Lensa 3 in 1 untuk Ponsel

Lensa 3 in 1 untuk Ponsel yang kubeli dari Elevenia akhirnya datang juga. Beberapa teman sudah kujanjikan untuk mendapat testimoni tentang lensa ini, sehingga akupun menuliskannya disini, sekarang 🙂

Bungkus kotak lensa 3 in 1

Bungkus kotak lensa 3 in 1

Awal membuka paket ini aku agak sedikit bingung. Tertulis di kotaknya ada 3 (tiga) buah lensa, yaitu macro, wide dan fish eye, tetap kenapa yang ada hanya dua lensa. Aku bahkan sempat berburuk sangka pada temanku yang tadi duduk di depanku saat aku membuka bungkusan itu. Cuma menurutku tidak mungkin temanku yang mengambil, bahkan tidak sengaja terambil juga tidak mungkin, posisi duduk temanku jauh dari lensa yang ada di depanku persis.

Akhirnya ketololanku terjawab sendiri, ternyata lensa wide angle itu tidak bisa berdiri sendiri. Dia harus menempel dengan lensa macro agar bisa dipasang di ponsel. Akupun kembali memutar otak, tiga lensa sudah ketemu tetapi bagaimana caranya memakai macro saja atau memakai wide angle saja.

Lama-lama keingintahuanku untuk mencoba lensa ini lebih besar dibanding mencari cara memakai lensa macro secara sendirian tanpa digabung dengan lensa wide angle. Akupun segera memasang lensa 3 in 1 ini di ponselku dan mulai jepret sana, jepret sini.

Lensa Fish Eye dipoto memakai lensa makro dan wide angle

Lensa Fish Eye dipoto memakai lensa makro dan wide angle

Hasilnya memang tidak sempurna, tapi sudah cukup memadai untuk kualitas camera ponsel. Akupun kembali mecoba memakai lensa fish eye dan hasilnya kurang lebih sama dengan kualitas lensa macro plus wide.

Kesulitan memasang lensa ini membuatku kembali mencari jenis lensa 3 in 1 lain yang mungkin lebih praktis. Ternyata banyak sekali ragam lensa 3 in 1 ini. Ada yang dibuat khusus untuk iPhone, sehingga sangat mudah memasangnya. Dijamin posisi lensa pasti pas dengan lensa asli iPhone, berbeda dengan model yang kubeli. Perlu penyetelan yang lebih ribet dibanding merk yang lebih mahal.

3-in-1-Lens-Wide-Macro-Fisheye-untuk-iphone-4-4s-lensa-wide-macro olloclips

3-in-1-Lens-Wide-Macro-Fisheye-untuk-iphone-4-4s-lensa-wide-macro olloclips

Model lain dari ebay, terlihat lebih praktis juga. Tentu saja harganya berbeda juga.

Lensa 3 in 1 dari ebay web

Lensa 3 in 1 dari ebay web

Jadi akhirnya aku harus puas dengan lensa 3 in 1-ku yang murah meriah.

Lensa Fish Eye lensa macro dan wide dipoto memakai Canon 6D

Lensa Fish Eye lensa macro dan wide dipoto memakai Canon 6D

Dari sisi kepraktisan, lensa 3 in 1 untuk ponsel memang menjanjikan, tapi dari sisi hasil terjadi penurunan kualitas lensa, meskipun sangat sedikit. Ini hal yang normal mengingat dudukan lensa 3 in 1 yang tidak pas dan kualitas lensa 3 in 1 yang tidak lebih baik dibanding lensa asli bawaan ponsel.

Untuk yang tidak terburu-buru, maka berbagai macam lensa 3 in 1 tetap dapat dipakai, tetapi kalau ingin yang langsung siap jepret, maka lensa 3 in 1 yang lebih mahal memang lebih mudah pemasangannya. Tinggal sesuaikan saja kantong dengan keinginan memakai lensa yang bercitra beda.

Macro dari lensa ini menurutku masih agak susah dipakai dibanding lensa fish eye yang langsung nyetel. Proses mencari fokus lensa agak lambat, mungkin kalau memakai LG G3 proses ini bisa lebih cepat, mengingat keunggulan LG G3 memang salah satunya ada pada kecepatan mencari fokus gambar. LG G3 memang selangkah lebih canggih dibanding LG G2 yang tadinya sudah diklaim sebagai ponsel tercanggih di tahun ini.

Sekarang tergantung konsep kita memotret mau seperti apa?

Mau yang kualitasnya bagus sekali tetapi harganya jangan terlalu mahal, silahkan pilih camera DSLR Canon 6D atau Nikon D7000. Kalau di bawah itu ada Canon 70D atau Nikon D5100. Konsepnya untuk travelling bisa pilih camera prosumer atau mirrorless. Di kelas ini ada banyak pilihan, mulai dari Pentax, Olympus, Fuji, Sony atau Canon EOS.

Nah, kalau konsepnya hanya sekedar tampil praktis dan tidak membawa camera yang berat, mak alensa 3 in 1 ini jelas yang paling cocok, tinggal sesuaikan harga lensa dengan ketebalan kantong kita. Harga lensa 3 in 1 punyaku ini hanya 82.800 saja, jauh di bawah harga lensa 3 in 1 dari OlloClip yang harganya mencapai £280,000

 

8 thoughts on “Lensa 3 in 1 untuk Ponsel

  1. Info yang bermanfaat, soalnya banyak juga yang punya kamera hp dengan piksel pas-pasan tapi ingin hasil bagus, sdgkan klo hrs beli kamera lagi low budget…ini jadi solusi yang oke bangett.. cek nih yang bagus dan lagi diskon disini >> http://goo.gl/lDPPn9

Tinggalkan Balasan