Aplikasi wajib untuk pesepeda

“Aplikasi wajib untuk pesepeda?”

Pasti banyak pesepeda yang menjawab dengan jawaban berbeda, meskipun ponsel mereka sama dan setiap bersepedaan selalu bersama-sama. Kalau model sepedanya berbeda dan poselnya juga berbeda, pasti jawaban akan lebih beragam.

Misalnya penggemar sepeda RB (Road Bike) dan ponsel Android cukup dengan menginstall aplikasi Strava sudah memadai untuk kegiatan sehari-harinya. Penggemar MTB (Mountain Bike) dengan ponsel iPhone mungkin akan meilih aplikasi Endomondo saja, sementara itu apapun sepedanya kalau ponselnya Blackberry model lama pasti tidak akan menginstal aplikasi Strava. Hanya pengguna Blackberry Passport yang bisa install aplikasi Strava di ponselnya.

Semua aplikasi memang mempunyai kelebihan masing-masing. jadi silahkan memilih sendiri aplikasi apa yang paling cocok untuk anda, para penggemar sepeda.

1. Strava

2. Endomondo

3. RunKeeper

4. Instagram

5. InstaWeather

6. Line Camera

7. Connect (optional untuk pemakai Garmin)

Aplikasi Endomondo

Aplikasi Endomondo

Mari kita lihat satu per satu.

STRAVA adalah aplikasi yang menarik karena banyaknya tantangan dan aplikasinya yang sangat sederhana. Tantangan yang umum adalah tantangan bersepeda 130 km dalam sehari, hadiahnya adalah sebuah badge Gran Fondo. Dengan modal badge itu, maka kita berhak membeli sebuah kaos bertuliskan Gran Fondo. Warna kaos berubah setiap bulan, sehingga setiap bulan yang sudah pernah mendapat badge tertantang untuk mencari badge bulan berikutnya.

Kalau diperhatikan, para pengguna aplikasi Strava adalah mereka yang serius menangani hobi sepedanya. Rata-rata setiap kali keluar bersepeda, mereka melahap rute sekitar 30 km dan yang ekstrem sekitar 100 km.

Pilih aplikasi yang kumau

Pilih aplikasi yang kumau

ENDOMONDO merupakan pesaing berat dari Strava, karena penggemarnya lebih beragam dan pilihan olah raganya lebih banyak. Beda dengan Strava yang belum dapat dijalankan pada ponsel Blackberry kecuali BB Passport, maka Endomondo dapat berjalan di semua sistem operasi ponsel. Karena penggunanya lebih beragam, mulai yang kelas gowes 10 km, sampai yang kelas 100 km, maka aplikasi ini terasa lebih populer dibanding dengan aplikasi lainnya.

RUNKEEPER merupakan aplikasi yang tidak sepopuler Strava ataupun Endomondo, tetapi aplikasi ini paling banyak dijadikan referensi aplikasi lainnya untuk penyedotan data olah raga. Misalnya UP atau Argus, data kesehatan mereka diambil dari RunKeeper, sehingga cukup menjalankan RunKeeper saja, aplikasi UP atau Argus sudah bisa terisi data kesehatannya.

INSTAGRAM. Siapa tidak kenal dengan Instagram, inilah aplikasi terpopuler untujk sharing foto kita dengan kelengkapan fitur yang memadai. Ukuran gambar memang sedikit berbeda dengan ukuran gambar yang umum, yaitu model bujur sangkar, tetapi ternyata bahkan camera juga sudah maskin banyak yang mengadopsi fitur Instagram. Tidak elok rasanya kalau bersepeda kemana-mana tetapi tidak punya momen khusus yang diabadikan dengan instagram.

INSTAWEATHER merupakan aplikasi yang membuat Instagram tampil lebih menarik. Dengan hasil foto yang kemudian diolah memakai Instaweather, maka hasil foto kita akan mempunyai data lokasi, suhu dan beberapa model data yang cukup menarik. Setelah diolah memakai Instaweather, maka selanjutnya foto hasil olahan bisa diupload memakai aplikasi Instagram.

Mie Sehati dalam Instagram dan Instaweather

Mie Sehati dalam Instagram dan Instaweather

Line Camera, mempunyai banyak fitur menarik, tetapi untuk saya, lebih banyak dipakai untuk mempercantik olahan foto tanpa memikirkan banyak tombol atau aturan. Dengan aplikasi Line Camera, maka foto jepretan dapat diatur gelap terangnya, baik secara manual maupun otomatis. Hasil foto dari berbagai model pengambilan akan bisa diresize sesuai kemauan kita. Bila pengambilan foto memakai mode memanjang, maka bisa ditur agar ukurannya menjadi bujur sangkar misalnya.

CONNECT (optional untuk pemakai Garmin) memudahkan pengguna gadget Garmin dalam melakukan sinkronisasi antara ponsel dan gadget Garmin. Untuk ini dibutuhkan model Garmin yang mempunyai jenis koneksi Bluetooth (BT). Garmin Forerunner 910xt sampai saat ini belum bermanfaat banyak untuk aplikasi Connect, penerusnya Forerunner 920xt lebih cerdas karena sudah mempergunakan BT untuk komunikasi antar gadget.

Selamat mengunduh aplikasi wajib untuk pesepeda di atas, pilih yang sesuai kebutuhan. Salam sehati.

Gran Fondo XII

Gran Fondo XII

7 thoughts on “Aplikasi wajib untuk pesepeda

  1. Mas mau tanya, utk pengguna fenix 3 hr Aplikasi yg mendukung apa saja? Terima kasih mas Eko, semoga Jaya selalu

    • Aplikasi yang wajib di PC adalah Garmin express.
      Sedang di ponsel cukup Garmin Connect selain aplikasi pilihan (salah satu) dari Styrava, Endomondo dll
      Aplikasi tambahan yang menarik Garmin FaceiT
      Selain itu masih banyak aplikasi di Garmin, tapi untuk Fenix3 HR itu saja sudah cukup kok 🙂

  2. Pingback: Aplikasi Strava sahabat Goweser

    • Salam @Christopher

      Kutuliskan di artikelku seperti ini :
      “ENDOMONDO merupakan pesaing berat dari Strava, karena penggemarnya lebih beragam dan pilihan olah raganya lebih banyak. Beda dengan Strava yang belum dapat dijalankan pada ponsel Blackberry kecuali BB Passport, maka Endomondo dapat berjalan di semua sistem operasi ponsel. Karena penggunanya lebih beragam, mulai yang kelas gowes 10 km, sampai yang kelas 100 km, maka aplikasi ini terasa lebih populer dibanding dengan aplikasi lainnya”

      Tks komentarnya.
      Salam sehati

Tinggalkan Balasan