Samsung S6 lebih hebat dibanding iPhone 6

Bila kita hanya melihat spesifikasi dari ponsel keluaran Samsung seri S6 dibanding ponsel iPhone seri 6, maka akan keluar pernyataan bahwa “Samsung S6 lebih hebat dibanding iPhone 6″. Bagaimana tidak, dari berbagai nilai yang ditunjukkan, semua menunjukkan kelebihan Samsung S6 dibanding iPhone 6.

Kalau mau dilihat kelebihan iPhone 6, hanya ada pada salah satu nilai, yaitu di fitur keamanan finger print. Selebihnya terlihat bahwa Samsung lebih jago dibanding iPhone 6. Mulai dari RAM Samsung S6 yang lega sebesar 3 GB dibanding iPhone 6 yang hanya 1 GB, sampai nilai bukaan camera dari Samsung S6 yang berkekuatan f/1.9, 28 mm dibanding iPhone 6 yang hanya menyandang nilai f/2.2, 29 mm.

Pertanyaan selanjutnya adalah,”kenapa iPhone ponsel produk Apple yang tidak secanggih Samsung S6 bisa lebih laris?”

Apa kelebihan dari iPhone, sehingga ponsel yang mahal dan kemampuannya dibawah yang ditawarkan ponsel Android tersebut ternyata lebih laris ?

Mungkinkah data yang ditampilkan di beberapa situs internet tentang larisnya produk Apple dibanding produk Samsung hanya hoax ?

Harga iPhone 6 64 GB

Harga iPhone 6 64 GB

Ponsel iPhone memang mempunyai kelebihan yang jarang dipunyai oleh ponsel produk non Apple. Kekuatan dan kestabilan ponsel Apple memang sampai saat ini tetap menjadi kelebihan produk Apple dibanding produk Android. Dari sisi nilai RAM 1 GB, apakah memang lebih hebat nilai Samsung yang sampai 3 GB ?

Mungkin nilai RAM iPhone terkesan lebih kecil dibanding RAM Samsung yang sampai 3 GB, tetapi iPhone sudah membuktikan bahwa 1 GB sudah memadai untuk melakukan proses di iOS 8. Demikian juga kerapatan layar dari Samsung yang sampai 575 ppi dibanding iPhone yang hanya 325 ppi, terasa berlebihan karena kemampuan mata tidak sanggup lagi membedakan antara kualitas 325 ppi dan 575 ppi.

Samsung S6 vs iPhone 6 (geekaphone com)

Samsung S6 vs iPhone 6 (geekaphone com)

Bila mau dicari kelebihan yang benar-benar merupakan kelebihan dari Samsung S6 mungkin ada di kualitas cameranya. Dari data yang ada, camera Samsung mempunyai f/1.9, 28 mm dibanding iPhone 6 yang hanya menyandang nilai f/2.2, 29 mm. Pasti perbedaan nilai f ini akan sangat signifikan.

Kalau aku mengandaikan lensa yang mirip antara lensa Canon f/4 70-200mm dan f/2.8 70-200mm, maka kualitasnya sudah sangat berbeda jauh, harga dan beratnyapun sudah dua kali lipat 🙂

Demikian juga untuk camera dengan lensa f/1.9 dibanding f/2.2, pasti kualitasnya akan signifikan.

Dari sisi harga, ternyata memang Samsung S6 lebih mahal dibanding iPhone 6, yaitu seharga Rp. 12,399,000 dibanding Rp. 11,799,000. Sebuah nilai yang berani diambil oleh Samsung untuk menunjukkan keseriusan Samsung mengalahkan iPhone 6.

Harga Samsung S6 64 GB

Harga Samsung S6 64 GB

Akankah hal ini membuat perbedaan signifikan da;lam memilih ponsel klas premium ini ? Andalah yang menjadi pembelinya, anda yang berkuasa !

 

4 thoughts on “Samsung S6 lebih hebat dibanding iPhone 6

  1. Pingback: Mi PC Suite - Info seputar Gadget

  2. Pingback: Samsung Note 5

  3. saya sebagai pengguna galaxy S6 tetap sj merasakan ada kekurangannya pada S6 edge ini, namun klu saya share disini nanti kuatirnya samsung bisa komplain balik ke saya karena merasa dirugikan…

    • Kalau ada masukan silahkan kirim ke eko.eshape@gmail.com
      Bila saya test memang terbukti, bisa menolong banyak orang yang mau beli Samsung S6.
      Saya siap dikomplain kalau Samsung berkeberatan dengan tulisan saya, yang penting data yang disampaikan memang benar.

      Salam

Tinggalkan Balasan