Toko Online Indonesia

Sudah sejak beberapa tahun lalu aku aktif berbelanja via situs online. Baik belanja barang maupun secara rutin pesen tiket pesawat citilink. Memang enak belanja secara online, tidak perlu capek-capek menuju ke lokasi penjualan dan tawar menawar barang, belum risiko kalau ternyata barang yang dicari tidak ada di toko yang dituju. Toko Online Indonesia sudah sangat beragam, baik jualannya maupun caranya berjualan.

Tiket(dot)com maupun Traveloka, adalah tempat aku membeli tiket online, selain via travel agent langganan. Kadang lebih nyaman melalui travel agent, karena bisa disambi ngobrol dan cerita hahahihi, tapi kadang lebih praktis via tiket(dot)com, karena semua selesai dalam beberapa menit dan tiket langsung kita cetak di printer kita sendiri, tanpa kita beranjak dari kursi.

Untuk membeli camera Xiaomi Y! aku juga memanfaatkan jasa Toko Online Indonesia yang begitu rapi membantuku memilihkan barang yang dijual, modelnya maupun cara transaksinya. Dulu aku suka memakai Bhinneka, karena hanya itu satu-satunya Toko Online Indonesia yang kukenal kehandalannya, tapi sekarang bertebaran banyak toko online dan kebanyakan dari mereka cukup bonafide.

Yang menarik adalah toko online baru yang menjual kerajinan Indonesia. Penjualnya bebas bin gratis beriklan dan meski jualannya saat ini masih sedikit, tapi bukan tidak mungkin akan menjadi penggerak ekonomi kerakyatan yang berbasis kerajinan serta melek teknologi. Sudah banyak situs online pendahulu dari Indonesia yang situs onlinenya mendunia, sebut saja bukalapak (BL) ataupun OLX.

Contoh kerajinan Indonesia

Contoh kerajinan Indonesia

Saat tulisan ini dibuat, bukalapak mempunyai nilai alexa 485 untuk dunia (global) dan urutan 15 di Indonesia, sebuah nilai yang mencenggangkan, padahal yang dijual di BL hanya seputaran hobi saja. Barang seperti sepeda, kamera, gadget, komputer dan pernak perniknya laris manis diperjual belikan di buka lapak.

Olx yang merupakan penjelmaan dari toko bagus dan berniaga(dot)com juga cukup fenomenal. Alexa rank Global ada di angka 1,130 sedangkan untuk nilai di Indonesia ada pada urutan 20 pada sat tulisan ini dibuat.

Situs http://www.kerajinan.id/ saat ini masih belum punya data lalu lintas internet yang membanggakan, tapi ke depannya situs buatan Indonesia ini akan mempunyai prospek yang cerah. Aku ingat ceramah dari seorang anggota TDA Jogja yang melanglang buana pameran di negeri manca untuk jualan batik. Jualan yang dibawa pameran itu mungkin masih tetap perlu dibawa kesana kemari, tapi bisa juga diiklankan di situs kerajinan dan akan mengurangi banyak biaya yang harus dikeluarkan dengan hasil penjualan yang mungkin akan makin meningkat signifikan.

Kakakku yang seniman pelukis, pada jaman dahulu hanya aktif di dunia seni saja, tetapi seiring dengan kemajuan teknologi di dunia internet dan anak-anak kakakku yang sudah sangat melek internet, maka dunia senimannya sudah mulai terbantu dengan sistem di dunia maya. Murid-murid yang berdatangan untuk belajar melukis atau membeli lukisan, semuanya terbantu dengan adanya internet.

Sekolah batik di Kauman Jogja Indonesia

Sekolah batik di Kauman Jogja Indonesia

Kayaknya aku harus menganjurkan beliau untuk nampang di situs kerajinan Indonesia ini. Memajukan Indonesia, tentu bukan hanya melalui satu bidang saja dan melalui situs kerajinan Indonesia di internet pasti akan menjadi salah satu jalan untuk membuat Indonesia makin dikenal kekayaan kerajinan tangannya.

Kalau goweser sering melihat-lihat situs BL untuk mencari sepeda atau asesoris sepeda, mungkin suatu saat perlu juga melihat situs kerajinan.id untuk mencari celana sepeda bermotif batik, misalnya 🙂

Mungkin suatu saat ada juga sepatu bermotif batik atau bahkan sepeda bermotif batik hasil dari hand made khusus. Pasti akan ada tulisan “limited edition” karya Kang Tri Lakone, bila sepeda berbatik itu jadi dibuat 🙂

Akhirnya harapanku akan ada aplikasi khusus tentang Kerajinan Toko Online Indonesia yang berjalan di bawah Android, iOS ataupun Windows Phone. Bila aplikasi itu sudah dibuat, masyarakat akan lebih mudah mencari informasi tentang apa saja kerajinan Indonesia, berapa harganya dan bagaimana cara deliverinya.

Sukses buat Kerajinan Indonesia !:-)

Liontin Bros Batu

Liontin Bros Batu

2 thoughts on “Toko Online Indonesia

    • Semoga saudaraku yang juga seniman Jogja bisa memanfaatkan toko online ini.
      Syukur sudah ada aplikasi under Android, iOS atau Windows Phone, tentu lebih asyik 🙂

      Salam sehati

Tinggalkan Balasan