Kelebihan BBM dibanding Whatsapp

“Mas, apa kelebihan BBM dibanding Whatsapp, sehingga sampai saat ini masih setia menenteng dua ponsel kemana-mana?”, tanyaku pada seorang temanku. Dia ini mungkin type orang yang setia dengan merk BB dan Nokia, karena dua ponsel itulah yang dia pakai untuk berkomunikasi dengan rekan bisnisnya. Tidak seperti teman-temanku yang lain yang sudah berpindah dari Nokia ke iPhone atau Samsung (Android), maka temanku yang ini dengan setia memakai dua ponsel bersejarah itu, BB dan Nokia.

“Iya mas, di Nokia ini memang ada Whatsapps, tapi saya lebih suka memakai BBM di BB. Berat kalau pakai Whatsapp di Nokia”

Temanku ini ditanya soal BB malah jawab soal Nokia. Ya sudah, aku ikuti saja jalur pembicaraannya.

“Padahal Nokia diiklankan dengan kelebihan adanya aplikasi Whatsapp lho mas. Denagn adanya aplikasi itu, diharapkan Nokia kembali bisa berjaya seperti beberapa tahun lalu”

Temanku menimang-nimang Nokianya dan kembali tersenyum sambil berkata.

“Nokia ini kubeli dengan maksud untuk berkomunikasi dengan rekan bisnis tanpa takut kehabisan batere”

“Kan sudah ada mobile charger mas, gak perlu takut lagi kehabisan batere di lokasi yang tidak ada colokan listrik”

“Hmm…. bukannya pemakaian charger model itu justru merusak batere kalau digunakan dengan cara yang salah?”

Wah, rupanya temanku gaul juga. Dia tahu kalau mobile charger dengan arus DC akan kurang bagus untuk melakukan proses pengisian batere. Pasti dia sudah baca artikelku tentang penggunaan mobile charger. Akupun dengan penasaran mengejarnya lagi.

“Kalau di BB bisa diinstall juga aplikasi Whatsapp lho mas”

“Untuk apa?”

“Ya untuk supaya tidak ketinggalan dengan teman-teman mas. Bisa bertukar foto dan berdiskusi dengan aplikasi yang saat ini terus tumbuh dan akan terus tumbuh karena sifatnya yang multi platform”

“Teman-temanku memang banyak yang pakai aplikasi Whastapp, memang bisa diinstall juga di BB? Apa sih beda BBM dan Whatsapp?”

Nah, rupanya temanku mulai tertarik dengan aplikasi Whatsapp. Akupun mulai menjelaskan padanya beda BBM dan Whatsapp.

“Perbedaan dari dua aplikasi yang selalu menjadi peringkat sepuluh teratas di BlackBerry App World ini terlihat dari beberapa sisi yang bisa dikatakan saling melengkapi satu sama lain. BlackBerry Messenger memiliki keunikan tersendiri karena aplikasi ini dikhususkan untuk pengguna ‘si beri-hitam’. Sedangkan  WhatsApp adalah aplikasi cross-platform yang dapat diunduh secara gratis oleh pengguna ponsel 3G dengan Operating System yang berbeda, termasuk BlackBerry. Hal ini membuat WhatsApp menjadi salah satu alternatif jembatan komunikasi antara pengguna BlackBerry dan ponsel lainnya”

“Oooo… gitu ya mas? Tapi kalau aku install Whatsapp di BB, batereku jadi boros donk,… malah bikin repot mas”

Benar juga pernyataan temanku itu. BB yang sudah boros akan jadi leih boros kalau dipakai juga untuk aplikasi Whatsapp. Apalagi temanku sudah cinta setengah mati dengan aplikasi BBM di BBnya, pasti dia keberatan kalau ada aplikasi lain yang sejenis diinstall di ponselnya. Saat ini pengguna ponsel cerdas di Indonesia sekitar 30 juta orang dan 40 persen di antaranya masih memakai ponsel Blackberry. Jadi ada sekitar 12 juta orang yang tetap setia memakai ponsel Blackberry meskipun mereka sering mengeluhkan beberapa gangguan di BB mereka.

BBM di iPhone

BBM di iPhone

Keluhan yang umum adalah lemotnya jaringan internet di BB, perangkat tiba-tiba hang tanpa sebab atau kursor yang terus berputar di layar LCD. Berbagai keluhan yang menjengkelkan itu, ternayta tidak cukup kuat untuk membuat penggemar berat BB meninggalkan perangkatnya. Mereka tetap setia menenteng produk BB, meskipun yang mereka pakai berkomunikasi seringkali adalah ponsel pendamping BB. Dalam kasus temanku itu, dia lebih sering memakai Nokia untuk berkomunikasi tetapi khusus bicara bisnis, maka BB mulai dipakainya untuk berkomunikasi.

“Sampai saat ini meski lemot dan suka hang, BBM tetap menjadi pilihan utama. Ada kelebihan BBM dibanding Whatsapp atau aplikasi socmed yang lainnya”

“Apa itu mas?”

“Sebagai seorang arsitek, komunitas kita sering membahas sebuah gambar secara mendetail dan diskusi itu bisa lebih dari sehari. Bila memakai Whatsapp, maka gambar yang kita diskusikan sudah entah dimana nyarinya karena ketumpuk oleh tulisan atau gambar yang lain”

“Jadi dengan BBM, kita bisa fokus pada satu gambar yang lengkap dengan komentar yang runut ya mas?”

“Benar mas. Diskusi jadi mengalir dan membuat kita tidak ingin beralih ke aplikasi socmed lainnya.”

“Masih ada kelebihan yang lain antara BBM dan Whatsapp mas?”

“Kelebihan BBM dibanding Whastapp ya hanya itu, tapi itu sudah sangat  cukup sebagai alasan untuk tidak mau pindah ke socmed yang lain”

“Lha kalau BB bangkrut gimana donk mas?”

“Hahahaha… cari aplikasi BBM di platform yang lain saja. Jangan-jangan nanti malah ada aplikasi BBM dengan platform khusus dan bisa dijalankan di ponsel nokia”

“Hahahaha….”

blackberry Z10

blackberry Z10

 

0 thoughts on “Kelebihan BBM dibanding Whatsapp

Tinggalkan Balasan