Kelebihan iOS7 dari Apple

“Apa saja kelebihan iOS7 dari Apple mas Eko?”

“Wah aku malah belum sempat mengunduhnya mas, ini lagi ada kesibukan lain”, jawabku.

Dalam hati aku berpikir, “ah.. apa bener iOS7 sudah keluar?”. Akhirnya ketika kesempatan datang, maka akupun langsung colok iPhone ke kompi dan ternyata harus update iTunes dulu sebelum bisa install iOS7. Ya sudah, segera kuklik tombol update iTunes dan sabar menanti sampai proses unduh dan install iTunes selesai.

Begitu unduh dan install iTunes selesai, maka munculah pemberitahuan tentang adanya iOS7 yang bisa diunduh secara langsung. Tidak tunggu lama, akupun langsung klik download dan …. hadeh ! Ternyata ukuran filenya sekitar 1,2 GB. Whatssss?

unduh iOS7

unduh iOS7

Dengan pandangan hampa kulihat proses unduh file sebesar 1.2 GB. Seperti tak percaya ketika kulihat proses unduh akan selesai dalam waktu beberapa menit saja. Wow… apa yang terjadi nih. Setengah tidak percaya akupun melanjutkan pekerjaanku sambil menunggu proses unduh iOS7 selesai. Ternyata apa yang tertera di layar monitor tidak salah, dalam waktu beberapa menit saja proses unduhan itu selesai.

Update iOS7

Update iOS7

Kulihat tampilan iPhone jadi beda dan ketika aku mulai menyapukan jari di iPhone, maka langsung terasa kalau iOS7 ini keren banget. Sangat simpel dan berkelas. Inilah beberapa kelebihan yang langsung terasa ketika memakai iOS7.

Camera disempurnakan dengan adanya tambahan filter. Bagi pengguna Android mungkin hal ini tidak menjadi suatu yang istimewa, tapi bagi pengguna iPhone, maka fasilitas ini lumayan membantu menciptakan efek foto sederhana yang cepat (instan).

 

Filter Camera iOS7

Filter Camera iOS7

Kalau jari disapukan pada layar “home”, maka akan langsung muncul Control Center. Tampilannya lumayan segar dengan mode transparant.┬áControl center akan memuat setelan Wifi, Bluetooth, kecerahan layar hingga lampu senter.

Control Centre iOS7

Control Centre iOS7

Pada tampilan di atas terlihat ada aplikasi Air Drop. Fungsinya adalah untuk memudahkan pertukaran file dari iPhone ke iPad. Seberapa mudahnya, aku harus menunggu setelah iPad diserahkan padaku, baru aku bisa membuktikannya.

Kalau kita coba jalankan browser bawaan iOS, Safari, maka terlihat tampilannya juga lebih minimalis dan bersih, sehingga nyaman digunakan di layar smart phone. Belum lagi adanya faslitas multitasking, pasti berselancar akan menjadi makin mudah. Pertanyaannya adalah apakah kemudahan ini akan dibayar dengan borosnya batere, tentu masih menjadi PR bagi produsen Apple. Seperti kita tahu, iPhone5 ternyata sangat boros baterenya.

Jangan lupa, ada juga fasilitas terbaru Apple Store yang akan melakukan pengunduhan secara otomatis bila tersedia sebuah update di apple store. Para pengguna iOS7 perlu mematikan fasilitas ini bila tidak ingin iPhone melakukan proses update aplikasi secara otomatis.

matikan auto update di iOS7

matikan auto update di iOS7

Masih ada beberapa kelebihan dari iOS7, antara lain wifi calls, find my iPhone dll, tapi perlu dicoba dulu untuk mengetahui apakah kelebihan ini memang sebuah kelebihan atau sebenarnya hanya biasa-biasa saja. Kalau iklannya sih, wifi calls yang mirip skype ini bisa melakukan panggilan telepon via jaringan wifi, tapi seberapa bersih kualitas suaranya masih perlu diuji coba dulu. Kalau ada di antara para pembaca yang pernah mencobanya, silahkan berbagi di kolom komentar.

Dari pihak Apple sendiri saat ini memang sangat konsens pada msalah security. Smartphone iPhone5S dengan iOS7 juga sudah memakai fasilitas pengenalan pemilik iPhone dengan menggunakan sidik jari. Dengan adanya aplikasi find my iPhone, maka bila iPhone5S dicuri akan sangat sulit digunakan oleh pencurinya. Isi data dari ponsel yang dicuri juga langsung bisa dihapus dengan adanya aplikasi find my iPhone.

Find my iPhone di iOS7

Find my iPhone di iOS7

Selamat mencoba. Kabari kalau ada hal-hal yang perlu dibagikan pada para pengguna iOS7. Terima kasih dan Salam sehati (748)

2 thoughts on “Kelebihan iOS7 dari Apple

Leave a Reply