Endomondo

Kerja sama antara Facebook dan Endomondo memunculkan sebuah rasa baru. Kita bisa menyisipkan acara gowes kita bersama Endomondo dalam tulisan di web. Seperti sore ini aku berkeliling naik sepeda mengitari lapangan udara Halim Perdana Kusumah, sambil menenteng ponsel yang sudah kuhidupkan aplikasi Endomondonya.

Sampai lokasi finish segera kuunggah perjalanan gowes bersama Endomondo ini ke Facebook, Twitter maupun Foursquare. Tampilan yang muncul di Facebok langsung kutempelkan di artikelku dan munculah gambar seperti di bawah ini.

 

Acara Gowes Puasa di Jogja biasanya memang dilakukan pada sore hari dan secara rutin dilaksanakan setiap hari Minggu. Pak Djoko Luknanto, pak Joko Sumiyanto dan juga mas Mitrabani sangat aktif mengajak teman-teman goweser untuk ikut acara gowes puasa ini.

“Renang itu olah raga yang sangat baik, tapi aku tetap memilih olah raga sepeda”

“Mengapa ?”

“Karena sulit untuk berenang sambil ngobrol”

“Hahahaha…. ”

“Padahal bersepeda sambil ngobrol juga kurang baik lho kalau jalan sedang krodit (crowded)”

“Ada lagi mas, bersepeda itu juga lebih menyenangkan daripada jalan kaki”

“Mengapa?”

“Karena pada olah raga jalan kaki, akan ada saat seluruh berat tubuh ini hanya ditopang oleh sebuah kaki, bukan dua buah kaki. Bandingkan dengan olah raga bersepeda yang seluruh badan ditopang oleh banyak penopang”

“Hahaha.. iya bener mas. Ada dua kaki, tangan maupun pantat”

“Nah itu makanya pak Munawar itu disarankan untuk olah raga sepeda daripada jalan kaki”

Trend olah raga saat ini memang olah raga sepeda dan jalan kaki. Itu sebabnya jam tangan pintar sudah mulai bermunculan. Mulai dari Samsung Gear, Nike Band, Sony, LG dan mungkin sebentar lagi iWatch dari iOS. Semua wearable gadget itu diprediksi akan terus berkembang dan akan makin seru ketika iWatch dilaunching oleh Apple.

Aku dulunya pemakai gelang UP Jawbone, sebuah gelang yang sangat praktis dan bagiku sangat unggul dalam aplikasi dan kemudahan pakainya, baterenya juga tahan digunakan selama 5-7 hari. Sayangnya gelang itu sekarang nganggur karena tidak bisa diisi ulang baterenya. Maklum gelang itu setiap hari harus dilepas dan dicolokkan ke colokan speaker untuk transfer data, sehingga lama-kelamaan colokan itu menjadi berubah bentuk dan akhirnya rusak.

Download UP di Android

Download aplikasi untuk gelang UP Jawbone di Android

Saat ini Endomondo memang aplikasi paling laris di iOS maupun Android, bahkan di BB juga lumayan laris. Sayangnya aplikasi ini mungkin akan ditinggal penggunanya karena terlalu komersiil. Kita tunggu saja pesaing Endomondo bergerak, karena pesaing Endomondo tersebar banyak di internet dengan kelebihan masing-masing.

Aku sendiri setiap gowes selalu menghidupkan paling tidak 4 aplikasi, yaitu Endomondo, Strava, Run Keeper dan Runtastic Pro. Masih ditambah aplikasi yang selalu hidup secara otomatis yaitu Argus, Move dan MOtion-X. Argus bahkan tercatat tetap berjalan dengan baik meskipun ponsel mati total selama 4 hari.

Argus support prosesor M7

Argus support prosesor M7

Kalau ingin dapat badge GranFondo dari Strava, maka bisa jadi Endomondo akan menjadi pilihan ke dua. Namun dua aplikasi ini, saat ini masih bersaing ketat untuk memperebutkan diri sebagai aplikasi terlaris di dunia ponsel. Sayang saat berita ini ditulis, Strava belum bisa diinstal di ponsel B;ackberry seri lama atau seri 10. Dengan demikian untuk penggemar blackbery, pasti akan lari ke Endomondo.

4 thoughts on “Endomondo

  1. Pingback: Endomondo Strava Nike | Blogger Goweser Jogja

  2. Pingback: Gowes Bandung Jogja 2014 | Es Ha Pe Blogger Jogja

  3. Saya pernah mencoba dua aplikasi untuk Gowes pak, Strava & Endomondo. Entah kenapa, jatuh hatinya ke Strava. Mungkin bertemu kenalan baru di sana. :p hehee..
    Kalau ngomongi Strava.. KUDOS! untuk artikelnya heehee

    • Salam mas @Fajarembun

      Semuanya sebenarnya mempunyai kelebihan, pasti jadi bingung kalau mau milih salah satu, karena harus ada yang dikalahkan.
      Mas Fajarembun sudah memutuskan STRAVA, dan itu adalah pilihan yang bagus, karena memang STRAVA mantap banget. Teman-teman goweser yang sudah semi pro rata-rata memakai STRAVA dibanding Endomondo.
      Komunitas gowes amatiran yang kuikuti sebagian besar memasang Endomondo di gadget mereka. Aplikasi Run Keeper juga menarik, karena saat kita memakai aplikasi lain atau gadget selain ponsel, ternyata menawarkan Run Keeper sebagai aplikasi yang kompatibel dan terkait.
      Jadi ketika aku memakai gelang UP Jawbone, maka akan nyaman kalau juga install Run Keeper atau Strava, Sementara itu Endomondo juga selalu memberi tantangan tiap minggu, jadilah aku install semuanya.
      Hahahaha….

      Salam sehati (KUDOS !!!:-)

Tinggalkan Balasan