Install Garmin Edge 1030

Akhirnya kesampaian juga mempunyai Garmin Edghe 1030 yang sudah lama kuimpikan. Tentu saja ada yang harus dikorbankan, punyaku yang seri edge 820 harus berpindah tangan untuk bisa dipakai oleh teman gowesku. Aku langsung saja Install Garmin Edge 1030 dan melakukan sinkronisasi dengan gadgetku yang lain.

Sepintas lalu, antara garmin edge 1030 dan 820 perbedaan yang menyolok adalah dimensinya. Garmin Edge 1030 terlihat bongsor dibanding Edge 820 yang tampil ringkas kecil. Ternyata setelah dihidupkan dua-duanya, font kedua garmin ini boleh dibilang sama/setara.

Garmin Edge 1030 (belakang)

Garmin Edge 1030 (belakang)

Pada proses install perangkat juga hampir sama, hanya saja tiap tampilan 1030 lebih banyak memuat font, tapi langkah-langkah yang dilakukan tetap sama persis. Semuanya ada di dalam manual yang disertakan dalam berbagai bahasa. Bagi pengguna edge 820, tentunya tidak lagi perlu membacanya, karena memang banyak sekali kemiripannya.

Sementara ini aku memang tertarik dengan kelebihan edge 1030 dalam hal group tracking, namun kemampuan ini baru terlihat ketika kita bertemu dengan edge 1030 yang lain. Jadi harus sabar dulu, menunggu ada teman yang melakukan Install Garmin Edge 1030, baru kemudian bisa mencoba fitur kelebihannya.

Garmin Edge 820

Garmin Edge 820

Kawanku ketika tertarik pada Garmin Edge 820-ku, sempat bertanya mengenai kecanggihan edge 820 untuk menggantikan Fenix 5 atau sebagai tandem jam tangan olah raganya.

“Edge 820 sudah cukup sakti kan untuk memantau kegiatan bersepeda ?”

Aku memang tidak menjawabnya, tapi komentar teman yang lain mungkin sudah menjawabnya,”Edge 820 sudah sakti dan berpengalaman karena sudah lama diajak bersepeda kemana-mana :-)”

Isi dari kotak Garmin 1030 memang standard dan boleh dikata sama persis dengan seri Edge 820, antara lain :

  1. Edge 1030
  2. Sensor detak jantung premium
  3. Sensor cadence
  4. Sensor kecepatan
  5. Komponen pasang (standar dan pasang depan lebih maksimal)
  6. Kabel USB
  7. Tambatan Buku Panduan

Seperti 820, maka perangkat ini bisa dipasang di beberapa tempat dan beberapa sepeda. Komponen pasang utama biasanya dipasang di sepeda yang paling sering dipakai, kemudian untuk sepeda yang kedua dan ke tiga bisa memakai komponen pasang lainnya yang lebih sederhana.

Kalau masih punya beberapa sepeda, bisa beli lagi komponen pasang yang lainnya. Bila diperlukan sensor untuk cadence dan kecepatan, maka di toko online juga masih banyak dijumpai dan dengan mudah dapat diantar dengan transport aplikasi online.

Sampai detik ini, aku kayaknya masih menyarankan para pecinta 820 untuk tetap memakai perangkatnya. Kelebihan dari 1030 masih belum banyak digunakan saat ini. Mungkin untuk tahun ke depan perangkat ini akan makin disempurnakan dan sudah banyak yang mempunyainya, sehingga mempunyai perangkat ini akan makin terasa kegunaannya.

Garmin Edge 1030 (depan)

Garmin Edge 1030 (depan)

Sekarang saatnya melanjutkan Install Garmin Edge 1030 dan kemudian menulis lagi di blog eeshape 🙂

Tinggalkan Balasan