Garmin Forerunner 920xt

Garmin Forerunner 920xt muncul saat ini sebagai pembaharu seri sebelumnya yaitu forerunner 910xt. Alat ini memang sangat bermanfaat bagi atlit Triahlon, namun disamping itu juga sangat bermanfaat bagi mereka yang ingin membatasi kecepatan detak jantung per menit, biarpun dia bukan seorang atlit, apalagi dia adalah pecinta olah raga gowes alias bersepeda.

Gowes Sehat adalah tujuan semua goweser. Mereka tentu tidak mau sudah capek-capek gowes kesana kemari tapi yang didapat hanya capek tanpa manfaat. Gowes sehat juga menjauhkan diri dari kondisi yang tidak diinginkan, misalnya tiba-tiba tergeletak di tengah jalan ketika sedang mengayuh sepeda. Biasanya hal itu terjadi karena sang goweser memaksakan diri untuk tetap mengayuh sepedanya meskipun kondisi badannya harusnya mengharuskan dia berhenti mengayuh sepeda. Jantung memang bisa tiba-tiba berhenti bila terlalu kencang dalam memompa darah.

Batasan umum dalam bersepeda biasanya diambil gampangnya adalah di angka (220-umur) detak jantung per menit. Misalnya umur 50 tahun, maka detak jantung maksimal per menit adalah 220-50 atau sama dengan 170 detak per menit (BPM). Alat pengukur detak jantung (heart beat) bagi pesepeda misalnya adalah Garmin Forerunner 910xt. Dengan adanya alat itu, maka pesepeda akan bisa memantau berapa bpm (beat per minutes) detak jantungnya saat mengayuh sepeda, dengan demikian sepeda bisa dihentikan kayuhannya bila sudah melebihi batasan (220-umur).

Garmin Forerunner 910XT

Garmin Forerunner 910XT

Selama ini aku memang mengandalkan Garmin Forerunner 910xt untuk memantau berapa bpm detak jantungku. Meskipun badan masih terasa sanggup tapi kalau bpm sudah menunjukkan batasan angka maksimal, maka biasanya aku langsung turun dari sepeda. Yang pertama kulakukan adalah berhenti naik sepeda dan kemudian jalan kaki saja sambil menuntun sepeda. Ternyata metodeku ini salah, yang benar katanya berhenti saja dan diam beberapa detik sampai turun jumlah detak jantungnya, kalau detak jantung sudah mulai turun maka kita bisa naik sepeda lagi dan meneruskan olah raga sepeda kita.

Garmin Forerunner 910xt memang sangat ideal untuk membantu mengawasi detak jantung kita. Alat itu selain mencatat kecepatan sepeda, jarak tempuh juga bisa dipakai untuk mencatatat track rute kita bersepeda. Setelah selesai proses pencatatan, maka semua catatan itu akan bisa diunduh melalui Garmin connect melalui PC ke situs Garmin kita. Proses tarnsfer data ini dilakukan melalui USB khusus yang ditancapkan ke port USB di PC dengan catatan piranti garmin tidak terlalu jauh dari USB tersebut.

VO2 maksimal di Forerunner 920XT

VO2 maksimal di Forerunner 920XT

Model paling baru dari Garmin Forerunner adalah seri 920xt. Beberapa kelebihan yang menggiurkan dari seri terbaru ini adalah adanya fitur komunikasi melalui Bluetooth. Dengan demikian semua data bisa langsung masuk ke ponsel kita tanpa melalui PC lagi. Cukup install Garmin Connect di ponsel kita dan komunikasi antar ponsel dan garmin akan lancar.

Forerunner 920XT dan Garmin connect

Forerunner 920XT dan Garmin connect

Kelebihan dari Garmin Forerunner 920xt dibanding seri terdahulu 910xt antara lain adalah sebagai berikut :

1. Memakai fitur komunikasi tanpa kabel (wireless) dengan bluetooth.

2. Lebih tipis dan lebih ringan.

3. Kualitas layar yang lebih bagus

4. Ada fitur GPS yang lebih sempurna

5. Estimasi VO2 maksimal

6. Tampilan lebih keren

Forerunner 920XT lebih keren bentuknya

Forerunner 920XT lebih keren bentuknya

Jam tangan forerunner 920xt memang punya dimensi dan bobot yang lebih kecil, sehingga lebih nyaman dipakai saat melakukan oleh raga lari, renang maupun bersepeda. Hal ini sesuai dengan fungsi jam ini yang bisa dipakai untuk atlit triathlon, baik yang profesional maupun yang masih pemula.

Layarnya juga mempunyai peningkatan yang cukup signifikan dibanding pendahulunya. Lebih carah dan tajam, sehingga lebih mudah terlihat meskipun di tempat yang tidak begitu terang. Bandingkan dengan seri terdahulu yang harus dilihat dibawah cahaya lampu.

Di Garmin Forerunner 920xt juga diberi fitur yang akan mengukur estimasi VO2 maksimal, sehingga bisa diketahui tingkat kebugaran sang atlit. Dari segala kelebihan di atas, maka tidak bisa dipungkiri bahwa forerunner 920xt memang terlihat lebih keren dan memang lebih canggih.

Forerunner 920XT dengan Bluetooth

Forerunner 920XT dengan Bluetooth

+++
Info harga Garmin Forerunner 910xt baru sekitar 5 juta, sedangkan untuk seri yang lebih baru adalah sebagai berikut :

Forerunner® 920XT

Part Number: 010-01174-00
$449.99 USD
Processing time is 3–5 weeks.

Kalau lihat harga rupiah yang melemah terhadap dolar Amerika sampai 12.000 per dolar, maka harga jam ini menjadi lumayan mahal. Belum termasuk macam-macam pajak harganya sudah hampir 6 juta rupiah. Jadi kalau mau beli tunggu dulu sampai rupiah menguat lagi.
Salam sehati

5 thoughts on “Garmin Forerunner 920xt

  1. Pingback: Garmin Forerunner 235 - Info seputar Gadget

  2. Pingback: Garansi Forerunner 920xt

  3. Pingback: Garmin forerunner 920xt

Tinggalkan Balasan