Sehat bersama Strava

Aku pernah menulis tentang Endomondo yang berjalan di semua platform ponsel pintar dan sekarang aku menulis lagi tentang Strava. Aplikasi ini sangat populer di kalangan teman-temanku, sehingga aku akhirnya membatalkan keanggotaan premium di Endomondo. Akupun beralih ke Strava dan mengajak teman-teman untuk Sehat bersama Strava !

Kelemahan strava ternyata ada di Blackberry (BB), hanya BB model passport yang bisa menjalankan aplikasi Strava yang berbasis android. Aku sudah mencoba install Strava di BB Z10 dengan memanfaatkan mobomarket dan sukses diinstall, tetapi ternyata tidak bisa dijalankan. Diperlukan install Google Play di BB Z10 dan ketika sukses tak install ke BB Z10, ternyata aplikasi Google play tidak berjalan sempurna dan Strava di BB-pun akhirnya gagal terinstall.

Gran Fondo 11

Gran Fondo 11

Yang menarik dari Strava adalah adanya tantangan untuk bersepeda sejauh 130 km dalam sehari. Strava menyebutnya tantangan Gran Fondo dan ternyata banyak pengguna strava yang sudah berhasil menempuh jarak itu dalam sehari. Merekapun mendapat penghargaan dari Strava berupa kesempatan untuk membeli kaos Gran Fondo. hanya mereka yang sudah meraih badge Gran Fondo yang berhak untuk memesan kaos khusus itu.

Strava dot com running-app

Strava dot com running-app

Ada banyak tantangan di aplikasi Strava, sama juga dengan adanya tantangan di aplikasi Endomondo, sehingga olah raga bersepeda menjadi lebih asyik. Kita bisa melihat perkembangan kebugaran badan dengan melihat kegiatan bersepeda yang dicatat dengan sangat baik oleh Strava. Seolah-olah kita mempunyai sekretaris yang tidak hanya setia dan teliti, tapi juga cerdas.

Gran Fondo 11 eshape

Gran Fondo 11 eshape

Dari data di atas terlihat bahwa aku masuk di jajaran 10 besar pencapai Gran Fondo untuk bulan 11 tahun 2014. Data ini akan bergerak terus sesuai dengan kegiatan para pengguna Strava. Inilah yang membuat olah raga bersepeda menjadi makin menarik, dengan catatan jangan sampai memaksa diri untuk menjadi terbaik di tantangan ini dan melupakan kondisi badan kita sendiri.

Untuk itulah aku selalu memakai jam Garmin Forerunner 910xt untuk memudahkanku memantau kondisi denyut jantung per menit (beats per minutes) agar tidak “kebablasan” dan tahu-tahu jatuh di tengah acara bersepeda. Beberapa pesepeda memang sering menyepelekan perlunya memantau detak jantung kita (heart rate). Mereka sanggup membeli sepeda berharga juta-jutaan, tapi berpikir panjang sebelum membeli Garmin Forerunner 910xt.

Beberapa aplikasi kesehatan berolah-raga memang banyak sekali di internet, mulai dari Endomondo, Runkeeper, Strava dan lain-lain, tetapi Strava kupilih karena lebih asyik dipakai dalam pertemanan di komunitas sepeda WSKT Jakarta. Kita bisa saling membandingkan kegiatan kita dalam bersepeda dengan kawan kita dan bisa dipakai untuk memacu semangat berolah-raga.

Dwi Agus vs Eshape

Dwi Agus vs Eshape

Kombinasi Strava, Endomondo dan Garmin Forerunner 910xt rasanya sudah sangat memuaskan, sayangnya aplikasi ini tidak bisa semua dijalankan di OS Blackberry versi lama atau versi BB Z10, Hanya Blackberry Passport yang bisa menjalankan aplikasi Android, sehingga tidak semua BB bisa menjalankan Strava. Sayangnya harga BB Passport terlalu mahal, sehingga Strava masih belum banyak dijadikan teman bersepeda bagi para pengguna BB.

Kawanku yang tadinya setia dengan BB, akhirnya beralih ke ponsel lain, karena di ponsel lain itu bisa menjalankan aplikasi Strava dan juga tetap dapat ber-BB ria dari ponsel barunya. Saat ini pasar BB terus tergerus dan makin terbenam di dunia ponsel pintar. Pasar penjualan BB tahun ini tidak bisa lebih dari 1%, kabarnya malah turun menjadi sekitar 0,7% saja. Menurutku ini sebuah warning serius, tapi BB justru punya strategi yang berbeda. Mereka justru menjual harga BB Passport dengan harga yang sangat premium !:-)

Blackberry Passport

Blackberry Passport

 

One thought on “Sehat bersama Strava

  1. Pingback: Aplikasi Strava sahabat Goweser

Tinggalkan Balasan