Hemat batere di iOS7

“Mas Eko tobat nih, Kok jadi boros batere makai iOS7, apa tidak ada cara hemat batere di iOS7?”

Keluhan temanku itu tidak kurasakan ketika aku update iPhone ke iOS7, sehingga tidak kutanggapi serius. Kupikir temanku itu sedang sok lebay dan meluapkannya dalam kalimat seperti itu. Ternyata aku salah, setelah kuperhatikan beberapa fitur di iOS7, memang ada beberapa masalah yang kecil-kecil tetapi bisa menyebabkan batere menjadi boros.

Bila kita tergoda dengan tampilan Dynamic dari iOS7 yang ciamik, maka pasti keluhan seperti yang dikeluhkan temanku itu akan muncul. Fitur wallpaper dinamis ini cukup menguras batere. Aku sendiri tidak mengaktifkan fitur ini, sehingga rasanya tidak ada perbedaan yang signifikan antara iOS7 dan iOS6 dalam hal penggunaan sumber daya.  Jadi kalau kita tidak ingin boros batere, salah satunya bisa dengan cara tidak mengaktifkan fitur ini. Caranya mudah saja, masuk ke setting – wallpapers & Brightness – choose wallpaper – pilih yang statis bukan dynamic.

Dynamic or Still

Dynamic or Still

Nasehat yang sangat populer tetapi tidak nyaman adalah melakukan tuning pada tampilan, yaitu disetel agar layar monitor tidak terlalu kontras, sehingga batere dapat dihemat. Pertanyaannya, lalu apa gunanya kita beli ponsel baru dengan berbagai kecanggihan pada layar monitor, kalau akhirnya tidak dinikmati karena kalau dinikmati jadi boros batere. Ini jadi sama dengan kasus di atas, sudah beli ponsel mahal tapi tidak bisa menikmati wallpaper yang tidak statis. Seolah-olah dikatakan begini.”kalau mau hemat batere,jangan gunakan fasilitas yang menguras batere!”. Padahal justru kelebihan sistem yang baru adalah pada fitur yang boros batere itu.

Wallpaper dynamic iOS7

Wallpaper dynamic iOS7

Untuk penghematan batere smartphone, sebenarnya banyak cara bisa dilakukan, baik di ponsel Apple maupun ponsel Android. Contoh cara hemat batere smartphone antara lain adalah sebagai berikut :

1. Gunakan modus airplane saat berada di daerah yang susah sinyal.

2. Matikan fitur layanan lokasi (disable location service)

3. Bila tidak dipakai, matikan saja bluetooth dan wifi.

4. Matikan jaringan 3G, cukup gunakan 2G saja.

5. dan masih banyak hal-hal kecil yang bisa dilakukan untuk menghemat batere, walaupun sering kurang signifikan dalam kenyataannya.

Khusus untuk ponsel iPhone, maka bisa ditambahkan beberapa hal khusus sebagai berikut :

1. Matikan Siri

2. Matikan aplikasi yang sudah tidak dipakai lagi. Apalagi yang memerlukan sumber daya besar, misalnya Waze (level 5), Run Keeper ILevel 4) dan semacamnya kecuali Endomondo yang lebih sedikit memerlukan sumber daya (level 3).

Matikan aplikasi yang tidak dipakai

Matikan aplikasi yang tidak dipakai

3. Matikan fasilitas refresh aplikasi (biasanya tetap melakukan refresh selama aplikasi tidak dimatikan), sehingga aplikasi yang masih jalan di background tidak memerlukan sumber daya.

Matikan background aplikasi

Matikan background aplikasi

4. Update software secara rutin. Biasanya vendor pencipta aplikasi selalu memperbaiki aplikasinya agar setiap saat bisa membeirkan aplikasi yang hemat batere bagi pelanggannya.

update software secara rutin

update software secara rutin

5. dan masih banyak hal-hal kecil yang bisa dilakukan untuk menghemat batere, walaupun sering kurang signifikan dalam kenyataannya.

Tips yang sering dipakai oleh mereka yang memakai iPhone dan tidak mau memakai wallpaper dynamic, biasanya mereka memilih wallpaper yang diam. Setelah itu mereka juga memilih jenis huruf yang BOLD, sehingga meskipun kontrak disetel tidak maksimal tetapi tulisan tetap bisa dibaca dengan baik.

Bila cara-cara ini masih dianggap belum memenuhi selera kehematan batere, maka kelihatannya harus membeli ponsel yang khusus diciptakan dengan batere yang berkapasitas besar. Sebentar lagi akan banyak produk non Apple dan non Samsung yang akan menggeber penjualan produknya dengan mengusung batere yang berkapasitas besar. Bila cocok di harga dan cocok penampilannya, maka silahkan beli sesuai kemampuan.

Kalau ternyata ponsel baru tersebut masih boros juga, silahkan baca ulang artikel “Hemat batere di iOS7” ini. Salam sehati.

One thought on “Hemat batere di iOS7

  1. Pingback: LG G2 Ponsel tercanggih

Tinggalkan Balasan