Kelebihan dan kekurangan Android dibanding iOS

“Mas Eko, mau nanya nih. Apa kelebihan dan kekurangan Android dibanding iOS sih, aku kok masih galaw:-)”, kata seorang kawan gaul padaku. Pertanyaan serupa sering muncul dalam diskusi-diskusi soal piranti komunikasi di bawah Android maupun iOS.

Jawaban dari pertanyaan itu sebenarnya sudah jelas, tapi dalam diskusi tentang sistem operasi ponsel cerdas, pertanyaan seputar hal tersebut masih saja mengemuka. Apalagi aklau sudah menyangkut Nokia dan Blackberry, diskusi soal sistem operasi ponsel makin menarik.

Seperti sudah kita tahu, ponsel Nokia atau dulu dikenal dengan ponsel sejuta umat, sangat laris di jamannya, namun ketika Symbian sudah kewalahan mengikuti kecanggihan Android, maka Nokiapun perlahan-lahan mulai layu dan harus menyerahkan dirinya pada Windows. Tidak bisa dipercaya memang kalau akhirnya terjadi seperti ini, tapi itulah kenyataan. Nokia harus menyerah selangkah dan mencoba memasuki era baru dengan era Windowsphone.

Android (be together, not the same)

Android (be together, not the same)

Saat ini Android memang sedang sakti-saktinya, sumbangsih dari berbagai pihak membuat Android terus bertambah sakti. Sistem pengisian batere yang cepat, masih dikuasai oleh Android, demikian juga hal-hal canggih lainnya. Android memang selalu di depan kalau sudah masalah teknologi. Tidak semuanya memang, tetapi sebagian besar teknologi canggih ponsel diyakini menjadi milik Android.

Saat ini Samsung terlihat paling berkibar di antara para vendor pengguna sistem operasi Android. Penjualannya paling laris di dunia dan model ponselnya juga paling beragam. Lihat saja tampilan Samsung Note 4 yang menggigit. Hal ini tentu mengingatkan kita kembali pada jaman jayanya Nokia, atau jaman hebat-hebatnya Blackberry. Tanpa lawan dan sendirian memimpin di pasar ponsel. Blackberry dengan harganya yang tidak masuk akal, tetap menjadi pilihan pecintanya. Saat ini Blackberry Passport juga harganya terasa sangat mahal, tetapi tetap menjadi unggulan Blackberry. Mungkin ini sisa kearoganan Blackberry, sehingga tetap percaya diri dengan harga yang mahal. Bagi pesepeda pengguna BB dan Strava, maka memang saat ini hanya BB Passport yang bisa memasang aplikasi Strava di ponselnya.

Di belakang Samsung ada pendatang baru yang mengagetkan dunia Android, dialah Xiaomi, ponsel China yang sering disebut sebagai iPhone dari China. Harganya murah dan kualitasnya setara ponsel premium, atau singkatnya harganya murah dibanding kualitasnya yang bagus. Semodel dengan Xiaomi adalah beberapa ponsel yang mencoba peruntungan dengan mendongkrak kualitas dan memangkas biaya produksi. Zenfone 2 yang belum muncul di pasaran sudah mulai ramai dicari. Inilah produk ponsel Android yang mencoba bermain di harga murah dan kualitas di atas rata-rata ponsel sekelasnya.

Android memang fenomenal dan mampu membuat sistem operasi menjadi murah alias gratis. Hegemoni bertahun-tahun dari iOS milik Apple tumbang di tangan Android. Begitu pesatnya dunia Android berkembang, sehingga Apple terpaksa mengubah kebiasaannya untuk tidak mengeluarkan ponsel layar lebar. Ponsel terbaru Apple, iPhone 6, sudah mulai memperlihatkan tampilan layar lebarnya, sama seperti layar ponsel yang beredar di masyarakat. Meskipun banyak kritik dari pengguna iPhone lama, tetapi ternyata penjualan iPhone 6 tetap laris manis.

Dengan berbagai kekurangan pada iOS terbaru, Apple tetap memimpin pasar penjualan ponsel. Samsung ada di nomor dua dan Xiaomi mengancam di nomor tiga. Ini memang posisi di akhir 2014 dan akhir 2015, pada bulan selanjutnya angka ini bisa bergeser ke posisi yang berbeda.

peluncuran iOS 8

peluncuran iOS 8

“Mas Eko, jadi apa kelebihan Android dbanding iOS?”

“Oke, silahkan komentar kalau tidak setuju dengan pernyataanku ya. Singkatnya saja begini, Adnroid itu selalu menelurkan ponsel yang paling canggih dari sisi teknologi, meskipun belum tentu stabil teknologinya. Kalau iOS cenderung mengeluarkan versi terbaru berdasar kestabilannya, bukan berdasar kekikiniannya”

“Mas Eko, bukankah iOS 8 bermasalah ?”

“Yes, iOS 8 untuk iPhone 6 memang pernah bermasalah di edisi awalnya, tapi segera diselesaikan masalahnya dan sekarang udah tidak ada masalah lagi. Gitu mas :-)”

“Menurut mas Eko, aku kalau beli ponsel baru enakan beli yang mana ? Andorid atau iOS ?”

“Ya harus jawab dulu mas, mau yang stabil atau yang canggih, itu kuncinya :-)”

“Mas Eko jawabannya tidak jelas!”

“Hahahaha…..”

Camera Oppo N3

Camera Oppo N3

+++

Sumber gambar : situs Android, iOS dan Oppo N3

19 thoughts on “Kelebihan dan kekurangan Android dibanding iOS

  1. Mas Eko,Saya Galau Juga Nih Mau Beli Samsung S7 Apa Iphone 6 plus,Emg Si ke2 Hp tersehut Memiliki Kelebihan Dan Kekurangan Yg Berbeda Tetapi Saya Mau Mencoba Iphone,Sebab Android Semakin Hari Semakin Lemot ,Padahal Kuotanya Masih Banyak ,Please answer Mas Eko

    • Sistem keamanan memang jadi perhatian utama iPhone, android lebih pada fitur yang lain πŸ™‚
      Saya pakai iPhone 6 juga merasa sangat puas dari sisi keamanannya ….

      Salam

  2. menurut saya kalau masalah kecanggihan teknologi dan nama brand, tetp iphone jauh lebih unggul, namun kalau dilihat dari murah dan kemudahan menurut saya android menang. tergantung para penggunanya juga sih menurut saya

  3. Pingback: Samsung Galaxy S6 vs iPhone 6

    • Salam Mas Imam

      Pengguna Android yang cerdas pasti canggih dan stabil OS-nya. Tidak sembarang install aplikasi dan selalu install dengan hati-hati.
      Pengalaman root Samsung hasilnya matot, tapi begitu dibawa ke Samsung Service Centre tetap dapat service yang memadai tanpa nany akartu garansi dan tetek bengek lainnya dan hasilnya Samsung ngacir lagi.

      Hidup Android cerdas !!!

Tinggalkan Balasan