Pilih LG G3, Xperia Z2 atau Samsung S5 ?

“Mas Eko, Pilih LG G3, Xperia Z2 atau Samsung S5 ?”

Pertanyaan ini pasti membuat aku bingung menjawabnya. Ketiganya ponsel Android kelas premium yang digdaya, selain ponsel iPhone5s di dunia iOS. Tidak mudah untuk memilih salah satu di antara 3 ponsel premium itu. Kita lihat saja sisi menarik dari masing-masing ponsel ini dulu.

Tahun lalu LG sudah sukses memperkenalkan ponsel kelas premium yang paling canggih yaitu LG G2. Tahun ini, LG rupanya ingin mengulang sukses LG G2 dengan meperkenalkan ponsel kelas premium yang dibuat sesederhana mungkin. Kelihatannya LG melihat kecenderungan para pengguna ponsel yang lebih suka langsung memakai ponsel tanpa harus membaca buku petunjuk penggunaannya.

Yang menarik dari LG G3 adalah cameranya yang biarpun hanya berukuran 13 MP, tapi memiliki fitur stabilisasi gambar optik. Bandingkan dengan camera Samsung S5 yang lebih besar megapikselnya tetapi tidak memiliki fitur stabilisasi gambar optik. Dalam hal kecepatan mencari fokus juga LG G3 menggunakan “laser auto focus” yang mempunyai kelebihan luar biasa. Koran Tempo menyebutkan bahwa waktu mencari fokus dari LG G3 lebih cepat dari waktu untuk mengejapkan mata.

Yang menarik lagi dari LG G3 adalah baterenya yang bisa dilepas, meskipun dari kapasitas terasa kurang besar. Batere LG G3 hanya 3.000 mAh sedikit lebih kecil dibanding batere Sony Xperia Z2 sebesar 3.200 mAh. Meski demikian batere LG G3 masih lebih besar dari Samsung S5 yang tidak sampai 3.000 mAh. Data di google ada yang menyebutkan kapasitas batere Samsung S5 2.600 mAh tapi ada juga yang menyebutkan kapasitas batere Samsung S5 adalah 2.800 mAh dan batere bisa dilepas, bukan unibody. Kelebihan lain dari LG G3 adalah proses pengisian ulang batere yang katanya bisa wireless (lihat spesifikasi dari situs LG di bawah ini).

Spesifikasi LG G3

Spesifikasi LG G3

Sistem operasi bawaan LG G3 terlihat sudah memanfaatkan kedahsyatan Android KitKat, beda dengan ponsel lain yang masih “upgradeable ke KitKat”. Memory internal dan eksternal juga sangat menarik. Ada seri LG G3 yang memory internalnya sampai 3 GB dan memory eksternalnya sampai 2 TB. Amazing !

Jadi saat ini, kalau Asus dianggap mengguncang pasar dengan jeroannya yang setara premium tetapi dengan harga setara non premium, maka LG G3 boleh dikata akan menjadi pesaing kuat dari Xperia Z2 dan Samsung S5.

Bagian layar LG G3 juga sangat memukau dengan quad HD (2560 x 1440 pixel), bandingkan dengan Samsung S5 yang hanya mempunyai resolusi Full HD 1920 x 1080 piksel atau sama dengan Sony Xperia Full HD 1920×1080 piksel. Quad HD dijamin kualitasnya sangat memukau. Seolah-olah tidak ada lagi beda antara gambar asli di hardcopy dengan tampilan gambar di layar LG G3.

.Lalu apa kelebihan Sony Xperia dibanding dua ponsel sekelas itu?

Xperia-z2-cinematic-experience-in-your-pocket

Xperia-z2-cinematic-experience-in-your-pocket

Kelihatannya Sony lebih cenderung menunjukkan kelebihannya dalam hal ketahanan ponselnya dari debu maupun air. Sony memakai standard tahan air (IP55 dan IP58) serta tahan debu (IP55). Dua hal yang tidak dipunyai oleh banyak ponsel kelas atas.

Sony saat ini memang lebih fokus untuk mengembangkan ponselnya dibanding mengembangkan jualan komputernya. Banyak produk Sony diluar ponsel yang sudah mulai ditinggalkan oleh pembelinya dan inilah saatnya Sony harus menggenjot jualan ponselnya. Tahun-tahun lalu adalah masa keemasan Sony di bidang handy cam, TV, laptop dll, tapi saat ini hanya ponsel yang masih dilirik oleh masyarakat. Tentu Sony berjuang keras untuk membuat ponselnya ini menarik banyak pembeli.

Sony Xperia Z2 diperkirakan harganya sekitar 8,5 juta, sementara itu Samsung S5 harga pre ordernya ada pada angka itu juga. Lalu bagaimana dengan harga LG G3? Kelihatannya harga LG G3 akan berada di atas dua pesaingnya itu. Kita tunggu saja kehadiran ponsel premium itu dan kita tunggu juga apakah yang disampaikan dalam iklan LG G3 sesuai kenyataan.

visual LG G3

visual LG G3

One thought on “Pilih LG G3, Xperia Z2 atau Samsung S5 ?

  1. Pingback: LG G3 dari LG G2

Tinggalkan Balasan