakai BB sebagai piranti berkomunikasi. Bahkan ketika ada gangguan server RIM (Blackberry), mereka tetap setia menunggu gangguan itu selesai.

Ada dua macam pengguna BB di lingkunganku. Satu kelompok memakai BB yang ditandem dengan ponsel cerdas Android atau iOS dan satu kelompok lagi tandem antara BB dan ponsel biasa (hanya bisa SMS dan telpon). Kelompok yang tandem antara BB dan smartphone biasanya berusia di bawah 50 tahun sedangkan kelompok yang menyandingkan BB dengan featurephone biasanya sudah berumur di atas 40 tahun. Keompok ini asyik berSMS dan bertelpon ria dengan gadget lamanya dan hanya sesekali menggunakan BB untuk berkomunikasi.

“Ponsel ini baterenya awet pak, jadi aku selalu memakainya untuk berkomunikasi tanpa takut kehabisan batere”

Kelemahan hampir semua ponsel cerdas masa kini memang ada di batere. Tidak banyak ponsel yang menyediakan batere dengan kapasitas besar untuk sumber daya ponsel mereka. Kalaupun kapasitas baterenya besar, tetapi dengan ukuran layar ponsel yang makin lebar, prosesor yang makin kencang, tentu akan menyebabkan ponsel jadi boros batere.

Ponsel besutan vendor yang berjalan di OS Android saat ini mungkin termasuk yang paling boros memakai sumber daya listriknya. Sudah tidak banyak ponsel yang berlayar kecil di OS Android. Banyak ponsel Android yang sudah menjadi phablet (telpon tablet) dengan ukuran layar di atas 5 inchi. Inilah era telpon yang mirip tablet dan tablet yang bisa untuk menelpon.

Kecanggihan ponsel dengan OS Android sudah banyak terbukti. Mereka selalu memakai teknologi terkini, prosesor terkini dan aplikasi terkini. Saat pengguna Android masih asyik menikmati kecanggihan Android 4.xx Jelly Bean, Samsung sudah ancang-ancang mengeluarkan Android 5.xx Key Lime Pie (kuplesetkan menjadi Android KELIMPE) pada ponsel Samsung Galaxy S4 plus (atau S5?).

Jadi kalau kita tergila-gila dengan ponsel yang canggih, maka pilihan pasti jatuh pada ponsel dengan OS Android. Canggih, murah dan cukup berkelas? Ya pasti pilih Samsung. Canggih, sangat berkelas dan mahal? Ya pilih HTC. Mau pilih ponsel Android yang cameranya bisa diandalkan? Bisa dipakai untuk memotret di bawah air? Pasti pilihan jatuh ke Sony.

Lalu dimana posisi ponsel Apple dengan iOSnya?

BB Z10 vs iPhone 5

BB Z10 vs iPhone 5

Semenjak ditinggal Steve Jobbs, memang terlihat Apple sedikit kelimpungan terhadap serbuan ponsel Android. Meski begitu, penggemar Apple terlihat masih tetap setia dengan produk Apple. Mereka meyakini bahwa produk Apple adalah produk yang bergengsi dan stabil, sehingga jarang yang sudah pindah ke produk Apel dan pindah lagi ke produk yang lain.

Bagi yang tadinya memakai produk non iOS, maka ketika dia menjadi pemilik ponsel dengan system iOS, maka biasanya malas pindah ke produk lain. Selain sayang dengan produk Apple yang sudah dimilikinya, mereka juga biasanya memandang produk Apple sebagai produk yang bisa dipakai secara optimal. Produk Apple adalah produk yang tidak ekspansif dalam memakai teknologi terbaru, mereka cenderung memakai teknologi yang sudah mapan, sehingga para penggunanya merasa nyaman memakai produk mereka.

Lihat saja penggunaan prosesor pada perangkat Apple, biasanya masih memakai prosesor yang klas menengah ke atas. Bandingkan dengan Samsung S4 yang sudah memakai dua perosesor berotak 4, artinya memakai 2×4 atau delapan otak, sedangkan produk apple masih bertahan dengan memakai dua otak saja (dual core).

Jadi “Pilih Gadget Blackberry, Android atau iOS?”

Samsung Galaxy S4

Samsung Galaxy S4

3 thoughts on “Pilih Gadget Blackberry, Android atau iOS

Tinggalkan Balasan