Review iPhone 7

Sudah lama aku memakai iPhone dan sudah jarang aku update review iPhone, maklum Android mempunyai lebih banyak peminat dan fitur yang lebih wah. Baru kemarin aku kembali ditunggu pembacaku dengan review iOS 10, sekalian saja aku melihat lagi iPhone impianku seri 7, yang kabarnya sudah langsung disematkan iOS 10. Mari kita mulai “Review iPhone 7”

Sebenarnya aku sudah cukup puas dengan iPhone 6+ 128 GB, tapi iPhone 7 menawarkan kapasitas 256 yang harganya masih “reasonable” dengan iPhone 6+ 128 GB 🙂 dan memberikan penampilan yang lebih atraktif ! Bagi penggemar berat Android apa yang ditawarkan iPhone 7 memang bukan barang baru, mengingat Android memang seperti selangkah di depan iPhone bagi fans Android.

Dari kapasitas simpan iPhone yang lebih besar tentu ada beberapa hal yang ditawarkan.  Kulihat yang pertama adalah Camera dan kemudian prosesor baru kemudian kemampuan tahan air.

Terlihat bahwa Camera iPhone makin ditingkatkan menjadi suatu hal yang spektakuler. Disediakan dua lensa jenis “wide” dan “tele”, sehingga pengguna akan makin mudah mengelola proses pengambilan gambar. Ibaratnya pecinta camera DSLR yang suka membawa dua lensa, maka iPhone juga diharapkan bisa memotret dengan ponselnya dengan lebih leluasa. Sayangnya iPhone masih memakai lensa dengan aperture atau diafragma f/1.8 (wide) dan f/2.8 (tle), bandingkan dengan Samsung Noted 7 yang sudah memakai f/1.7. Sayang Samsung Noted 7 bermasalah, sehingga menjadi keunggulan iPhone 7 untuk mengalahkan Samsung Noted 7.

update iOS 10

update iOS 10

Bagi yang suka memotret dengan cara biasa-biasa saja, pasti akan kagok dengan penampilan aplikasi camera di iOS 10, tapi bagi yang gemar melakukan proses edit foto, maka iOS 10 memberikan rasa yang berbeda dalam mengambil gambar. Memang aplikasi camera iPhone 7 dengan iOS 10 akan sangat terbantu dengan adanya fasilitas dual lens, 12 megapixel dan Optical Image Stabilization (OIS). Pengambilan foto dengan OIS akan sangat berguna saat memakai lensa “tele”.

Inilah salah satu hal yang membuat ruang penyimpanan harus lebih besar. Pengguna iPhone 7 iOS 10 akan makin menggila ketika mengambil gambar, sehingga perlu ruang simpan yang lebih banyak. Diharapkan pemotretan akan lebih mantap hasilnya karena bisa zoom 2x dengan mode optic, sehingga kualitas gambar tetap 12 megapixel, tidak menurun dan hasilnya teteap fokus.

Dengan dipakainya prosesor A10, diharapakan iPhone 7 juga akan berpacu lebih kencang. Apple menjamin kinerja dapur pacu A10 sekitar 140% dibanding A9. Tentu dibutuhkan batere yang lebih besar untuk memberi pasokan dayanya. Kembali pada hal pasokan daya, Samsung dengan S7 tetap superior pada kapasitas batere 3.500 mAh ke atas dan iPhone tetap masih di bawah 3.000 mAh.

Hal ini sering ditutupi dengan pemakaian power bank yang lekat di tangan. Aku sendiri masih tetap dengan falsafah kunoku, jangan gunakan power bank kecuali kondisi darurat. Namun akhirnya aku harus menyerah karena sering di daerah pelosok yang tidak ada “titik api”, sehingga aku mulai mencari power bak yang “mumpuni”. Untuk masalah ini aku memilih power bank “ANKER” yang lebih terjamin kinerjanya dibanding power bank abal-abal.

Yang lebih menarik adalah iPhone 7 sudah mulai tahan air. Dengan status “IP67 certified” (dust and water resistant), iPhone 7 sudah berani dimasukkan air sedalam 1,5 m asal jangan kelamaan, karena tetap tidak “water proof”. Fitur ini tentu sangat membantu pengguna iPhone 7 yang suka “outdoor”, hujan sudah tidak lagi mengganggu. Pada jersey sepeda tetap bisa diselipkan iPhone 7 dan sudah tidak takut kehujanan atau kecipratan air di jalan.

Review iPhone 7 inipun terasa cukup karena sudah bertebaran review iPhone 7 di berbagai situs. Kalau secara ringkas, kelebihan iPhone 7 ada di 5 item :

1. Kamera luar biasa
2. Prosesor lebih powerfull
3. Tahan debu dan air
4. Layar retina
5. Speaker stereo

Selamat mencoba iPhone 7 dan iOS 10.

camera-iphone-6 belum f/1.8

camera-iphone-6 belum f/1.8

2 thoughts on “Review iPhone 7

Tinggalkan Balasan