Blogilicious de Surabaya : jadi MC sekaligus Moderator

Acara yang digadang-gadang kawulo muda Surabaya akhirnya terlaksana pada tanggal 14-15 Mei 2011. Itulah acara Blogilicious De Surabaya. Sebuah acara yang mempertemukan para publisher (blogger) dengan pengelola IBN yang didampingi beberapa maskot blogger Indonesia.

Dimulai molor dari jadwal yang direncanakan membuat aku harus pakai segala jurus modifikasi agar seluruh acara terjaga dengan baik. Jumat lalu aku (kebetulan) memberikan private bagaimana caraku eMCe sekaligus moderator yang baik dan hari ini ini semua yang kuajarkan kulakukan dengan baik. Penonton puas dan aku lemas.

Membludaknya peserta memang membuat konsumsi menjadi kurang dan aku kebagian sebagai salah satu makhluk yang tidak mendapat konsumsi makan siang. Untung ada panitia yang sigap dan akupun mendapatkan nasi ayam yang luezat banget (karena sudah diujung lapar ‘kali).

Acara Blogilicious de Surabaya ini menjadi unik dan menjadi tantangan bagi penyelenggara di kota-kota lainnya. Selain adanya lagu Indonesia Raya yang dipakai sebagai pembukaan, juga banyak sekali kesenian tradisional yang muncul di atas panggung memeriahkan acara.

Tari pembukaan

Blogger-blogger ngetop juga dengan segala upaya telah menunjukkan kesaktian masing-masing. Mulai dari mas Amril TG, mbak Ajeng, Mas Bodrex Frenavit yang luar biasa dan masih banyak lagi nama-nama beken yang muncul di atas pentas.

Presentasi paling berbeda disampaikan oleh mas Gempur. Bukannya pakai powerpoint tapi malah pakai file PDF. Meski demikian prsentasi ini amat sangat menarik dan sangat cocok untuk dijadikan sebagai gong seluruh acara ini. Itulah ilmu SEO (Search Engine Optimization) yang sangat digandrungi oleh para blogger agar blognya muncul di mesin pencari pada halaman pertama dan di urutan teratas.

Dengan sangat piawai mas Gempur menggempur para hadirin dengan ilmunya yang sangat “cespleng”. Langsung, to the point, dan disertai contoh-contoh yang membumi. Bagi yang belum punya file presentasinya, silahkan klik di tautan ini. Sangat dianjurkan untuk diunduh bagi mereka yang ingin bermain SEO putih yang berkualitas.

Di acara ini juga diadakan lomba berhadiah Samsung Galaxy Mini. Sebuah ponsel android yang lagi naik daun. Bersaing dengan saudaranya sendiri Samsung Galaxy Ace. Bedanya Sasung Galaxy Mini beredar di level bawah dan Ace bergerak di level menengah.

Hadiah ini tentu akan makin memacu popularitas ponsel android yang memang makin berkibar di era 2011 dan diprediksi akan menjadi raja di tahun 2015.

Lomba diadakan dengan mode semi SEO, artinya tulisan yang masuk 20 besar yang akan dinilai oleh dewan Yuri. Di luar 20 besar mesin pencari Google, maka terpaksa tidak dinilai. Itu sebabnya materi SEO menjadi materi yang sangat menarik bagi peserta acara ini.

Terima kasih buat IBN yang telah menyelenggarkan acara ini dengan sukses. Teirma kasih buat panitia, mas Nopi dkk yang telah memberi kesempatan padaku menjadi eMCe sekaligus moderator acara Blogilicious de Surabaya.

Terima kasih buat teman-teman TPC Surabaya, Madura, Malang, Sidoarjo, Gresik dan kota-kota lainya yang dapat kusalami satu demi satu dengan jabat erat yang sampai hari ini masih terasa eratnya. Kalian blogger yang luar biasa, You’re the Best !

Terima kasih buat panitia lomba semi SEO yang telah mempercayaiku sebagai salah satu dewan yurinya. Salam sehati.

+++
Dalam acara blogroad ini, aku masih menyempatkan diri untuk berbagi ilmu android maupun blackberry. Kujelaskan kawan lari pagiku, aplikasi endomondo under Android dan manajemen pengolahan data di BB.

+++

Materi yang tak kalah pentingnya adalah materi Security Blog yang memakai engine WordPress. Disampaikan dengan lugas dan to the point oleh mas Frenavit. File presentasinya bisa diunduh disini. Yuk kita siapkan diri menjadi pasukan bodrexnya mas Frenavit.

28 thoughts on “Blogilicious de Surabaya : jadi MC sekaligus Moderator

  1. Aplikasi pdf sekarang memang keren buat presentasi bukan hanya powerpoint saja. Apalagi semakin berkembangnya update software pdf

  2. Pingback: Wakil BeBlog di Blogilicious de Surabaya dan Makasar | Komunitas Blogger Bekasi

  3. Pingback: RoadBlog to Surabaya | Muslimah Blog

  4. Wehehehe.. yang terakhir itu loh ndak nguati.. hihihi.. monggo belajar bareng saja pak.. πŸ™‚

    Btw Pak Eko, kalo ada yang kesulitan untuk download via slide share ini saya sertakan link direct downloadnya, biar ndak repot2 daftar atau login. monggo >> http://bit.ly/frenavitsatpam

  5. wah pa Eshape keren, tambah beken dan banyak job ngemsi ke depannya nih *prediksi hehehe…jadi ngga sabar acara yg sama nanti di Bandung πŸ™„

    • Semoga acara di Yogya lebih sukses dibanding yang di Surabaya.
      Sudah banyak pelajaran yang bisa diambil dari Surabaya.

      Ikuti juga berita pelaksanaan di Makasar, pasti ada lebih banyak hikmah yang diambil.

      Salam sehati.

    • Baru kali ini ada MC nyambi Moderator deh.
      Dilaksanakan dua hari full lagi, hehehehe….

      Anakku sampai ketawa ketika kuceritakan acara aneh ini.

      Yang penting, sekarang semua sudah selesai dengan memuaskan semu apihak.

      Salam sehati

Tinggalkan Balasan