Beda Garmin fenix 3 dengan fenix 5

Jangan merasa kaget dengan munculnya Garmin fenix 5 dan merasa belum pernah dengar Fenix 4. Mungkin mirip dengan Samsung Note 7 yang melompat dari Note 5, Garmin fenix 5 memang melompat dari fenix 3. Kalau Samsung untuk menyamakan seri Ponselnya dengan Note, maka kalau Garmin memang menghindari angka “4”, seperti kebiasaan salah satu etnis yang tidak suka dengan angka “4”. Lalu apa beda Garmin fenix 3 dengan fenix 5 ? Apa saja yang ditingkatkan ?

Mari kita simak beberapa yang berbeda dari Garmin fenix 3 dan fenix 5. Kalau mencari persamaannya memang sangat banyak karena bedanya hanya masalah yang minor bagi beberapa orang, tapi bisa jadi major bagi beberapa orang.Bagi yang suka model jam yang lebih kecil dimensinya, maka pilihan beralih ke fenix 5 sangat beralasan. Dimensinya memang ada yang lebih kecil dibanding fenix 3. Apalagi ada inovasi baru tentang tali jam yang begitu mudah diganti-ganti, fenix 5 terasa sangat berbeda dengan adanya fitur “QuickFit”

Fenix 5 berdiameter 47 mm, Fenix 5S ditujukan buat kalangan perempuan berdiameter 42 mm, sedangkan Fenix 5X yang berfitur paling lengkap berdiamater 51 mm. Tentu saja harganya juga bervariasi. Kira-kira harga yang ditawarkan adalah sebagai berikut :

Fenix 5/5S 10.849.000 saphire
Fenix 5/5S 9.899.000 biasa
Fenix 5X 11.999.000 lengkap

garmin-fenix-5

garmin-fenix-5

Yang menarik adalah kapasitas batere yang sangat ditingkatkan. Saat aku memakai Garmin Edge 820 dalam event J150K, maka menjelang finish sudah muncul warning bahwa kondisi batere sudah melemah dan harus berganti ke mode hemat batere dengan mematikan tampilan, padahal baru 9 jam pemakaian. Kali ini fenix 5 mengklaim batere bisa tahan 25 jam, tentu harus dibuktikan dulu di lapangan klaim ini.

Kelebihan yang lain dari fenix 5 yang memang kelanjutan penyempurnaan Garmin fenix 3, masih hal-hal yang sama, Misalnya tahan menyelam sampai kedalaman 100 m, ada monitor detak jantung di jam (tanpa harus memakai sabuk HRM) atau Elevate™ teknologi Detak Jantung berbasis Pergelangan tangan, pelacakan aktifitas tidak hanya GPS tapi dilengkapi oleh Glonass dsb. Dari sisi ini fenix 5 nyaris sama dengan fenix 3 HR.

faceit yang makan storage

faceit yang makan storage

Satu lagi kelebihan yang ada adalah kerapatan tampilan, sehingga dapat terbaca lebih jelas dan lebih jernih. Ini bagiku tentu merupakan kelebihan, karena memang aku agak kesulitan kalau melihat tampilan jam (watch face), akibatnya aku selalu kesulitan mencari tampilan jam di IQ-store. Terakhir karena kebanyakan download “watch face” dan berkreasi dengannya (design sendiri) akhirnya “storage” penuh dan jam jadi “hang”. Untunglah aku selalu beli di agen garmin resmi, sehingga langsung diperbaiki di servis centre tanpa menunujkan kartu garansi dsb.

Fenix 5 juga diklaim mempunyai kelebihan untuk mereka yang suka olah raga lari, sayang aku bukan pelari jadi belum bisa memanfaatkan kelebihannya. Ada juga pengukuran tingkat stress kita. Garmin fēnix 5 mengukur variabilitas detak jantung kita saat berdiri diam, selama 3 menit, dan memberi kita data estimasi tingkat stres. Skala ini bernilai 1 sampai 100, skor yang rendah menunjukkan tingkat stres yang lebih rendah.

Setelah mengetahui beda Garmin fenix 3 dengan fenix 5, sudah saatnyakah kita beralih ke fenix 5 ? Ingat teliti sebelum membeli, beli sesuai kebutuhan bukan keinginan.

2 thoughts on “Beda Garmin fenix 3 dengan fenix 5

Tinggalkan Balasan