Membuat film dengan iMovie

Usai berkegiatan dan tidak hanya ingin tampil di socmed via foto saja, tetapi lewat movie, biasanya lalu memakai instagram atau sejenisnya, tapi hasilnya terasa kurang maksimal. Masih jauh kualitasnya dibanding editing di PC dan di”upload” via Youtube. Aplikasi iMovie menjawabnya dengan berbagai fitur yang keren dan “user fiendly”, kini saatnya kita “Membuat film dengan iMovie”

Aplikasi iMovie sendiri sudah lama ada dan sudah banyak dipakai, tetapi bagi yang baru pertama kali membuatnya, pasti yang menontonnya akan terkagum-kagum. Tampilannya yang berkelas ditambah cara membuatnya yang begitu mudah, benar-benar menarik untuk dicoba.

Mari kita mencoba membuat iMovie dari perjalanan hari ini. Syaratnya kita harus punya gambar (foto/film) yang memadai untuk kita jadikan papan bercerita (story board), kalau sudah merasa cukup bahan story board, langsung kita arahkan jari kita ke ikon iMovie.

ikon iMovie di iPhone

ikon iMovie di iPhone

Setelah itu kita pilih model film yang kita buat, apakah film biasa atau model Trailer. Kalau memilih Film artinya kita hanya mau menggabungkan film atau foto ditambah musik menurut selera kita dan urut-urutan cerita sesuai hasil imajinasi kita. Kalau memilih trailer, kita mulai dipermudah menyusun alur cerita dsb.

Film atau Trailer

Film atau Trailer

Mari kita coba memilih trailer, jadi yang kita lakukan jauh lebih mudah dibanding kalau memilih film. Kita tinggal memilih model trailer yang sesuai dengan imajinasi kita dan suasana dalam film.

Memilih model trailer

Memilih model trailer

Kita juga langsung mengetahui durasi film yang akan dibuat, durasi ini sangat berpangaruh terhadap media yang kita pakai. Melalui Whatsapp (WA) tentu berbeda dengan bila melalui Youtube. Langkah selanjutnya tinggal melakukan proses editing yang “super duper” mudahnya.

Editing story board

Editing story board

Bila kita ingin menikmati dulu hasil story board kita, maka langsung saja kita mainkan dan bila tidak pas, masih ada kesempatan untuk melakukan proses “editing”. Membuat film dengan iMovie memang sangat dimudahkan semua prosesnya.

Editing story board

Editing story board

Pada proses “editing”, foto maupun film yang kita rasa kurang “nyambung” dengan alur cerita, bisa ganti juga, sehingga menjadi lebih cocok. Bila semua terasa sudah cocok, maka tinggal kita pilih media apa yang kita pakai untuk film olahan kita, Bisa saja kita merasa tetap belum “pe dhe” dan cukup menyimpannya dulu.

Upload ke WA

Upload ke WA

Bila sudah yakin, kita bisa langsung “upload” via WA dan jika sudah memuaskan betul, dilanjutkan dengan upload via Youtube. Semua proses ini bisa dilakukan hanya dalam waktu yang sangat sebentar. Aku sendiri pernah “Membuat film dengan iMovie” tidak sampai 10 menit.

Tentu saja ada syaratnya agar bisa cepat :

  1. Materi foto/film sudah lengkap dan memadai (tidak harus mencari-cari lagi,semuanya sudah tersedia di ponsel).
  2. Pembuatan story board tinggal mengisikan kalimatnya saja (tidak memakai perenungan dulu)
  3. Yang paling penting, akses internet yang memadai (sebaiknya memakai WiFi untuk upload ke WA atau Youtube)

Inilah hasilnya di Youtube, ringan dan keren !

Silahkan dinikmati, gambar tidak pecah dilihat di PC apalagi di ponsel dan langsung bisa dinikmati di seluruh dunia dalam waktu yang relatif cepat !

0 thoughts on “Membuat film dengan iMovie

Tinggalkan Balasan