Install Garmin Fenix 3

Acara hari ini adalah “Install Garmin Fenix 3” di toko Garmin, aku install sendirian saja, setelah puas mengikuti kegiatan Gowes Merdeka 23 Agustus 2015 di Waskita Cawang. Acara gowes yang cukup khidmat itu ditandai dengan menyanyikan lagu “Bagimu Negeri” yang sangat menggetarkan dada. Maklum sudah lama banget tidak ikut acara upacara dan menyanyikan lagu kebangsaan secara bersama-sama.

Install Garmin Fenix 3

Install Garmin Fenix 3

Aku biasanya mengandalkan Garmin FR 920 xt saat melakukan kegiatan gowes, seperti juga pagi ini, aku tetap setia memakai Garmin FR 920xt. Namun sepulang dari acara gowes, godaan untuk memakai Garmin Fenix 3 semakin tak tertahankan, apalagi membaca review dari teman-teman goweser maupun non goweser yang penuh pujian terhadap Fenix 3.

Niatku memang membelikan temanku yang kulihat sudah jarang memakai Garmin FR 920 xt saat kegiatan non olah raga. Garmin Fenix 3 memang terlihat sangat berbeda penampilannya dnegan FR 920 xt. Saat GPS tidak dijalankan secara aktif untuk mencatat kegiatan olah raga kita, maka penampilan fenix 3 mirip jam biasa. Konsepnya mirip Suunto yang pada saat dipakai untuk kegiatan diluar olah raga penampilannya mirip jam biasa.

“Mas, apa sih beda FR 920 dengan fenix 3?”, kataku pada sang penjual Garmin.

“Gampangnya begini saja, apa yang ada di FR 920 xt ada semua di fenix 3 plus”, jawab sang penjual sambil tersenyum.

“Jadi kelebihan di fenix 3 tidak ada di FR 920 ya?”

“Ya benar mas, pertama fēnix 3 menambahkan fitur penerimaan satelit GLONASS ke GPS untuk mendapatkan data yang lebih tepat”

“Lanjut …. ”

“Untuk kegiatan outdoor, fēnix 3 menyediakan rangkaian alat navigasi outdoor ABC klasik yang disempurnakan dengan teknologi navigasi satelit GPS+GLONASS mutakhir untuk menyediakan ketepatan dan performa sensor tertinggi. Jadi fēnix 3 akan melacak penggunanya dengan aman melalui rute, memberikan informasi penting sepanjang perjalanan dan selalu menawarkan cara yang aman untuk kembali ke titik awal”

“Wah apa itu ?”

“Mas Goweser ya ?”

“Yes”

“Kelebihan yang ini akan terasa lebih sakti untuk para penggila kegiatan outdoor, terutama yang suka blusukan ke daerah-daerah terpencil”

“Goweser juga suka blusukan lho mas, jangan salah 🙂 Sudah, lanjutkan lagi mas kelebihan fenix 3 ”

“Lanjut ya ? Nah, fēnix 3 menawarkan serangkaian fitur pelatihan berlari yang begitu maju, layaknya berlatih bersama seorang pelatih profesional. Saat digunakan dengan monitor HRM-Run¹, fēnix 3 dapat memberikan masukan pada fitur berlari pengguna dengan menampilkan tempo lari, waktu kontak dengan tanah, dan osilasi vertikal. Fitur tersebut bahkan menyediakan metrik kebugaran seperti Maks VO2 dan waktu pemulihan bila digunakan bersama monitor detak jantung Garmin standar atau monitor HRM-Run. Tetap mendapatkan informasi bahkan di saat istirahat dengan menggunakan Garmin Connect untuk menyimpan, menganalisa dan berbagi sesi kegiatan Anda”

“Hmmmm … Intinya saja mas”

“Intinya, fēnix 3 merupakan jam tangan triathlon berfitur lengkap dengan fitur-fitur canggih yang membantu Anda berlatih secara lebih pintar dan bersaing lebih keras di dalam air (renang), di atas sadel sepeda (gowes) dan di jalan (lari/jalan kaki). Fitur-fitur seperti Dinamika Lari dan Pemeriksaan Pemulihan, Maks VO2 dan pembacaan Pengukur Daya untuk Bersepeda, Metrik Renang dan Pencatatan Waktu Selam Renang saat berlatih baik di laut terbuka maupun berlatih di kolam. Berfungsi meskipun di dalam ruangan”

Install Garmin Fenix 3

Install Garmin Fenix 3

“Sebentar mas, kayaknya yang mas sampaikan ini persis yang ada di situs Garmin ya?”

“Ya benar, kan saya memang penjual garmin yang harus hafal kegunaan masing-masing alat yang dijual. Sumber paling pas ya dari situs garmin”

“Hahahahaha….. kalau itu sih aku sudah baca”

Pulang dari toko garmin, aku langsung Install Garmin Fenix 3 di komputer. Sinkronisasi dengan ponsel dan update ke software terbaru. Ini memang kegiatan rutin yang selalu kulakukan apabila aku melakukan instalasi perangkat baru. Sama dengan saat install camera Xiaomi yang tidak ada buku manual dalam bahasa Inggris ketika kubeli, tetapi ternyata begitu kuinstall langsung ada manual dalam bahasa Inggris di perangkat itu.

Install Garmin Fenix 3

Install Garmin Fenix 3

Usai kegiatan Install Garmin Fenix 3, perangkat Garmin Forerunner 920 xt kuistirahatkan dulu dan akupun mencoba mulai memakai Garmin Fenix 3 sejak sekarang.

Install Garmin Fenix 3

Install Garmin Fenix 3

7 thoughts on “Install Garmin Fenix 3

  1. Pingback: Endomondo Strava Nike | Blogger Goweser Jogja

Tinggalkan Balasan