Mengatasi Bateray Boros pada Samsung Galaxy SII

Begitu beralih dari Samsung Galaxy Ace ke Samsung Galaxy SII, maka rasanya seperti berpindah dari mobil Sedan (Jepang) ke mobil (sedan) Mercy. Terasa sekali kenyamanan dan kelegaannya.

Tampilan Homescfreen Samsung Galaxy SII

Tampilan Homescreen Samsung Galaxy SII

Memori internal yang luas dan prosesor yang kencang membuat Samsung GSII terasa berlari dua kali leboh kencang dan dua kali lebih luas. Mungkin karena harganya juga dua kali lebih mahal.

Setelah beberapa hari dipakai, maka baru terasa bahwa ponsel ini luar biasa borosnya. Terpaksa diutak utik sampai ke jeroannya. Yang pertama tentu ponselnya diROOT dulu. Setelah sukses di ROOT, maka mulai dilihat aplikasi apa saja yang berjalan secara otomatis dan kemudian satu demi satu dimatikan.

AP Mobile dan otomatisasi pengecekan suhu udara di lokasi kita berada, rupanya sangat menyumbang borosnya bateray.

Pasang aplikasi yang berguna saja

Satu hal lagi yang ternyata sangat berpengaruh adalah pemakaian pertama ponsel ini. Sebaiknya untuk ponsel yang baru dibeli, lakukan langkah-langkah sebagai berikut untuk menghemat umur bateray :

1. Hidupkan ponsel dan jangan dipakai dulu. Tunggu sampai bateray melemah dan ponsel mati sendiri secara otomatis. Pada Samsung GSII ini ada aplikasi yang memindahkan ponsel ke mode minimal ketika bateray sudah mendekati habis.

2. Setelah dipastikan ponsel dalam kondisi mati, maka pasang charger dan diamkan bateray yang sedang diisi tersebut selama minimal 4 jam.

3. Hidupkan ponsel dan jauhkan penggunaan ponsel dalam posisi ponsel tersambung ke charger.

Kalau semua langkah sudah dilakukan dan bateray tetap boros, maka siap-siap saja ganti ponsel baru yang lebih hemat bateray. Kalau di Blackberry ada bateray yang dibuat khusus untuk ponsel BB tetapi mempunyai bentuk yang lebih besar dan lebih lama masa standbynya. Di ponsel Samsung kelihatannya belum melirik ke bateray tambahan atau bateray jumbo, sehingga para pengguna ponsel Samsung lebih baik membawa traveller charger agar tidak kehabisan bateray saat sedang diperlukan.

Beberapa hal lain yang bisa menghemat bateray adalah sebagai berikut :

1. Matikan, WiFi, Bluetooth, GPS dan aplikasi lain yang sedang tidak kita pakai.

2. Pilih mode akses ke internet melalui jaringan saja dan bukan memakai paket data.

3. Kalau dua cara di atas tidak mempan lagi, maka saatnya berpindah ke lain hati. Beli ponsel seri lain yang lebih awet atau kembali ke ponsel OS Symbian yang biasanya awet bateraynya.

Salam sehati.

6 thoughts on “Mengatasi Bateray Boros pada Samsung Galaxy SII

Tinggalkan Balasan