5 Tips Berguna Bagi Pemilik Gadget

5 Tips Berguna Bagi Pemilik Gadget

Sebenarnya apa sih yang dimaksud dengan gadget itu? Menurut beberapa sumber, gadget bisa diartikan sebagai alat atau perangkat berukuran kecil dan memiliki fungsi tertentu. Karena fungsinya yang semakin berkembang canggih dan membantu para penggunanya, gadget sudah semakin menjadi barang yang dimiliki oleh banyak kalangan. Dari laptop, smartphone, music player hingga tablet, banyak sekali jenis perangkat pintar yang kita gunakan setiap hari. Tapi apa yang terjadi jika gadget tersebut hilang, rusak dan tidak berfungsi sebagaimana mestinya? Selain mengganggu aktivitas dan pekerjaan kita, biaya yang kita keluarkan untuk memperbaiki atau menggantinya terkadang tidak sedikit. Ada baiknya Anda mengikuti tips-tips berikut ini untuk merawat gadget serta menghemat pengeluaran Anda.

1. Lindungi gadget Anda

Lakukan hal ini sejak saat pertama Anda membelinya. Hal termudah adalah dengan melindungi layar gadget Anda dengan screen protector. Pemakaian yang sering, ditambah dengan kebiasaan menyimpan di saku dan tas, membuat gadget Anda sering bersentuhan dengan benda lain yang dapat merusaknya. Jika Anda menggunakan cover atau tas saat menyimpannya, pastikan membeli yang berkualitas baik. Alih-alih melindunginya, cover berkualitas buruk malahan dapat membuat gadget kesayangan Anda menjadi lecet atau baret.

2. Bersihkan dan rawat secara teratur

Melindungi saja ternyata tidak cukup. Dengan pemakaian sehari-hari, debu dan kotoran akan menumpuk di laptop, smartphone dan tablet Anda. Mengetahui cara merawat bodi luar hingga cara membersihkan layar laptop dan gadget lainnya yang benar akan sangat berguna untuk memperpanjang umur gadget tersebut. Gunakan cairan pembersih khusus jika disarankan oleh produsen, namun pada umumnya gadget cukup dibersihkan dengan kain mikrofiber untuk mengurangi terjadinya goresan.

3. Upgrade software, aplikasi dan backup data

Setiap sistem operasi selalu memperbaiki kualitasnya secara berkala. Hal ini penting untuk memastikan sistem operasi aman dari serangan virus serta untuk menambah fitur-fitur baru. Takut kehilangan data-data Anda, seperti foto-foto bersama teman atau keluarga saat liburan? Back up data di tempat lain yang aman, seperti di external harddisk ataupun CD. Walaupun gadget seringnya dianggap sebagai barang berharga bagi beberapa orang, tetapi mungkin sebenarnya data atau foto yang ada di dalamnya adalah yang jauh lebih berharga.

4. Hindari aplikasi/ software bajakan atau dari pihak ketiga

Banyaknya aplikasi atau software bajakan dengan harga yang lebih murah dibandingkan dengan yang asli, sering membuat kita tergoda untuk mencobanya. Namun tidak sedikit dari aplikasi-aplikasi ini sudah disusupi dengan virus yang malahan dapat mengganggu kinerja gadget kita. Selain itu, aplikasi yang dikembangkan oleh pihak ketiga juga harus digunakan dengan hati-hati, hindari jika tidak benar-benar dibutuhkan. Aplikasi ini sering tidak sesuai dengan spesifikasi dan bisa mengganggu sistem operasi gadget Anda.

5. Beli asuransi atau perpanjangan garansi

Hal ini mungkin jarang dilakukan oleh para pengguna gadget, tapi ada baiknya kita manfaatkan . Sudah cukup banyak perusahaan asuransi, baik yang berdiri sendiri atau yang bekerja sama dengan dealer resmi, yang menawarkan polis dengan harga yang terjangkau. Dengan membeli asuransi, kekhawatiran kita mengeluarkan uang banyak pada saat gadget kita dicuri atau usak tidak sengaja akan teratasi. Pastikan Anda membaca syarat dan ketentuan secara seksama terebih dahulu. Di toko-toko tertentu, perpanjangan garansi dengan penambahan biaya biasanya juga ditawarkan pada saat membeli laptop atau gadget lainnya. Untuk Anda yang tidak suka gonta ganti gadget dan berencana memakainya dalam jangka waktu yang panjang, opsi ini bisa menjadi pilihan.

Samsung Galaxy Note

Samsung Galaxy Note

Semoga tips ini berguna bagi Anda!

+++

Artikel ini dari penulis tamu :

Banyu

Mavens of London

 

 

Tinggalkan Balasan