ARGUS – Motion and Fitness Tracker

Membaca kemampuan “ARGUS – Motion and Fitness Tracker” yang tetap hidup dan mencatat pergerakan pemiliknya, meskipun ponsel mati selama 4 (empat hari), membuat aku tertarik untuk melakukan proses instalasi aplikasi ini di ponselku. Berita ini dimuat di tekno,kompas(dot)com dan kubaca melalui milis iPad Indonesia yang setia kuikuti.

Rupanya aplikasi ARGUS ini memanfaatkan prosesor pendamping M7 yang ada pada iPhone5, sehingga biarpun kita tidak melakukan instalasi aplikasi ini, tetapi begitu kita melakukan instalasi aplikasi ini, maka data kita sudah ada dan langsung bisa dipanggil.

Selesai install ARGUS, langsung sudah ada data

Selesai install ARGUS, langsung sudah ada data

Aplikasi ini juga bisa langsung disinkronisasikan dengn beberapa aplikasi yang sudah cukup terkenal antara lain aplikasi RunKeeper.

Sinkronisasi dengan aplikasi lain

Sinkronisasi dengan aplikasi lain

Lalu apa kelebihan aplikasi ini dibanding aplikasi sejenis?

Aku mencatat ada beberapa kelebihan aplikasi ini dibanding aplikasi sejenis, antara lain adalah sebagai berikut ;

1. Kita tidak harus mempunyai perangkat tambahan untuk mencatat pergerakan kita, meskipun disediakan juga fitur untuk sinkronisasi dengan piranti keras tambahan untuk mencatat denyut nadi kita melalui blue tooth dan sebagainya.

2. Ada aplikasi dari Azumio lainnya yang bisa langsung terintegrasi dengan ARGUS yaitu Heart Rate Monitor.

Heart rate monitor

Heart rate monitor

3. Jika aplikasi MOVE hanya mencatat pergerakan kita saat dihidupkan aplikasinya, maka aplikasi ARGUS bisa tetap hidup bahkan saat ponsel kita mati.

4. Aplikasi ARGUS mengkalim dirinya sebagai aplikasi yang paling hemat tenaga. Konsumsi “power” untuk menghidupkan aplikasi ini sangat sedikit (kecil).

Argus support prosesor M7

Argus support prosesor M7

Di antara berbagai keunggulan dari ARGUS, terdapat juga kelemahan mendasar, yaitu aplikasi ini hanya berjalan di ponsel bernama iPhone, aplikasi ini bahkan lebih sakti lagi saat dijalankan pada iPhone5s. Dengan demikian, bagi pengguna non Apple, pasti langsung menganggap aplikasi ini sebagai aplikasi tak berguna, sementara itu bagi pengguna ponsel Apple, maka aplikasi ini seperti berkah bagi mereka.

Kalau dulu ada yang membandingkan aplikasi MOVES dan UP Jawbone, maka rasanya perlu juga dibandingkan antara aplikasi ARGUS dengan Moves maupun UP Jawbone.

Kelebihan UP Jawbone pasti pada kecilnya perangkat yang harus dibawa untuk mendeteksi gerakan kita, sementara aplikasi ARGUS dan MOVES terpaksa harus selalu membawa ponsel, yang relatif lebih berat dibanding ponsel, kemana mereka pergi agar tercatat gerakan yang mereka lakukan.

Kelemahan UP Jawbone adalah pada piranti pendukungnya yang sangat kecil dan susah dicari bila hilang. Sementara itu aplikasi MOVES dan Argus akan berjalan baik asal kita masih mempunyai ponsel.

Bagi pengguna ponsel produk Apple, pasti tanpa pikir panjang akan mencoba kesaktian aplikasi ARGUS ini. Bagi pengguna iPhone 5s kelihatannya pasti sudah install aplikasi ini di iPhone mereka. Mungkin hanya beberapa orang, termasuk aku, yang baru hari ini mengenal ARGUS.

Aplikasi dari Azumio

Aplikasi dari Azumio

+++

 

3 thoughts on “ARGUS – Motion and Fitness Tracker

  1. Pingback: Endomondo

  2. Pada Poin 3

    3. Jika aplikasi MOVE hanya mencatat pergerakan kita saat dihidupkan aplikasinya, maka aplikasi ARGUS bisa tetap hidup bahkan saat ponsel kita mati.

    Sebenarnya itu bukan Fitur ARGUS nya.. tapi itu fitur M7 prosesor yang konon tetap kerja walaupun iPhone mati. Jadi MOVES pun akan tetap dapat data. Karena yang bekerja bukan aplikasi tapi M7 yang mana MOVES sama ARGUS tinggal ambil datanya.

    Dan lebih penting poin 3 ini hanya spesial di iPhone 5s.

    Mas Eko sudah make iPhone 5S?

    • Salam.

      Benar kata mas Jauhari. Bukan karena Argusnya, tetapi karena fitur co prosessor M7nya. Argus hanya memanfaatkan fitur dari M7.
      Kalau MOVES dimatikan dia tidak mencatat lagi, dia minta “tap to resume”, tapi saya memang lama belum nyoba MOVES lagi sejak pakai UP Jawbone.

      Besok saya coba untuk mematikan MOVES dan memastikan apakah dia bisa membaca saat aplikasi MOVES dimatikan.

      Dan memang yang paling penting, aplikasi ini hanya berlaku untuk iPhone5S dan saya sudah buktikan dengan iPhone5S saya.

      Salam sehati

Tinggalkan Balasan