Lenovo Vibe P1

Akhirnya aku memilih Lenovo Vibe P1 sebagai senjata baruku di triwulan pertama tahun 2016 ini. Aku tadinya memilih merk lain sebagai senjata kedua menemani iPhone 6 yang sudah melekat di tanganku, tapi dengan berbagai pertimbangan akhirnya kusisihkan merk yang lain dan menjadikan Lenovo sebagai pemenang.

Awalnya aku memilih ponsel premium yang baru laris di pasaran Android model note, tapi istriku yang langsung jatuh cinta padanya membuatku memilih ponsel jenis lainnya. Kekurangan ponsel dari jenis note yang dipakai istriku adalah harganya kurang sebanding dengan kemampuannya. Kekurangan itu sebenarnya sudah ditutupi oleh berbagai fitur unggulannya, tapi kebetulan aku tidak memakai fitur itu.

Akupun beralih pada ponsel lain yang kulihat dipakai oleh artis sinetron motor yang sedang laris di RCTI, sebuah ponsel berbalut bahan khas warna coklat dan mempunyai kelebihan yang sangat kusukai yaitu kualitas cameranya dengan f/1.7 melebihi kualitas camera kebanyakan ponsel klas premium. Baterenya juga cukup oke dan bisa memenuhi kebutuhan harianku.

Sayangnya makin hari anakku makin suka dengan ponsel coklat itu dan akhirnya kembali aku harus mencari ponsel merk lain. Kembali aku tetapkan kriteriaku untuk mencari ponsel idaman.

  1. Murah (di bawah 5 juta)
  2. Batere kapasitas gedhe (kalau memungkinkan di atas 4.000)
  3. Mudah dioperasikan (ini memang sangat subyektif)
  4. OS Android (versi lama oke, asal mudah diupgrade)
  5. Layar besar (lebih besar dari iPhone 6)
  6. Ada slot untuk memory eksternal
  7. Batere bisa dilepas sendiri (bukan unibodi)

Pas ketika keinginan itu makin memuncak, kawanku juga berniat untuk mengganti ponselnya. Kulihat ponselnya masih bagus, tetapi sudah mulai jarang dijual di tempat umum, persis dengan milikku yang selalu ngendon di tas. Langsung saja kuberi dia nasihat bagaimana mencari ponsel yang cocok, karena kulihat kawanku sudah memakai iPhone 16 GB. Kusampaikan bahwa dia harus mencari ponsel yang OS Android dan yang mempunyai memory eksternal.

Kutunjuk salah seorang pengoprek OS Android yang terpercaya untuk memilihkan ponsel sesuai kriteria yang kusampaikan. Pilihanpun jatuh pada Lenovo P-series dan disepakati langsung dibeli besok, tidak lupa akupun langsung pesan sekalian. Sayangnya sang pengoprek OS Android ada tugas luar dan pembelianpun terbengkalai. Akupun terpaksa kontak sendiri pada langgananku dan pesan ponsel sesuai nasehat temanku.

lenovo-smartphones-ideaphone-brand-2

lenovo-smartphones-ideaphone-brand-2

Ternyata toko ponsel langganku tidak punya stok ponsel itu dan menyarankan beli model lain yang satu type tapi keluaran terbaru.

“Sudah kadaluwarsa model itu, lebih baik beli penggantinya”, rayu sang penjual.

Akhirnya di depanku munculah Lenovo Vibe P1 yang besar dan tentu saja berat dibanding iPhone 6 yang dimensinya lebih kecil. Yang pertama kuperiksa adalah kapasitas baterenya yang 5.000 mA. Aku langsung takjub dan merasakan bahwa kapasitas batere ini akan memerlukan pengisian waktu yang lebih lama dibanding iPhone yang cuma beberapa ribu mA. Kenyataan membuktikan bahwa ada fasilitas quick charger di Lenovo Vibe P1, sehingga proses pengisian kembali cukup cepat.

Yang kedua, kuperhatikan adalah slot untuk memory eksternal. Aku sudah merasakan susahnya mengandalkan memori internal di iPhone, jadi ketika melihat ada slot untuk microSD, langsung saja kukeluarkan kartuku yang sudah lama pensiun dari BBZ10. Gambar lama dan lagu favoritku kembali bisa kusetel di ponsel baruku.

Yang masih belum memenuhi kriteroiaku adalah baterenya yang modelnya masih menyatu dengan bodi. Bisa dilepas, tapi disarankan dilepas oleh ahlinya, sehingga untuk kriteria batere mudah dilepas masih harus kuterima batere sulit dilepas. Kriteria lainnya sudah sangat cukup memenuhi kebutuhanku.

Yang penasaran dengan Lenovo Vibe P1, inilah spesifikasi yang banyak ditemui di internet :

NETWORK Technology GSM / HSPA / LTE
BODY Dimensions 152.9 x 75.6 x 9.9 mm (6.02 x 2.98 x 0.39 in)
Weight 189 g (6.67 oz)
SIM Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)
DISPLAY Type IPS capacitive touchscreen, 16M colors
Size 5.5 inches (~72.1% screen-to-body ratio)
Resolution 1080 x 1920 pixels (~401 ppi pixel density)
Multitouch Yes, up to 10 fingers
Protection Corning Gorilla Glass 3
PLATFORM OS Android OS, v5.1 (Lollipop)
Chipset Qualcomm MSM8939 Snapdragon 615
CPU Quad-core 1.5 GHz Cortex-A53 & quad-core 1.1 GHz Cortex-A53
GPU Adreno 405
MEMORY Card slot microSD, up to 128 GB (dedicated slot)
Internal 32 GB, 2 GB RAM
CAMERA Primary 13 MP, f/2.2, phase detection autofocus, dual-LED (dual tone) flash
Features Geo-tagging, touch focus, face detection, HDR, panorama
Video 1080p@30fps
Secondary 5 MP
COMMS WLAN Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, WiFi Direct, hotspot
Bluetooth v4.1, LE
GPS Yes, with A-GPS
NFC Yes
Radio FM radio
USB microUSB v2.0, USB On-The-Go
FEATURES Sensors Fingerprint, accelerometer, proximity
Messaging SMS(threaded view), MMS, Email, Push Mail, IM
Browser HTML5
Java No
  – Fast battery charging: 60% in 30 min (Quick Charge 2.0)
– Active noise cancellation with dedicated mic
– MP4/H.264 player
– MP3/WAV/eAAC+/FLAC player
– Photo/video editor
– Document viewer
BATTERY   Non-removable Li-Po 5000 mAh battery
Stand-by Up to 648 h (2G) / Up to 600 h (3G)
Talk time Up to 49 h (2G) / Up to 44 h (3G)

Untuk memudahkan pengelolaan ponsel sudah dibundel aplikasi pengelola ponsel bawaan Lenovo. Tinggal colok ke komputer memakai USB dan biarkan dia yang bekerja.

Mobile Assistant Lenovo

Mobile Assistant Lenovo

One thought on “Lenovo Vibe P1

  1. Pingback: 5 Smartphone 4G dengan Harga Di Bawah Rp1 juta - Info seputar Gadget

Tinggalkan Balasan