Garmin Forerunner 920xt

Garmin Forerunner 920xt akhirnya sampai di tanganku setelah cukup lama memesan ke agen resmi Gramin. Awal pemesanan dijanjikan akan datang barang pada awal Desember 2014, sehingga semua pemesan Forerunner 920xt lewat aku, sangat antusias untuk mencobanya dalam kegiatan bersepeda BluXpit Bandung Jogja 400 km dalam rangka ulang tahun UGM ke 65. Ternyata pada bulan Nopember akhir muncul pemberitahuan bahwa forerunner 920xt belum bisa masuk Indonesia pada bulan Desember, tetapi baru Januari 2015 bisa masuk ke Indonesia.

Namun kemarin sore ada telepon dari toko Garmin dan akupun langsung meluncur untuk mengambil jam tangan Garmin Forerunner 920xt. Rupanya banyak penggemar Garmin seri forerunner 920xt, sehingga begitu sampai toko, semua barang sudah habis diambil oleh yang punya, kecuali pesananku. Barang yang masih ada di toko rupanya justru milik yang punya toko. Tentu aku jadi makin penasaran untuk segera membuka gadget ini, kawan-kawanku yang ikut memantau perjalanan pemesanan forerunner 920xt rupanya ikut memanaskan suasana dengan memesan lagi beberapa buah. Tercatat ada 4 buah pemesanan baru lagi, yang masih dijanjikan akan datang paling cepat Januari 2015.

Forerunner 920xt

Garmin Forerunner 920xt

Begitu Garmin Forerunner 920xt dihidupkan, maka muncul beberapa pertanyaan yang harus dijawab, anatra lain tentang data pemilik sekitar berat badan, tinggi badan, umur dan lain-lain. Pertanyaan standard selesai, langsung masuk ke aplikasi pilihan. Apakah ingin memakai forerunner 920xt untuk lari, renang atau bersepeda. Setelah itu segera masuk ke menu setting dan lakukan sinkronisasi dengan ponsel yang kita punyai. Forerunner memang menyenangkan, karena bisa langsung terkoneksi dengan ponsel tanpa harus melewati PC.

Banyak peningkatan fiturย di Garmin Forunner 910xt yang disempurnakan di versi forerunner 920xt ini, antara lain sebagai berikut :

1. Memakai fitur komunikasi tanpa kabel (wireless) dengan bluetooth.
2. Lebih tipis dan lebih ringan.
3. Kualitas layar yang lebih bagus
4. Ada fitur GPS yang lebih sempurna
5. Estimasi VO2 maksimal
6.ย Tampilan lebih keren

Garmin Forerunner 920xt

Garmin Forerunner 920xt

Letak tombol juga lebih simple dibanding pendahulunya. Penunjuk waktu (jam) juga sangat berbeda dibanding 910xt yang sangat kecil, kali ini 920xt tampil lebih trendi dan angkanya lebih besar. Penunjuk jam langsung terkoneksi dengan GPS, sehingga memerlukan membawa perangkat ini ke luar ruangan dan melakukan sinkronisasi agar jam yang ditunjukkan sesuai dengan jam dunia.

Paling kiri atas, sama dengan yang dulu, forerunner 920xt juga memasang tombol on|off. Di bawahnya ada tombol pilihan mode, sama dengan pendahulunya. Untuk sisi kanan, maka ada tombol naik turun yang sangat nyaman ditekan, tidak seperti pendahulunya yang terkesan tidak ramah dan tidak ergonomis.

Di sisi bawah forerunner ada tombol BACK yang bermanfaat untuk bergerak ke layar sebelumnya, di samping kanannya terdapat tombol ENTER yang berfungsi untuk menentukan pilihan dan berfungsi juga untuk menyatakan latihan dimulai (Start) dan diakhiri (Finish).

Keunggulan Garmin Forerunner 920xt yang paling terasa adalah adanya fasilitas Bluetooth, sehingga proses sinkronisasi berjalan lebih mulus dan langsung terkoneksi dengan ponsel. Yang diperlukan adalah aplikasi Garmin Express dan Garmin Connect yang dipasang di PC untuk memudahkan proses editing maupun proses sharing.

Saat kubeli harga Garmin Forerunner 920xt adalah 6 juta atau satu juta lebih mahal dibanding versi 910xt versi lengkap. pada garmin Forerunner 920xt, dalam kotak hanya terdapat kabel charger sekaligus kabel data untuk aplikasi Garmin Express, strap untuk mengukur heart rate dam manual yang sangat kecil dan tipis. Pada kotak 920xt tidak ada antene yang dipasang di sepeda untuk mengukur rpm, jarak tempuh dan lain-lain.

Meski begitu piranti ini ternyata laris manis, langsung habis begitu didatangkan. Akupun merasa cocok dengan alat ini dan nanti alat ini akan menemani kembalinya Polygon Heist 5 yang berbulan-bulan sembunyi di ruang bawah. Apakah anda perlu membeli piranti ini ? Nanti dulu, periksa dulu seberapa butuh anda dengan alat ini dan seberapa besar manfaat alat ini dibanding dengan uang yang harus dikeluarkan. Bagi atlit triatlon, pasti alat ini sangat berguna, tapi untuk atlit amatiran belum tentu semua fitur pada piranti ini bermanfaat dan bisa digunakan.

Teliti sebelum membeli.

Forerunner 920xt

Garmin Forerunner 920xt

+++

18 thoughts on “Garmin Forerunner 920xt

  1. Pingback: Install Garmin Fenix 3

  2. Pingback: Garansi Forerunner 920xt

    • Salam.

      Yang pertama harus install garmin connect dan garmin express. setelah itu cari social network di strava dan bisa dikoneksikan.
      Bila sudah terkoneksi, bisa juga diputus lagi.

      Salam

    • Wah kebetulan 910xt nggak dijual je mas, pernah kepikiran untuk dijual, tapi dulu aku dikasih barang itu bukan untuk dijual je ๐Ÿ™‚
      Dulu dikasih barang itu karena ngajarin memakai garmin, sama seperti sekarang ini, ngajarin makai Garmin 920xt dan dapat barang gratis ๐Ÿ™‚

      Salam sehati

  3. Selamat kenal Pa Eko….sy lg ngincer garmin 920XT namun belum beruntung mendapatkannya…kalau boleh tahu no telp garmin nya berapa..dan adakah pilihan warna biru-nya..terimakasih

      • Terimakasih Pa Eko atas Infonya, ternyata saya juga mendaftarkan ke Garmin outlet tsb tapi kurang beruntung karena belum bayar DP rp 500rb ..jadi ngga dianggap prioritas buwt dapet FR 920XT…ini baru mau byr DP-nya biar dapet antrian prioritas buwt kloter selanjutnya…..salam Olahraga

          • yupz bener pa eko.. sy juga kesengsem karena fitur bisa buwt renang ma footstep-ny..desainny juga keren,
            bentuk kotak kayany buwt jam sehari-hari oke juga..yg ngincer 920xt banyak ternyata…katanya kloter sebelumnya 20 barang langsung habis…tadi dah ada yg daptar 7 orang buwt kloter selanjutnya..akhir desember ato awal2 januari baru ada lagi….sudah pengen nyoba buwt ngukur jarak di kolam renang ma lelarian dan mungkin ngegowes juga diaktifin lagi….salam

Tinggalkan Balasan