Tidak ada iWatch

Banyak bermunculan wearable canggih di tahun 2014 ini, tapi beberapa orang tetap setia menunggu munculnya iWatch dan jawaban Apple untuk iWatch saat ini adalah “Tidak ada iWatch di tahun 2014 maupun 2015 !!!”. Loud and clear….

Bermunculannya berbagai jenis jam tangan pintar dari berbagai vendor telah membuat pengguna wearable gadget menjadi kebingungan. Semua gadget mempunyai fungsi yang mirip-mirip dengan kelebihan masing-masing dan kekurangan masing-masing. Samsung telah merilis cukup lama gear Samsung, baik yang dijual terpisah maupun yang bundled dengan produk Samsung, demikian juga LG. Dengan adanya gadget ini fungsi jam akan menjadi sedikit berubah.

Saat ini tidak hanya waktu yang mereka perlukan, tetapi lebih dari sekedar waktu. Masyarakat ingin sebuah jam bisa menjawab telepon atau SMS, bisa mengetahui detak jantung setiap menit (beat per minutes/BPM), bahkan bisa memotret.

Temanku yang hobi sepeda, selalu memakai Gear dari Samsung untuk mengetahui apa yangtelah dilakukannya selama bersepeda dan kemudian menganalisanya untuk memperoleh manfaat dari perencanaan yang baik tentang olah raga pribadinya. Temanku yang lain, ada yang rajin bertanya tentang gelang UP yang selalu kupakai untuk merekam kegiatanku bergerak setiap harinya.

Intinya mereka ingin tidak hanya sekedar penunjuk waktu tapi sesuatu yang selain menunjukkan waktu, juga bisa dipakai untuk memberitahukan hal-hal yang lain.

“Saya itu paling malas pakai jam mas Eko, karena untuk tahu jam berapa cukup buka ponsel yang selalu ada di genggaman”

“Lho mas Eko pakai jam tapi tidak tahu jam berapa? Lalu yang dipakai itu apa ? Bukan jam ya?”

“Wah saya juga mau pakai itu mas, bisa untuk menunjukkan jam dan bisa dipakai juga untuk mengetahui hari ini kita jalan kemana saja”

Forerunner 920XT dan Garmin connect

Forerunner 920XT dan Garmin connect

Berbagai macam komentar kuterima saat aku memakai Garmin Forerunner 910xt sebagai asisten pribadi dalam hal bersepeda, renang maupun lari. Wearable dari garmin ini memang cocoknya untuk atlit triathlon, tapi nyaman juga sebagai asisten pribadi yang sangat cermat menghitung kecepatanku bersepeda, maximal mapun rata-rata capaian heart rate, rpm dan lain sebagainya. Untuk seri yang baru Garmin Forerunner 920xt lebih canggih lagi, karena bisa mengukur VOmax, pakai BT dan berwarna tidak hanya hitam putih.

Google malah sampai saat ini masih berkutat dengan kaca mata pintarnya yang diyakini akan membuat dunia terperangah dengan kecanggihannya. Meskipun masih model beta, tapi kaca mata gugel (Google Glass) sangat ampuh dalam mengambil gambar tanpa pejet sana-pejet sini, cukup dengan perintah suara saja.

Agaknya Google ingin mempersiapkan diri menyambut munculnya gadget terbaru dari Apple. Selalu ada yang baru dari Google dan harus lebih canggih dari produk Apple dan saat ini namanya adalah Google Glass. Piranti ini bisa berfungsi sebagai navigator yang handal dan sangat cocok bagi pengendara sepeda maupun pengendara angkutan yang lain.

Penggemar wearable yang bisa dipakai untuk tracking GPS mungkin tertarik dengan berbagai macam fungsi yang ditawarkan oleh berbagai macam vendor wearable, tetapi tetap saja ada sesuatu hal yang mereka inginkan segera muncul barangnya. Mereka ingin tahu ujud dari iWatch produk Apple dan ternyata jawaban Apple sudah jelas “Tidak ada iWatch”

Apple Watch

Apple Watch

Berbeda dengan produk Apple yang selalu diberi label “i” kecil di depan nama produknya, kali ini bukan iWatch yang muncul tetapi Apple Watch. Gadget seharga sekitar 4 jutaan ini, lebih murah dari Garmin Forerunner 910xt, akan diproduksi secara global tahun 2015.

Dengan Apple Watch, penggemar olah raga juga akan dimudahkan dengan fungsinya sebagai asisten pribadi yang baik. Apple akan memberitahu kita, misalnya dalam sehari berapa lama waktu yang dipakai untuk duduk, berjalan ataupun melakukan kegiatan lainnya.

Akhirnya semua akan kembali pada kebutuhan kita, jangan membeli sesuatu kalau tidak butuh banget karena keinginan itu memang menggoda dan sumber penderitaan.

Apple Watch

Apple Watch

+++

“Seperti Matahari” (IWan  Fals)

Keinginan adalah sumber penderitaan
Tempatnya didalam pikiran
Tujuan bukan utama
Yang utama adalah prosesnya

Kita hidup mencari bahagia
Harta dunia kendaraannya
Bahan bakarnya budi pekerti
Itulah nasehat para nabi

Ingin bahagia derita didapat
Karena ingin sumber derita
Harta dunia jadi penggoda
Membuat miskin jiwa kita

Ada benarnya nasehat orang orang suci
Memberi itu terangkan hati
Seperti matahari
Yang menyinari bumi
Yang menyinari bumi

Ingin bahagia derita didapat
Karena ingin sumber derita
Harta dunia jadi penggoda
Membuat miskin jiwa kita

Keinginan adalah sumber penderitaan

Tinggalkan Balasan