Camera LG G4

Kebanyakan orang selalu menganggap kulitas camera smart phone, secanggih apapun, masih kalah jauh dibanding camera DSLR Nikon, Canon ataupun Sony. Sampai bertahun-tahun pendapat itu masih disetujui para pemerhati camera, tapi sejak tahun lalu pendapat itu mulai digoyahkan oleh kulitas camera ponsel cerdas yang makin meningkat. Para teknisi dari Samsung, iPhone maupun LG, terus serius memperbaiki kualitas ponselnya. Camera LG G4 terlihat memperbarui kualitas dari sisi lensanya, yaitu dengan menanamkan f/1.8 pada bukaan lensanya.

Kalau kita lihat spesifikasi iPhone 6 adalah sebagai berikut :

8-megapixel iSight camera with 1.5µ pixels
Autofocus with Focus Pixels
ƒ/2.2 aperture
Optical image stabilization (iPhone 6 Plus only)
True Tone flash
Five-element lens
Hybrid IR filter
Backside illumination sensor
Sapphire crystal lens cover
Auto image stabilization
Auto HDR for photos
Face detection
Exposure control
Panorama (up to 43 megapixels)
Burst mode
Tap to focus
Photo geotagging
Timer mode

Sekarang kita lihat “jeroan” camera LG G4.

OIS (optical image stabilization)
Autofokus type laser
ƒ/1.8 aperture (front f/2.0)
16 megapixel (front 8 megapixel)
Sensor 1/2.6″
Auto HDR
Dual tone LED Flash

Yang patut dibanggakan adalah nilai ƒ/1.8 aperture (front f/2.0) yang merupakan spesifikasi terbaik semua camera ponsel saat ini, Meskipun tidak bisa menyamai DSLR semacam Canon 6 D, tapi untuk DSLR entry level kepraktisan camera LG G4 tentu bisa diandalkan.

Kenapa aperture disini menjadi penting ?

Pada dasarnya aperture adalah bukaan lensa tempat cahaya melintasi lensa, makin besar bukaan lensanya makin banyak pula cahaya yang masuk. Besaran bukaan cahaya yang masuk ini bersama-sama dengan nilai kecepatan lensa mebuka (v) dan ISO akan sangat berpengaruh pada pengambilan obyek foto, Makin kecil angkanya makin besar bukaan lensanya artinya makin banyak cahaya yang masuk, sehingga pengambilan obyek dengan cahaya minimal tetap dapat dilakukan dengan baik.

Dengan camera DSLR sangat mudah memotret pertunjukan teater tanpa memakai lampu kilat dan LG G4 mencoba menyainya. Memang bagaimanapun camera ponsel akan sulit mengalahkan DSLR tapi setidaknya dari sisi kepraktisannya camera smart phone jauh lebih praktis daripada DSLR.

Coba perhatikan hasil jepretan camera iPhone 6 dan LG G4 dibanding DSLR Canon 6D ketika memotret tayangan TV, sekilas hasilnya tidak nampak berbeda. Kalau kita lebih teliti melihat baru terasa perbedaanya,

Goosebumps iPhone 6

Goosebumps iPhone 6

Difoto dengan iPhone 6 ketika gambar film Goosebumps ditekan tombol “pause”-nya.

Goosebumps LG G4

Goosebumps LG G4

Gambar diambil dengan camera LG G4, dengan ukuran yang lebih pipih dan sekarang mari kita lihat hasil foto Canon 6D full frame.

Goosebumps 6D`

Goosebumps 6D

Sekilas tidak nampak perbedaan antara camera ponsel dan DSLR. Jadi kalau tidak punya camera DSLR full frame, marilah berpuas diri dengan camera ponsel LG G4. Lebih hemat dan praktis !

 

One thought on “Camera LG G4

  1. Pingback: Memilih iPhone 6S

Tinggalkan Balasan